Waspada, Menggunakan Semprotan Nyamuk di Kabin Mobil Bisa Berbahaya

18/06/2019

Perawatan dan service

3 menit

Waspada, Menggunakan Semprotan Nyamuk di Kabin Mobil Bisa Berbahaya
Tidak seperti di rumah atau tempat tinggal yang lain, mengusir nyamuk di kabin mobil butuh perlakukan khusus. Tidak menggunakan obat nyamuk seperti yang dipakai di rumah juga tidak menggunakan semprotan nyamuk biasa.

Nyamuk, makhluk kecil yang satu ini bisa dibilang biang dari bermacam penyakit mulai malaria, chikungunya, kaki gajah, zika hingga demam berdarah. Semua penyakit tersebut berbahaya bahkan cukup mematikan. Karenanya berbagai upaya dilakukan untuk mengusir nyamuk, terutama yang hidup dan berkembang dekat dengan manusia.

>>> Bukan Cuma Wangi, Pengharum Kabin Mobil Ini Bikin Badan Lebih Sehat

Yang pertama sering terlintas di kepala manakala ada nyamuk di dalam ruangan adalah mengusirnya dengan semprotan nyamuk. Perlakuan ini sebaiknya tidak dilakukan untuk mengusir atau membunuh nyamuk di kabin mobil. Menurut Spesialis autodetailing dan paint protection, Autoglaze Indonesia penggunaan semprotan nyamuk biasa bisa mendatangkan memicu masalah bagi kesehatan pengendara.

"Itu (obat nyamuk semprot) kandungan kimianya terlalu tinggi, itu sangat tidak sehat jadinya. Tapi kalau bisa usir kecoa bisa, untuk kesehatan bahaya," tutur Marketing Manager Autoglaze Indonesia, Stephen Setyadi seperti dikutip dari Detik, (14/6/2019).

Foto menunjukkan seseorang sedang menyemprotkan spray anti nyamuk ke dalam mobil

Obat nyamuk dalam bentuk apapun memiliki kandungan kimia berbahaya

>>> Ingin membeli mobil? Dapatkan daftarnya hanya di sini

Jika dilihat dari kandungannya, obat nyamuk semprot setidaknya mengandung  4 zat aktif berbahaya yaitu, Propoxur, Transfluthrin, Dichlorovinyl Dimethyl Phospate (DDVP), dan Diethyltoluamid (DEET). Keempatnya bisa dengan mudah terhirup melalui pernafasan atau menempel di bagian interior mobil.

Disarankan oleh Stephen pengendara menggunakan cara fogging khusus untuk mengusir nyamuk di kabin mobil. Dan jika tidak memiliki peralatan atau tidak mengerti teknik yang tepat disarankan agar pemilik membawa mobilnya ke spesialis untuk mendapatkan penanganan yang aman. Seperti Autoglaze Indonesia yang tidak hanya ahli detailing dan paint protection, tapi juga menyediakan layanan fogging tanpa membahayakan kesehatan penumpang.

"Fogging gunanya buat bunuh nyamuk dan bakteri kuman di mobil. Paling kita ada dua layanan buat sehari-hari buat kesehatan juga," ujar Stephen.

Memang tak begitu rumit karena permasalahan nyamuk di kabin mobil bisa diatas oleh sang ahli. Namun akan lebih baik jika pemilik selalu menjaga kebersihan kabin terutama dari sisa-sisa makanan agar kabin senantiasa bersih, elok dipandang, nyaman, sehat serta tidak mudah didatangi nyamuk maupun binatang pengganggu lain. Terutama lagi usahakan untuk tidak parkir di dekat saluran air yang mampet atau air yang menggenang yang menjadi tempat berkembangbiaknya nyamuk.

>>> Layanan Tambahan di Bengkel Resmi Wuling Semarang, Masuk Kotor Keluar Kinclong

Foto menunjukkan mobil diparkir di dekat saluran air yang terbuka

Parkir di dekat saluran air, tutup semua pintu dan jendela untuk menghindari masuknya nyamuk ke dalam mobil

>>> Temukan Tips & Trik otomotif lainnya hanya di Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top