All new Daihatsu Luxio 2016

08/01/2018

Share this post:

Daihatsu Luxio 2016

Editor rate:

Lihat promo

Minibus besutan Daihatsu ini kembali hadir dengan berbagai pembaharuan guna membuatnya lebih fresh. Hal tersebut dilakukan agar menghangatkan persaingan sekaligus berkompetisi dengan saudara sekandungnya Grand Max. Dari sisi wujud, keduanya memang tak jauh berbeda. Namun All New Daihatsu Luxio 2016 hadir dengan nuansa lebih premium karena Daihatsu selaku pabrikan, jelas ingin membuat keduanya memiliki pangsa pasar yang berbeda. Lantas, bagaimanakah wujud mobil yang resmi dikeluarkan setahun lalu

All new Daihatsu Luxio 2016
All new Daihatsu Luxio 2016
0 Gambar

Pengantar Daihatsu Luxio 2016

Mari kita simak spesifikasi Daihatsu Luxio 2016 di bawah ini.

Kelebihan

Konsumsi BBM Irit

Kabin Cukup Luas

Eksterior Lumayan Elegan

Kekurangan

Fitur Keselamatan Kurang

Kabin Kurang Kedap

Perseneling Agak Berat

 

Gambar mobil Daiahtsu Luxio 2016 berwarna abu-abu

Tampilan Daiahtsu Luxio 2016 secara keseluruhan

All New Daihatsu Luxio 2016 - Sejak pertama kali diluncurkan pada awal tahun 2009 lalu, Luxio langsung memiliki basis penggemar yang cukup tinggi. Mobil yang memiliki tagline sahabat keluarga ini langsung mencuri perhatian pecinta otomotif dengan membawa desain body yang begitu slim dan mampu menampung penumpang dengan jumlah besar beserta barang bawaannya. Enam tahun setelah debut, Luxio kembali hadir dengan berbagai sentuhan anyar dan berbagai fitur menarik lainnya di bagian interior. Apa saja yang ditawarkan Luxio? Dan, apakah mereka akan siap menghangatkan kembali persaingan di ranah mini bus? Berikut adalah ulasan tentang All new Daihatsu Luxio 2016. Selamat membaca.

 

Eksterior Daihatsu Luxio 2016

Sebagai pembuka, kita membahas desain eksterior Daihatsu Luxio 2016 dulu mulai dari desain bagian depan ya. 

  • Desain Bagian Depan

Gambar mobil Daihatsu Luxio 2016 berwarna abu-abu dilihat dari bagian depan

Meski berkonsep mobil keluarga, bagian depan Luxio tetaplah stylish

Dari sisi terluarnya, Luxio tampil begitu modern dan stylish dengan mengusung grill empat lapis beraksen chrome yang menyatu dengan headlamp. Dengan keberadaan grill tersebut, kesan mewah langsung terasa seketika. Untuk lampu utamanya, Luxio menyematkan headlamp multi reflektor nan modern lengkap dengan teknologi HD yang siap memberikan pencahayaan maksimal meskipn kondisi jalan tengah dalam cuaca tak bersahabat maupun minim penerangan. Dengan keberadaan lampu tersebut, pengemudi bisa leluasa mengemudikan kendaraan tanpa takut kurangnya pencahayaan.

Sementara di bagian bawah, All New Daihatsu Luxio 2016 memiliki bumper besar dengan variasi rongga udara yang berukuran jumbo pula di bagian tengah. Dengan keberadaan bumper tersebut, kesan aerodinamis juga langsung terasa seketika. Bahkan untuk mempercantik sisi depan, dihadirkan pula lampu kabut di sisi kiri dan kanan yang berfungsi untuk memberikan pencahayaan tambahan terhadap lampu utama.

