Review Maserati Ghibli Hybrid 2021: Tonggak Elektrifikasi Maserati

30/07/2020

Share this post:

Maserati Ghibli 2020

Editor rate:

TBA

Daftar mobil Maserati dijual Lihat promo

Maserati siap menyongsong era baru. Pabrikan asal Modena itu menyegarkan line-up mobil sedan eksekutifnya, Ghibli, model tahun 2021. Bukan sekadar facelift, teknologi mild-hybrid hadir dengan mesin baru yang lebih efisien.

Review Maserati Ghibli Hybrid 2021: Tonggak Elektrifikasi Maserati
Review Maserati Ghibli Hybrid 2021: Tonggak Elektrifikasi Maserati
0 Gambar

Pengantar Maserati Ghibli 2020

Mari kita simak spesifikasi Maserati Ghibli 2020 di bawah ini.

Kelebihan

Mesin lebih ramah lingkungan namun tetap bertenaga
Fitur entertainment dan navigasi makin apik
Active Driving Assist versi baru punya range lebih luas

Kekurangan

Desain eksterior minim ubahan
Harga cukup mahal, apalagi untuk pasar Indonesia

Elektrifikasi kini sudah menjadi tren, berbagai pabrikan berlomba-lomba mengadopsi teknologi yang terkenal ramah lingkungan dan lebih efisien. Mulai dari mobil full listrik, sampai mobil hybrid dengan gabungan mesin konvensional dan motor listrik.

Tak ingin tertinggal terlalu jauh dari merek lain, Maserati mulai memasuki era elektrifikasi dengan menyematkan teknologi ramah lingkungan di salah satu line-up mobilnya.

Peluncuran Maserati Ghibli Hybrid

Ghibli Hybrid jadi langkah awal Maserati menuju elektrifikasi

Perkenalkan Maserati Ghibli Hybrid, bagian dari facelift sedan eksekutif Ghibli yang hadir tahun 2021 dengan teknologi mild-hybrid 48V, pertama untuk mobil Maserati.

Namun, ubahan yang didapat Maserati Ghibli Hybrid 2021 lebih dari sekadar powertrain hybrid saja. Hadir juga beberapa ubahan eksterior, interior, dan fitur baru khas Maserati, yang mengedepankan performa dan kemewahan.

Seperti apa impresi awalnya? Simak melalui review Maserati Ghibli Hybrid 2021 yang disusun oleh redaksi Cintamobil.com di bawah ini.

Eksterior Maserati Ghibli 2020

Secara tampilan, Maserati Ghibli Hybrid menghadirkan aksen biru tua di beberapa bagian, yang menggambarkan teknologi mild-hybrid ramah lingkungan yang dipakai di mobil ini. Selain itu, ada beberapa ubahan fisik lain di bagian depan dan belakang mobil, walaupun tidak terlalu banyak.

Review Maserati Ghibli Hybrid 2021: Eksterior Depan

Tampilan depan dan samping Maserati Ghibli Hybrid

Hampir tidak ada yang berubah di bagian depan Ghibli Hybrid

Kita mulai dari depan, secara umum tampilan Ghibli Hybrid 2021 tidak ada beda dari model pre-facelift, khususnya lampu depan dan bumper. Desain lampu LED running lights dan lampu seinnya masih menganut model three-blade, dengan lampu utama mengusung projektor Adaptive Full-LED Matrix.

Meski tampak sangat identik, Maserati mengklaim desain gril depannya baru, dengan finishing krom untuk varian GranLusso dan finishing Black Piano yang lebih agresif untuk untuk varian GranSport. 

Namun secara umum, desainnya masih sama yang diambil dari mobil konsep Maserati Alfieri dengan menciptakan efek visual 3D pada fascia depan yang tampak menukik ke bawah. Bagian bawahnya masih sama, di mana desain bumpernya mengoptimalkan aliran udara ke lubang udara tengah bawah dan sebelah kanan dan kiri bumper.

Review Maserati Ghibli Hybrid 2021: Eksterior Samping

Tampilan samping Maserati Ghibli hybrid

Ghibli facelift mendapatkan pelek baru untuk model 2021

Secara umum, siluet Maserati Ghibli tampak lebih mirip Coupe dengan kap mesin panjang, bagian pillar C dan fender belakang menggembung, dan desain bagasi yang cukup pendek, dan model kaca pintu frameless.

