Yang Perlu Diketahui Tentang Kapasitas Tangki Bensin

Share this post:
Yang Perlu Diketahui Tentang Kapasitas Tangki Bensin
Setiap mobil pasti memiliki kapasitas tangki bensin yang berbeda-beda. Dengan mengetahui kapasitas tangki bensin, pengemudi dapat menentukan jarak tempuh, waktu pengisian, dan biaya yang dibutuhkan untuk mengisi ulang tangki bahan bakar.

Biasanya kapasitas tangki bensin yang diletakkan di bagian belakang dalam mobil selalu dicantumkan dalam data spesifikasi setiap mobil. Kapasitas tangki bensin biasanya disesuaikan dengan dimensi mobil tersebut.

gambar tangki bensin yang dijual terpisah

Tangki bensin mobil yang dijual secara terpisah

>>> Untuk melihat tips dan trik bagi mobil anda bisa dilihat disini

Namun ternyata, kapasitas tangki bensin yang tertera di data spesfikasi biasanya tidaklah seratus persen akurat. Jika anda mengisi bahan bakar di SPBU hingga penuh, jangan kaget jika jumlah liter bahan bakar lebih banyak 5 sampai 7 persen dari kapasitas tangki.

gambar alur tangki bensin dan komponen lainnya

Tangki bensin dan komponen-komponen lainnya

>>> Mungkin Anda tertarik, ​​Potensi Tak Terduga Bahaya Teknologi Stop Start pada Mobil

Mengapa demikian? Biasanya kapasitas tangki bensin diukur berdasarkan hanya kapasitas dimensi tangki bensinnya saja. Namun anda harus tahu bahwa bukan hanya tangki bahan bakar yang akan terisi oleh bahan bakar. Beberapa bagian seperti pipa lubang pengisian, lekuk-lekuk yang ada pada tangki bensin, dan komponen lain yang membutuhkan pasokan bahan bakar juga akan terisi oleh bahan bakar ketika diisi hingga penuh, sehingga wajar total kapasitas yang ditampilkan di SPBU tidak akan mengikuti seratus persen kapasitas tangki.

>>> Untuk melihat tips dan trik merawat mobil bisa dilihat disini

Share this post:
 
back to top