Waspada Pelek Replika, Begini Cara Membedakannya

03/10/2019

Perawatan dan service

5 menit

Share this post:
Waspada Pelek Replika, Begini Cara Membedakannya
Bagi sebagian besar pecinta mobil yang memulai modifikasi, hal pertama yang mereka ubah pada mobil mereka adalah pelek. Pilihan pelek pun beragam, termasuk pelek replika yang memiliki kualitas rendah.

Bagi sebagian besar pemilik mobil, mengganti pelek mobil merupakan langkah awal modifikasi mobil. Dengan mengganti pelek mobil, tampilan mobil akan mengalami perubahan drastis, dan biasanya menjadi lebih sporty atau elegan, tergantung jenis pelek yang dipakai. Namun, tidak semua pelek aftermarket yang dijual di pasaran memiliki kualitas serupa. Ada beberapa pelek kualitas rendah yang merupakan imitasi model yang banyak orang cari di pasaran, atau disebut dengan pelek replika.

>>> Bagaimana cara memilih pelek jika mengacu pada warna mobil?

Pelek mobil replika dijual

Banyak pelek replika dijual dengan berbagai model yang sama seperti aslinya

Karena perannya yang cukup krusial, sebisa mungkin kami sarankan untuk menghindari pelek replika karena kualitas produksi yang rendah, dan berpotensi hancur karena tidak tahan menopang bobot dan tekanan yang diberikan mobil.

Memang, secara kasat mata akan sulit membedakan antara pelek asli dengan pelek replika, namun Anda dapat mengetahui apakah pelek yang Anda incar replika atau bukan dengan memperhatikan perbedaan pelek asli dan replika di bawah ini.

1. Harga

Model pelek aftermarket

Harga pelek replika bisa lima atau enam kali lebih murah dibandingkan aslinya

Ada harga ada rupa, tentu saja hal ini juga berlaku saat Anda membeli pelek aftermarket untuk mobil kesayangan. Pelek asli akan jauh lebih mahal dari pelek replika, bahkan selisih harganya bisa sampai lima atau enam kali lipat. Sebagai contoh, rata-rata harga yang imitasi biasanya dibanderol sekitar Rp 3-5 juta, sementara itu barang asli bisa menembus Rp 15-20 juta, kenapa bisa terpaut sangat jauh?

>>> Temukan mobil pilihan dengan harga terbaik di sini

Well, pelek asli tentu dibuat dengan teknologi tinggi dan sudah memiliki standar keamanan internasional, seperti Japan Vehicle Inspection Association (VIA), Japan Light Alloy Automotive Wheel Testing Council (JWL). Berbeda dengan pelek replika yang dibuat dengan teknologi seadanya, yang berakhir pada pelek kualitas rendah yang berisiko hancur sewaktu-waktu.

2. Kualitas pembuatan

Detail pelek aftermarket

Detail pelek replika tidak akan bisa sebaik aslinya

Faktor harga di atas tentu sebanding dengan proses pembuatannya, pelek asli tentu menjalani proses R&D yang sangat ketat dan mendalam demi menghasilkan pelek berkualitas tinggi. Mulai dari desain, kualitas material, sampai proses produksi.

Berbeda dari pelek asli, pelek replika hanya menggunakan metode casting tanpa ada riset terlebih dahulu untuk material dan juga desainnya. Ya, keduanya punya tampilan serupa jika dilihat sepintas, namun pelek asli akan lebih baik secara finishing dan detailnya.

3. Bobot pelek

Meski sama-sama berbahan alloy, pelek asli biasanya memiliki bobot jauh lebih ringan ketimbang pelek replika. Ini disebabkan pelek replika tidak bisa menyamai material yang digunakan pelek asli, karena tidak hanya mengejar kekuatan pelek dalam desainnya, melainkan juga bobot yang berdampak pada performa mobil.

>>> Tips perawatan mobil lainnya bisa Anda lihat di sini

Selisihnya cukup signifikan, rata-rata pelek replika memiliki bobot 10-11 kg, sementara itu pelek asli rata-rata hanya setengah dari pelek replika, sekitar 5-6 kg. Bukan hanya lebih kuat, pelek asli juga lebih ringan dibandingkan pelek replika.