Namun untuk detail tidak ada perbedaan banyak antara model facelift dibanding model sebelumnya. Paling hanya permainan aksen biru di beberapa tempat saja, semisal side vents, kaliper rem Brembo, dan emblem di pillar-C.

Maserati Ghibli Hybrid 2021 juga mendapatkan pelek baru, dengan ukuran dan profil ban yang masih sama: 245/40 ZR20. Namun, desain peleknya disegarkan menjadi dual tone krom-hitam yang memberikan kesan lebih mewah.

Review Maserati Ghibli Hybrid 2021: Eksterior Belakang

Bagian belakang Maserati Ghibli hybrid

Perubahan paling kentara mungkin desain lampu belakang yang lebih dinamis dengan pattern bumerang

Berpindah ke belakang, Maserati Ghibli Hybrid 2021 mendapatkan lampu belakang baru dengan desain tiga-dimensi dengan pattern ala bumerang yang juga hadir di line-up Maserati tahun 2021. 

Untuk menegaskan efek 3D bumerang tersebut, lampu belakang dibuat dengan metode 3K injection moulding technology. Alhasil, model lampu belaang tampak lebih dinamis dengan perpaduan tiga warna, tepian warna hitam, merah di tengah, dan bagian bawah yang diberi kelir bening.

Selebihnya tidak jauh berbeda, mulai dari garis desain bahu dari quarter panel belakang yang menyambung di area lampu belakang, dan sentuhan minimalis untuk garis boot lid yang seakan memberi efek ducktail.

Pun demikian di bagian bawah, untuk varian GranSport memiliki central diffuser dengan kelir aksen piano yang necis, dan knalpot dua lubang di masing-masing sisi bumper belakang.

>>> Review Maserati Ghibli 2019: Metamorfosa Grand Tourer bertubuh Sedan asal Italia


Interior Maserati Ghibli 2020

Diperkenalkan pertama kali tahun 2013, Ghibli terkenal dengan interior yang sangat mewah dan berkelas, bahkan untuk ukuran sebuah sedan eksekutif. Tujuh tahun berselang, tidak ada ubahan dramatsi di dalam kabin Ghibli hybrid dengan layout dan sebagian besar detailnya masih sangat identik.

Review Maserati Ghibli Hybrid 2021: Dasbor dan Konsol tengah

Dasbor Maserati Ghibli hybrid

Akhirnya, Ghibli kini hadir dengan head unit yang lebih proper dibanding pre-facelift

Dimulai dari dasbor, Ghibli Hybrid 2021 mempertahankan layout dasbor driver-oriented yang terlihat clean dan minimalis. Pengontrol AC Climate menggunakan format tombol yang memudahkan pengoperasian, untuk layar infotainmentnya juga lebih besar, dari yang sebelumnya 8,4 inci jadi 10,1 inci.

Secara kualitas masih sama mewahnya, sentuhan material kulit “Pieno Fiero” dengan jahitan handmade dipadukan dengan aksen wood panel dengan finishing black piano di bagian dasbor, door panel memberi cita rasa premium dan craftmanship khas italia di Maserati Ghibli Hybrid.

Layout konsol tengahnya tidak berubah banyak, dengan persneling baru dan kenop putar susun dua dengan finishing alumunium, dan berbagai tombol seperti sport mode dan electric parking brake di sebelahnya. 

Soal kepraktisan, Maserati Ghibli punya kepraktisan yang sangat oke. Mulai dari dua buah cup holder, power socket 12V, dan kompartemen untuk menyimpan ponsel dengan socket Card Reader SD, USB socket, dan Aux-in. 

Melalui tiga port ini, Anda bisa mengoperasikan file multimedia di ponsel, baik itu musik, video, ataupun gambar. Dan untuk Ghibli 2021, Maserati menyematkan wireless charging di dalam kompartemen tersebut.

Review Maserati Ghibli Hybrid 2021: Kokpit

Kokpit Maserati Ghibli hybrid

Instrumen cluster Ghibli facelift juga sudah full digital

Di sisi pengemudi, Maserati Ghibli Hybrid 2021 memiliki setir dengan tombol multi fungsi yang dapat mengatur berbagai fungsi mobil. Mulai dari pengaturan AC climate control, informasi on-board computer di layar instrument cluster yang kini full digital, sampai cruise control.

