Wheel Alignment Bantu Hemat BBM, Ini Bagian yang Disetel Saat Spooring

14/05/2020

Perawatan dan service

5 menit

Share this post:
Wheel Alignment Bantu Hemat BBM, Ini Bagian yang Disetel Saat Spooring
Salah satu faktor yang mendukung hemat BBM selain mesin yang sehat adalah spooring alias Wheel Alignment yang benar, inilah bagian yang disetel saat spooring

Wheel Alignment atau bahasa Indonesianya pengaturan sudut keselarasan roda bukan hanya penting untuk keawetan ban serta kinerja sistem suspensi. Namun, spooring ini ternyata juga mendukung kehematan penggunaan BBM. Sebab roda yang keselarasannya diatur secara benar memiliki beban hambat yang relatif lebih sedikit, sehingga bisa lebih hemat BBM. 

Foto Mazda CX5 2.5 GT sedang di spooring

Spooring juga dapat membantu konsumsi BBM mobil agar lebih hemat

"Pengaturan spooring itu penting banget, spooring atau cek kelurusan roda, diperlukan agar kendaraan kita bisa melaju lurus, dan enggak cenderung berat sebelah seperti ke kiri atau ke kanan, tidak kerasa liar respon setirrnya, stabilitasnya bagus, keausan ban jadi merata, itu gunanya cek kelurusan roda atau wheel alignment," papar Zulpata Zainal selaku OVT GT Prooving Ground Manager, PT.Gajah Tunggal Tbk. Berikut ini adalah hal yang disetel saat melakukan spooring.

Pengaturan Camber, Toe, Caster Penting Dalam Spooring

Camber Spooring dan Balancing memastikan sudut bodi untuk selalu selaras antara roda depan dan belakang

Pengaturan camber pada mobil

Hal pertama yang dapat diatur saat spooring adalah Camber. Apabila sudut roda lebih masuk ke arah dalam bodi (sepatbor) maka ini lazim disebut “Negative Camber”. Sebaliknya, jika roda keluar dari bodi maka disebut “Positive Camber’. Jika kedua sudut tidak selaras maka hal tersebut akan memberi beban tambahan pada komponen suspensi. Sehingga dibutuhkan keselarasan sudut camber pada roda baik di depan dan belakang, agar meminimalisir beban pada komponen suspensi serta pengunaan ban yang lebih awet.

Toe pada Spooring dan Balancing lebih merujuk kepada arah dua roda depan mobil

Ilustrasi pengaturan toe pada mobil

Kedua yang tidak kalah penting adalah pengaturan Toe. Mudahnya, Toe adalah sudut keselarasan ban bila dilihat dari atas. Jika kedua roda depan mengarah masuk ke arah dalam bodi maka disebut “Toe-In”. Di sisi lain, kedua roda yang mengarah keluar bodi maka disebut “Toe-Out”. Setup inilah yang biasanya dapat Anda rasakan jika salah, karena berdampak pada laju mobil yang miring ke arah tertentu meskipun setir sudah lurus. Pengaturan Toe yang tidak benar ini juga dapat menyebabkan keausan ban menjadi lebih tinggi dan efek terburuknya adalah konsumsi BBM yang menjadi boros.

Caster pada Spooring dan Balancing lebih merujuk kepada posisi suspensi roda

Pengaturan caster mobil

Terakhir adalah pengaturan Caster, yang mana ini lebih merujuk pada kecondongan arah suspensi. Untuk memudahkan Anda mendeteksinya, Anda bisa melihat posisi ban dari sisi samping. Jika posisi suspensi condong ke arah bemper depan maka disebut dengan “Negative Caster”. Adapun “Positive Caster” merupakan posisi suspensi yang condong ke arah pintu. Dalam hal ini, jika suspensi tidak selaras maka terjadi gangguan pada proses manuver atau ketika menikung. Lebih daripada itu, posisi suspensi yang tidak selaras akan memberi beban kerja lebih berat bagi pengendara untuk mengemudikan mobil.

Kapan Harus Spooring?

Foto komputer untuk spooring mobil

Alat spooring canggih sudah pakai laser dengan kemampuan bluetooth

Setelah tahu pentingnya spooring, lantas per berapa kilometer wheel alignment ini wajib dilakukan? "Rekomendasinya setiap 10.000 kilometer atau lebih cepat lagi. Itu tergantung kondisi bannya, kalau sudah mulai keausan tidak rata, misalnya makan bagian luar atau dalam, maka segera lakukan spooring, dibarengi dengan pengecekan keseimbangan roda, atau balancing. Selain itu , lakukan rotasi ban secara teratur, dan yang paling penting, sesuaikan tekanan angin ban dengan yang direkomendasikan pabrikan kendaraan," tutup Zul sapaan akrab Zulpata Zainal.

Foto toolkit bantuan untuk spooring

Spooring tetap perlu teknisi berpengalaman dan perlu kunci-kunci seperti ini

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Berita lain

Sambil Ngabuburit #DiRumahAja Yuk Rotasi Ban Mobil

11/05/2020

Perawatan dan service

3 menit

Tips Ngabuburit #DiRumahAja kali ini agak memerlukan tenaga ekstra bahkan berpotensi membuat tubuh Anda menjadi berkeringat, inilah tips mengenai rotasi ban

Lihat juga

Ngabuburit #DiRumahAja Sambil Cek Kondisi Ban Anda

08/05/2020

Perawatan dan service

3 menit

Banyak hal yang dapat Anda lakukan saat menunggu waktu berbuka, salah satu diantaranya adalah dengan Ngabuburit #DiRumahAja Sambil Cek Kondisi Ban Anda

Lihat juga

E-commerce Goodyear Sediakan Layanan Pembelian Ban Truk Secara Online

12/05/2020

Event - Promosi

5 menit

Melalui layanan e-commerce Goodyear yang bekerja sama dengan Convoy, para pelanggan bisa melakukan pembelian ban-ban truk berbagai ukuran secara online.

Lihat juga

Bridgestone Sediakan Layanan Home Service Ban di Palembang

12/05/2020

Event - Promosi

2 menit

PT Bridgestone Tire Indonesia (Bridgestone Indonesia), memberikan layanan home service oleh Sumber Ban selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Covid-19 di Palembang, Sumatra Selatan.

Lihat juga

Tips Mencegah Ban Mobil Rusak karena Kelamaan Parkir di Rumah

29/04/2020

Perawatan dan service

3 menit

Terlalu lama memarkir mobil di rumah bisa membuat ban flat spot dan berujung rusak. Supaya tak terjadi, berikut tips untuk mencegah ban rusak karena flat spot.

Lihat juga
 
back to top