Work From Home Jadi Momen Pas Merawat Mobil Kesayangan dari Rumah

25/06/2021

Perawatan dan service

3 menit

Berikut di bawah ini 4 cara sederhana merawat mobil kesayangan dari rumah. Apa sajakah yang perlu dilakukan?

Sebagai langkah pencegahan penyebaran kasus Covid-19 yang lagi masif-masifnya. Saat ini banyak kantor di Jakarta mewajibkan karyawannya bekerja dari rumah alias Work From Home. Meski tidak kemana-mana ada baiknya sekarang jadi momen yang tepat merawat mobil kesayangan.

Gambar servis resmi Suzuki

Merawat mobil tak melulu ke bengkel

Menurut Suzuki Indonesia setidaknya ada 4 hal yang perlu dilakukan untuk merawat mobil dengan sederhana dari rumah tanpa perlu dibawa ke bengkel. Apa sajakah itu? Simak tipsnya di bawah ini.

>>> Cek dan Rekondisi Suspensi Mobil Agar Berkendara Semakin Nyaman

1. Bersihkan Mobil

Dengan membersihkan bagian luar mobil tentunya cukup penting agar penampilan mobil kesayangan Anda tampil lebih kinclong dan berkendara jadi lebih nyaman. Maka dari rutinlah membersihkan mobil Anda dengan cara mencucinya setidaknya dua minggu sekali.

Gambar menunjukan Mencuci mobil

Cuci mobil setidaknya dua kali dalam seminggu

Mengeluarkan barang-barang yang sudah tidak digunakan di dalam mobil dan menjaga agar tidak ada sampah di kabin mobil perlu diperhatikan agar mobil tetap bersih. Gunakan sabun cuci khusus mobil saat mencuci dan gunakanlah lap yang halus agar tidak merusak cat, serta hindari mencuci mobil di bawah terik sinar matahari karena dapat merusak cat mobil.

2. Panaskan Mesin Mobil

Meski sebagian kita saat ini yang bekerja di Jakarta bekerja dari rumah atau work form home. Ada baiknya mobil kesayangan perlu dipanasi agar oli dapat bersikulasi dengan baik.

Foto mesin K15B-C Suzuki

Mesin modern seperti di pick-up Suzuki sekalipun juga perlu dipanaskan

Namun, karena mobil saat ini sudah dilengkapi dengan ECU yang dapat mengoptimalisasi kerja mesin, mobil tidak perlu dipanaskan setiap hari, hanya perlu dipanaskan minimal dua hari sekali. Memanaskan mesin mobil pun tidak perlu terlalu lama, hanya sekitar 5-10 menit.

>>> Cara Mencegah Serangan Jantung Ketika Mengemudi Mobil di Jalan 

3. Cek Komponen Mobil

Ketika Anda sedang memanaskan mobil dengan menghidupkan mesin jangan ketinggalan untuk mengecek lampu indikator komponen bermasalah yang menyala di Multi-Information Display (MID).

Gambar menunjukan Suzuki Ignis

Komponen mobil juga perlu dicek

Selain itu, perlu juga melakukan pemeriksaan komponen lain secara manual saat merawat mobil meski di rumah saja, bagian seperti air radiator, volume air wiper pada tangki cadangan, volume minyak rem, kondisi ban, lampu kendaraan perlu dicek secara berkala.

4. Bawa Mobil Berkendara

Meski tidak pergi ke kantor ada baiknya jangan biarkan mobil terparkir dalam waktu yang lama. Anda sebagai pemilik mobil yang baik perlu sesekali membawa mobil berkendara setidaknya 10 menit setiap dua hingga tiga hari.

Foto tampilan depan Suzuki XL7 Alpha AT 2020

Sesekali outing boleh lah ya...

Hal ini dilakukan agar pengisian aki bekerja dengan lebih maksimal. Aki yang berkualitas dan terawat memiliki daya simpan tenaga listrik yang lebih baik sehingga dapat menghindari soak yang bisa merusak program ECU, serta menjaga bagian kontrol sistem elektronik tidak terkunci yang dapat menyebabkan mobil sulit distarter.

Foto smart key Suzuki

Kalau mobil tak bisa distater segera cek akinya

Kemudian juga dengan membawa mobil berjalan di jalan raya merupakan bagian dalam merawat mobil untuk menghindari terbentuknya flat spot atau deformasi ban yang disebabkan beban kendaraan terlalu lama bertumpu pada satu titik ban saat parkir.

>>> Suzuki Jimny Lite, Produk Minimalis Untuk Memotong Inden, Masuk Indonesia?

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top