Di belakangnya, Maserati menyematkan paddle shift di belakang setir dengan ukuran tuas yang cukup besar dengan material alumunium. Namun, hal ini justru agak menyulitkan karena peletakan tuas wiper/lampu yang agak mepet dengan paddle shift, dan berpotensi menyebabkan salah pencet.

Review Maserati Ghibli Hybrid 2021: Kursi

Kabin Maserati Ghibli hybrid

Meski punya siluet ala Grand Tourer, Ghibli punya kepraktisan layaknya sebuah sedan

Meski memiliki body layaknya sebuah coupe, Maserati Ghibli punya ruang kabin yang cukup besar, cukup untuk mengakomodir lima orang dewasa secara layak.

Kursi depan menggunakan model Sport Leather Seats dengan 12-way power adjustable seat dan headrest anti-whiplash. Di detail jok, Anda menemukan emboss logo Trident Maserati berwarna biru. Selain itu, aksen jahit-jahitan kursi juga menggunakan warna biru yang senada.

Pindah ke belakang aura khas Ghibli Hybrid juga diperkuat dengan emboss logo trident yang sama seperti di depan. Dan meski mobil ini punya siluet ala Grand Tourer, ruang kaki dan kepalanya sangat layak untuk diisi tiga orang dewasa, yang didukung juga dengan headrest di tengah dan sabuk pengaman tiga titik untuk ketiga penumpang belakang.

Fitur Maserati Ghibli 2020

Review Maserati Ghibli Hybrid 2021: Fitur Hiburan

Maserati Ghibli Hybrid hadir dengan sistem infotainment MIA (Maserati Intelligent Assistant) generasi terbaru, dengan inti sistem berupa head unit dengan OS Android di layar frameless berukuran 10,1 inci dengan rasio 10:1.

Maserati Ghibli hybrid head unit

Selain lebih besar, fitur yang disematkan juga lebih lengkap dibandingkan head unit sebelumnya

Meski berbasis OS Android, sistem infotainment di Maserati Ghibli Hybrid support integrasi Smartphone Apple CarPlay, tentu selain Android Auto melalui aplikasi Maserati Connect app. Selain itu, Anda juga bisa memakai fitur personal assistant seperti Amazon Alexa dan Goggle Assist.

Mengandalkan sistem navigasi yang telah terintegrasi, Anda bisa mencari informasi lalu-lintas terbaru secara real time, dan juga maps yang selalu diupdate. 

Sebagai standar, Maserati Ghibli Hybrid 2021 menyematkan sistem audio 8-speaker 280 W dari Harman Kardon. Jika belum cukup, Anda bisa memilih opsi sistem audio premium 900 W dari Harman Kardon, atau sound system racikan Bowers & Wilkins dengan 15 speaker, amplifier 1.280 W dengan audio QuantumLogic yang telah dikonfigurasi untuk mobil eksekutif ini.

Review Maserati Ghibli Hybrid 2021: Active Driving Assist

Konsep ini merupakan evolusi dari Highway Assist, yang rilis di Maserati keluaran tahun 2018. Berbeda dari versi sebelumnya yang cuma bisa dipakai di jalan tol saja, Active Driving Assist bisa dipakai di jalanan biasa juga, meski masih membutuhkan pengawasan dari pengemudi dan bisa melaju sampai 145 km/jam dengan Adaptive Cruise Control diaktifkan.

Fitur berkendara Maserati Ghibli hybrid

Maserati menyematkan fitur berkendara yang lebih canggih ddidukung hardware yang lebih mumpuni

Sistem ini bekerja dengan radar unit dan kamera depan, dan juga EPS (Electronic Power Steering) untuk mengontrol arah mobil. Kamera multi-fungsi di depan mendeteksi rambu jalan dan menghitung jarak dan kecepatan dari kendaraan yang di depan.

Highway Assist juga menyisipkan radio yang menyediakan informasi jalan, dan ‘hands on wheel’ detection system, yang memungkinkan pengemudi melakukan intervensi ketika benar-benar diperlukan.

Selain fitur Adaptive Cruise Control ini, hadir juga fitur-fitur penunjang seperti Lane Keeping Assist (LKA), Active Blind Spot Assist (ABSA), Traffic Sign Recognition, Forward Collision Warning Plus (FCW Plus), Advanced Brake Assist (ABA), Autonomous Emergency Braking (AEB), dan Surround View Camera.

>>> Ragam teknologi mobil listrik, mana paling cocok untuk Indonesia?