  • Desain Bagian Samping

Gambar mobil Daihatsu Luxio 2016 berwarna putih dilihat dari bagian samping

Sliding door yang menjadi andalan masih tetap dipertahankan

Bergeser ke bagian samping, kesan elegan dan aroma mini bus terasa kental berkat keberadaan sliding door. Di samping itu, hadir pula tambahan line body moulding dan rail cover yang beraksen chrome guna pancrakan kesan premium dari mobil ini. Dari sisi desain jendela, Luxio tak memberikan perubahan apapun. kesannya tak jauh berbeda dengan desain seri terdahulu.

  • Desain Bagian Belakang

Gambar mobil Daihatsu Luxio 2016 berwarna merah maroon dilihat dari sisi belakang

Bagian belakang masih menampilkan konsep minimalis

Lompat ke bagian belakang, kesan elegan tesamat di sisi buritan melalui list memanjang di bagian belakang dengan aksen chrome yang menyatu dengan rear combination lamp. Kombinasi lampu tambahan tersebut juga membuat bagian belakang menjadi lebih padat. Tak hanya itu, stop lamp yang tersedia juga nampak begitu cantik. Sebagai penambah, disematkan pula lampu berukuran kecil di bagian bumper belakang untuk memberikan aksen bright. Secara keseluruhan, eksterior dari Luxio memang menampilkan kesan begitu fresh dan stylish dibandingkan seri sebelumnya. Setiap sisi juga terlihat begitu padat berkat berbagai lekukan, aksen dan variasi-variasi pada bagian bodynya.

>>> Baca juga: 


Interior Daihatsu Luxio 2016

Setelah membedah sisi eksterior, kini tiba waktu untuk menelaah lebih jauh bagian interior dari mobil ini. Di bagian dalam, mobil ini memiliki ukuran dimensi yang cukup luas yakni 4.215×1.710×1.915 mm, ruang-ruang yang disediakan tentunya akan cukup mumpuni. Mobil yang memiliki skema kursi 2-3-3 ini siap membawa para penggunanya menuju pengalaman bekendara tak terlupakan berkat kelapangan ruang dan fitur-fitur penunjang perjalanan di dalamnya. Silahkan melihat interior Daihatsu Luxio 2016 ini. 

  • Dashboard

Gambar bagian dashboard mobil Daihatsu Luxio 2017

Sisi dashboard sudah mengusung konsep in-dash-knob-shift

Di sisi dashboard misalnya, konsep in-dash-shift-knob coba dihadirkan guna mempermudah pengemudi meraih perseneling di bagian dashboard. Mobilitas tangan juga akan terasa sangat mudah karena bebagai fitur penunjang berkendara telah hadir di bagian ini. Tak hanya itu, Luxio juga hadir dengan panel layar berukuran minimalis yang siap menunjang kebutuhan infotaiment dan entertainment. Di samping itu, tersemat pula fitur Ac berbentuk vertical di sisi kiri dan kanan head unit yang siap suguhkan kesejuka ke seluruh bagian kabin.

  • Kursi

Gambar ruang kursi mobil Daihatsu Luxio 2016 dengan kursi berwarna hitam

Ruang-ruang yang tersedia cukup mumpuni

Bergeser ke bagian kursi, meski material yang digunakan terkesan standar, namun kenyamanan masih tetap bisa dirasakan melalui empuknya jok. Satu yang menjadi poin penting, seluruh jok mobil ini juga sudah dilengkapi dengan sandaran kepala yang siap menunjang tulang leher agar tidak tegang dan kaku selama perjalanan. Bicara soal ruang kaki dan kepala, ruang yang disediakan Luxio terbilang cukup luas dan lega sehingga mobilitas penggunanya sepanjang peralanan juga tetap terjaga. Sisi plusnya, pada seat ketiga, ruang kaki yang disediakan juga cukup nyaman untuk orang dewasa. Artinya, hal ini sendiri menjadi value added bagi Luxio dibandingkan dengan kompetitor di ranah sejenis. Pasalnya, kebanyakan MVP kerap menyematkan ruang seadanya di kursi baris ketiga, dan Luxio tak melakukan hal tersebut.