4. Kode Produksi

Detail pelek aftermarket

Kode produksi pelek replika juga tidak akan sama seperti aslinya

Pelek asli akan memiliki kode produksi yang dicetak atau emboss, bukan stiker yang mudah copot seperti kebanyakan pelek replika. Selain itu, pelek asli menggunakan kalimat “made in” pada kode pembuatannya, bukan “design by”.

5. Logo dan kemasan

Detail pelek M BMW

Untuk paket pembelian, pelek replika juga tidak selengkap aslinya

Hal terakhir yang bisa jadi pembeda adalah logonya. Biasanya, pelek replika tidak akan benar-benar mengikuti pelek asli, ada saja perbedaanya. Mulai dari huruf yang dipelesetkan, contoh dari Enkei (original) menjadi Enkie (replika), detail logo, struktur penulisan, dan lain sebagainya.

Begitu juga paket pembeliannya, pelek replika terkadang tidak menyediakan kemasan lengkap layaknya pelek asli, seperti dus atau dokumen-dokumen pendukung seperti buku petunjuk pemasangan, perawatan, sertifikat orisinalitas, dan lain sebagainya.

Pelek mobil hancur

Dengan kualitas yang buruk, pelek replika bisa saja peyang dan retak sewaktu-waktu

Meski harga terpaut jauh, kami menyarankan untuk tidak memasangkan pelek replika pada mobil Anda karena memiliki ketahanan yang lebih ringkih dibanding aslinya. Belum lagi risiko pelek peyang dan retak karena material yang digunakan tidak sekuat aslinya. Untuk  tips & trik lainnya, Anda bisa lihat pada link di bawah ini.

>>> Tips & trik Cintamobil.com

Share this post:
Derry Munikartono Ahnas Putra
Penulis
Derry Munikartono Ahnas Putra
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Biar Tampilan Pelek Makin Keren, Yuk Pilih Lug Nut Mobil Aftermarket yang Pas

31/08/2019

Perawatan dan service

5 menit

Saat akan memutuskan untuk menggunakan lug nut mobil aftermarket, sebaiknya Anda cermat dalam memilih. Jangan sampai hanya sekedar suka pada desain dan warnanya saja.

Lihat juga

Pelek Anda Terlihat Kusam Dan Membosankan? Repaint Solusinya

01/09/2019

Jual beli

3 menit

Selain mengganti pelek, repaint atau cat pelek menjadi kiat jitu dalam membuat tampilan mobil menjadi lebih atraktif. Tak hanya itu, jasa repaint pelek pun terjangkau dengan waktu pengerjaan yang cukup cepat

Lihat juga

Servis Pelek Peyang Atau Grepes Kini Lebih Mudah Dan Cepat

28/08/2019

Perawatan dan service

3 menit

Anda merasa setir bergetar sesaat setelah menerjang lubang? Bisa saja pelek Anda menjadi peyang karena hantaman tersebut. Namun jangan khawatir, karena pelek peyang atau grepes masih bisa diperbaiki kok

Lihat juga

Berencana Ganti Pelek? Cek Promo Menarik Dari HSR Wheel Berikut Ini!

17/08/2019

Event - Promosi

4 menit

Tirta Motorsport dan TKB Group Indonesia selaku produsen pelek merek HSR Wheel di Indonesia menawarkan berbagai promo menarik untuk setiap pembelian pelek HSR wheel dan ban. Juga tersedia potongan harga menarik untuk para pengemudi taksi online lho!

Lihat juga

Ubah Pelek dan Ban, Segini Harga Honda Brio Sport E di Pasar Mobil Bekas

14/08/2019

Perawatan dan service

4 menit

Honda Brio Sport E pernah menjadi salah satu mobil LCGC populer dengan desainnya yang sporty. Tapi karena kurangnya penjualan, Honda pun menggantinya dengan Brio RS. Tapi bagi Anda bisa membeli mobil ini yang dijual di pasar mobil bekas di Tanah Air.

Lihat juga