Operasi Maserati Ghibli 2020

Berbeda dari model pre-facelift yang cuma hadir dalam pilihan mesin V6 3.0L dan mesin diesel inline-4, Maserati Ghibli Hybrid menggunakan mesin inline-4 2.0L turbo dengan supercharger listrik, alternator 48-Volt, dan baterai yang ditanam di belakang. Kombinasi powertrain mild-hybrid ini menghasilkan tenaga 330 HP di 5.750 rpm dan torsi 450 Nm di 4.000 rpm.

Dua pilihan mesin Maserati Ghibli

Mesin mild-hybrid Maserati Ghibli lebih ringan 80 kg dibandingkan powertrain sebelumnya

Tenaga ini dihubungkan ke roda belakang melalui girboks otomatis ZF 8-percepatan. Performa ini cukup melesatkan Ghibli Hybrid dari 0-100 dalam waktu 5,7 detik dengan kecepatan puncak 255 km/jam.

Dibandingkan powertrain V6 diesel, angka emisi Maserati Ghibli Hybrid punya angka emisi CO2 lebih rendah 25%, dan bobot lebih ringan sekitar 80 kg. Hal ini ada sangkut pautnya dengan keputusan Maserati memilih mild-hybrid ketimbang Plug-in Hybrid, yang akan menambah bobot mobil dengan baterai berukuran besar, mengingat bobot mobil yang berada di 1.950 kg.

Spesifikasi Maserati Ghibli 2020

Dimensi Maserati Ghibli Hybrid 2021
Panjang x Lebar x Tinggi 4.971 x 1.945 x 1.461 mm
Wheelbase 2.998 mm
Kapasitas Bagasi 500 L
Tangki Bahan Bakar 80 L
Performa Maserati Ghibli Hybrid 2021
Tipe Mesin Inline-4 1.998 cc turbo Mild Hybrid with eBooster and 48V BSG
Tenaga Maksimal 330 HP @ 5.750 rpm
Torsi Maksimal 450 Nm @ 4.000 rpm
Transmisi Eight-speed ZF automatic gearbox
Akselerasi 0-100 km/jam 5,7 detik
Top Speed 255 km/jam
Sistem Penggerak Rear-wheel drive with rear limited slip self-locking mechanical differential
Kaki-Kaki dan Suspensi Maserati Ghibli Hybrid 2021
Suspensi Depan / Belakang Double-wishbone, anti-roll bar (front) / Multi-Link, anti-roll bar (rear)
Rem Depan / Belakang Ventilated discs 345x28 mm Brembo four-pistons (front), Ventilated discs 330x22 mm Brembo single-piston floating caliper (rear)
Sistem kemudi Rack & pinion, electronic Power Steering
Pelek / Ban 20-inch dual-tone rims, 245/40 ZR20

Daftar Harga Maserati Ghibli 2020

Sampai saat ini, Maserati belum mengumumkan secara pasti berapa harga Ghibli Hybrid 2021. Namun yang pasti, mobil tersebut akan rilis dalam dua varian berbeda, GrandLusso dan GranSport. 

Namun, Anda bisa mencari Maserati Ghibli bekas, Anda bisa menemukan di daftar mobil dijual Cintamobil.com. Sebagai catatan, harga Maserati Ghibli bekas berkisar antara Rp1,4 sampai Rp 2 Miliar tergantung tahun produksi dan kondisi mobil tersebut.

Kesimpulan Maserati Ghibli 2020

Maserati Ghibli Hybrid adalah jawaban atas kendaraan ramah lingkungan tanpa harus mengorbankan cita rasa khas Maserati. Okelah, mesin yang dipakai berkurang dua silinder dari V6 menjadi inline-4, namun hal itu termaafkan dengan apiknya performa mobil. Namun, agak sedikit disayangkan tidak ada ubahan berarti dari segi styling selain lampu belakang baru dan desain grille yang seperti tak ada beda.

Emblem Maserati Ghibli hybrid

Lebih dari sekadar ubahan kosmetik, Ghibli Hybrid merupakan tonggak elektrifikasi Maserati

Jika memang tujuannya adalah memperkenalkan mobil elektrifikasi pertama, Maserati telah melakukan kerja bagus dengan Ghibli Hybrid. Karena ini lebih dari sekadar model baru, model ini juga bisa jadi acuan untuk line-up mobil listrik, baik itu BEV ataupun hybrid, yang akan hadir nantinya. 

Derry Munikartono
Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya
back to top