Waspadai, Lampu Mobil Berembun Bisa Berdampak Buruk Bila Tidak Diatasi

Share this post:
Waspadai, Lampu Mobil Berembun Bisa Berdampak Buruk Bila Tidak Diatasi
Masalah lampu mobil berembun bukan masalah baru, bahkan bisa dibilang sering terjadi. Tak hanya saat kehujanan saja, tapi juga muncul saat dicuci atau di pagi hari yang dingin. Selain mengurangi pencahayaan di malam hari yang membuat berkendara jadi berisiko, lampu mobil berembun bisa mengurangi penampilan dan kurang menarik saat di siang hari.

Foto Lampu depan mobil benin dan kinclong

Lampu mobil bening terlihat sangat menarik

Masalah ini biasanya terjadi karena pemasangan sil atau mika rumah lampu kurang rapat atau bercelah sehingga jadi jalan masuknya air atau udara ke dalam rumah lampu. Saat terjadi perbedaan suhu antara antara rumah lampu dengan udara luar, embun akan muncul. Banyak hal membuat sil kurang rapat terpasang di rumah lampu seperti kualitas menurun termakan usia, retak, getas atau yang lain.

Dalam beberapa kasus, lampu mobil berembun ini menimbulkan dampak lain yang lebih buruk kalau tidak diatasi, seperti:

  • Kaca menjadi kusam. Karena kondisi menjadi lembab, jamur lebih mudah tumbuh dan menempel di kaca lampu.
  • Berpotensi memecahkan bola lampu saat perbedaan suhu sudah terlalu besar dan air embun sampai menetes di bola lampu.
  • Berisiko korsleting. Ini bisa terjadi saat air embun sampai menyentuh kabel lampu beraliran listrik dan berisiko terjadi kebakaran

>>> Ini Rahasianya, 10 Tips Berkendara Aman Di Musim Hujan Versi Cintamobil.com

Foto lampu mobil berembun

Lampu berembun mengurangi pencahayaan

Lalu bagaimana cara mengatasi lampu mobil berembun ini? Satu-satunya cara agar risiko di atas tidak terjadi adalah dengan membersihkan atau mengeringkan embun itu sendiri.

  • Pertama: Kalau embun belum menjadi genangan air, berhentilah di tempat yang tidak kehujanan. Nyalakan lampu dalam beberapa menit sampai embun hilang sendiri. Begitu pula saat mobil habis dicuci, nyalakan lampu depan dalam beberapa menit sampai embun hilang.
  • Kedua: Kalau embun sudah menggenang menjadi air satu-satunya cara mengatasi adalah membersihkan embun dari dalam. Buka rumah lampu dan bersihkan air embun menggunakan lap halus. Cara ini diperlukan karena air embun tidak bisa dibersihkan dari luar, sedangkan penggunaan lap halus dimaksudkan agar kaca rumah lampu tidak rusak.

>>> Lebih Tahan Lama, Merawat Lampu Depan Dengan Pelindung Ultraviolet

Foto lampu mobil kusam

Embun yang dibiarkan tanpa dikeringkan bisa memicu tumbuhnya jamur yang membuat lampu jadi kusam

>>> Temukan berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya di sini

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top