  • Bagasi

Gambar mobil Daihatsu Luxio 2016 berwarna hijau dengan ruang bagasi terbuka

Ruang yang disediakan dirasa cukup sempit

Meski terlihat lapang, ruang bagasi yang tersedia cukup minim. Hal ini terjadi karena ruang belakang sudha terkikis untuk kursi baris ketiga. Namun, anda tak perlu khawatir. Pasalnya, baik kursi kedua maupun ketiga bisa dilipat sedemikian rupa karena sudah dilengkapi dengan fitur Row 1 Touch Tumble guna mempermudah proses pelipatan kursi. Bahkan, seat bagian kedua dan ketiga bisa dilipat hingga 80 persen guna sediakan ruang yang cukup maksimal.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

Fitur Daihatsu Luxio 2016

Tiga gambar yang menunjukkan fitur di mobil Daihatsu Luxio 2016

Fitur yang disediakan dirasa tak ada yang spesial

Sayang seribu sayang, Luxio belum dilengkapi dengan berbagai fitur mumpuni untuk menunjang keamanan dan keselamatan penggunanya. Tak ada kombinasi pengereman ABS, EBD, airbag dan lain sebagainya. Sebagai ganti, Luxio ”hanya” dilengkapi dengan fitur seatbelt with 3 point ELX yang terdapat pada semua tempat duduk yang akan memberi pelindungan yang cukup saat mobil mengalami benturan. Di samping itu, chasis mobil ini tak mudah ringkih karena sudah menggunakan struktur body jenis monocoque yang memberi frame body yang kuat dan ringan. Rangka tersebut akan meredan berbagai benturan hebat yang siap muncul kapan saja karena benturan atau tabrakan di berbagai medan yang tengah dilalui. Di luar dua fitur tersebut, Luxio tak memiliki sesuatu yang pantas untuk dibanggakan.

Operasi Daihatsu Luxio 2016

Mesin 3SZ-VE DOHC VVT-I mobil Daihatsu Luxio 2016

Mesin yang disematkan memiliki kapasitas yang cukup besar dan mumpuni untuk melibas berbagai medan

Beranjak ke sektor permesinan, Luxio sudah dilengkapi dengan mesin 3SZ-VE DOHC VVT-I yang masih dilengkapi dengan air sebagai pendinginnya. Mesin berkubikasi 1.495 cc ini memiliki 4 silinder segaris. Terkait tenaga yang dikeluarkan, mesin ini mampu melontarkan daya maksimum hingga 97 ps pada putaran 6.000 rpm. Untuk torsinya sendiri sanggup dimuntahkan hingga 13,7 kg.m pada putaran 4.400 rpm. Dengan performa tersebut, mobil ini diyakini sanggup melibas berbagai medan yang hendak dilalui bersama dengan orang-orang kesayangan.

Spesifikasi Daihatsu Luxio 2016

Terkait spesifikasi yang tersemat pada Luxio, cintamobil.com sudah menyiapkan bagan untuk mempermudah anda untuk mendapatkan informasi terkait mobil ini.

Dimensi Daihatsu Luxio 2016

Panjang x Lebar x Tinggi

4.215×1.710×1.915 mm

Jarak Poros Roda

2.650 mm

Kapasitas Tangki

46 Liter

Kapasitas Penumpang

8 Orang

Mesin Daihatsu Luxio 2016

Tipe

3SZ-VE DOHC VVT-I Berpendingin Air

Jenis Bahan Bakar

Bensin

Tenaga Maksimum

97 ps / 6.000 rpm

Torsi Maksimum

13,7 kg.m/ 4.400 rpm

Kaki-kaki Daihatsu Luxio 2016

Ban

195/65R15

Suspensi Depan

McPherson struts

Suspensi Belakang

5 link

Rem depan

Cakram

Rem Belakang

Drum

Daftar Harga Daihatsu Luxio 2016

Setelah membedah sisi eksterior, interior, fitur dan lainnya dari mobil ini, kini tiba saatnya untuk mengetahui berapa harga yang dikeluarkan untuk menebus mobil ini hingga ke garasi rumah anda?

Tipe Mobil

Harga Daihatsu Luxio

Daihatsu Luxio 1.5 D M/T MC

Rp 166 Jutaan

Daihatsu Luxio 1.5 D M/T MC

Rp 196 Jutaan

Daihatsu Luxio X M/T MC

Rp 114Jutaan

Daihatsu Luxio 1.5 X A/T MC

Rp 114 Jutaan

>>> Ingin membeli mobil Daihatsu Luxio 2016, lihat daftar ini dulu

Kesimpulan Daihatsu Luxio 2016

Secara keseluruhan, All New Daihatsu Luxio 2016 merupakan mobil keluarga yang memiliki harga cukup terjangkau. Mobil berukuran slim ini mampu menampung penumpang cukup banyak sehingga pejalanan yang dilakukan bersama keluarga terdekat akan sangat menyenangkan. Meski demikian, masih terdapat berbagai kekurangan di sana-sini dari mobil ini. Bagaimana pendapatan Anda sendiri setelah membaca tulisan mengenal All New Daihatsu Luxio 2016 ini?

 

Heri Susanto
Share this post:

Review lain

Spesifikasi Daihatsu Gran Max 2016

08/01/2018

Editor rate:

Bicara tentang minibus, Gran Max merupakan salah satu minibus yang cukup digandrungi oleh keluarga Indonesia. Bagaimana tidak, salah satu jagoan Daihatsu untuk urusan sales ini memang mampu menarik atensi pecinta otomotif yang senang bepergian bersama sanak famili mengarungi medan-medan berskala menengah dan jauh. Selain itu, harga dari mobil ini juga boleh dibilang cukup kompetitif. Tahun lalu, Daihatsu resmi mengeluarkan Gran Max 2016. Bagaimana spesifikasi Daihatsu Gran Max 2016 ini?

Lihat juga

New Daihatsu Terios 2018 Indonesia, Harga dan Review Lengkap

11/12/2017

Editor rate:

Dari isu-isu yang dikabarkan, PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) akan merilis produk Teriosnya dengan konsep yang baru. Semenjak acara GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015, ADM telah memamerkan konsep FT yang digadang-gadang sebagai konsep terbaru dari SUV Teriosnya. Yuk kita simak sobat penjelasannya tentang New Daihatsu Terios 2018 Indonesia.

Lihat juga

Review Daihatsu Luxio 2017 Di Indonesia, Harga dan Spesifikasi Lengkap

Rp 166.000.000

16/11/2017

Editor rate:

Mengusung konsep mini bus seperti saudaran tuanya yakni Daihatsu Gran Max mampu menumpang banyak orang atau membawa banyak orang, Daihatsu Luxio pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada awal tahun 2009 lalu.Lalu mobil ini diminati oleh banyak keluarga. Jika saudara tuanya memiliki desain yang simpel dan sederhana, maka Daihatsu Luxio memiliki tampilan mewah dan lebih elegan. Inilah ulasan review Daihatsu Luxio 2017 di Indonesia dengan spesifikasi dan harga terlengkap.

Lihat juga

Review Daihatsu Zebra Espass 1995

Rp. 30.000.000

04/05/2019

Editor rate:

Selain untuk kebutuhan keluarga saat jalan-jalan, minivan ini juga dikenal sebagai eks armada angkot, omprengan, eks unit travel, atau berbagai jenis niaga lainnya. Kali ini, Cintamobil.com mengajak Anda bernostalgia bareng Daihatsu Zebra Espass 1995.

Lihat juga

Review Daihatsu Sirion 2020: Ubahan Strategis Agar Lebih Modis

Rp. 214.850.000

30/03/2020

Editor rate:

Sejak awal kehadirannya, Daihatsu Sirion selalu lekat dengan image anak muda yang dinamis. Kini, Daihatsu Sirion 2020 hadir untuk kembali memikat kaum millenial

Lihat juga