Warna Asap Knalpot Menentukan Kondisi Mesin Kendaraan

Share this post:
Warna Asap Knalpot Menentukan Kondisi Mesin Kendaraan
Warna asap bisa mencerminkan kondisi mesin kendaraan Anda. Jika melihat asap buang dari knalpot dengan warna berbeda, Anda harus memperhatikan hal itu karena mungkin mesin kendaraan Anda sedang bermasalah.
Gambar empat jenis warna asap yang keluar dari knalpot mobil
Warna asap knalpot mobil

1. Hitam

Asap knalpot mobil berwarna hitam kebanyakan disebabkan oleh pembakaran bahan bakar yang kurang sempurna atau terlalu banyak (boros) sehingga ada sisa pembakaran yang keluar bersama udara. Untuk mengatasi masalah itu, hal yang harus Anda lakukan adalah memeriksa filter udara dan komponen lainnya seperti sensor, injeksi bahan bakar dan fuel pressure regulator. Beberapa penyebab keluarnya asap hitam antara lain adalah kebocoran kompresi mobil, nyala api busi yang kecil, karburitor bermasalah, filter udara kotor. Tergantung apa penyebabnya Anda mencari solusi yang sesuai misalnya cek kompresi, periksa atau ganti busi, bersihkan atau ganti filter udara mobil.

Selain mengurangi performa tenaga mesin asap mobil berwarna hitam juga sangat berpengaruh terhadap konsumsi BBM mobil bahkan bisa lebih boros 2 kali lipat dibandingkan dengan kondisi normal. Jika ingin hemat BBM Anda segera perbaikinya.

>>> Baca juga: Warna busi mencerminkan hasil pembakaran pada mesin
 

2. Putih tipis

Munculnya asap putih akibat adanya hasil penumpukan kondensasi di dalam sistem pembuangan, terutama bila udara dingin. Asap ini bersifat sementara dan hilang dengan sendirinya jadi Anda  tidak perlu khawatir.

3. Putih tebal

Asap yang keluar dari knalpot mobil berwarna putih tebal
Asap berwarna putih tebal 
 

Asap berwarna putih tebal muncul akibat adanya air coolant yang masuk ke ruang bakar. Jika lama-lama masalah ini tidak diperbaiki maka mobil Anda akan mengalami kerusakan serius pada packing head, silinder head, atau blok mesin yang retak. Dan pembiayaan untuk  perbaikan cukup mahal. Jika mobil Anda memakai antifreeze (mobil-mobil eropa untuk musim dingin) dampaknya bisa lebih serius karena antifreeze yang masuk pada ruang bakar dapat merusak ruang bakar jika mobil dihidupkan. Jangan pernah mengabaikan masalah asap berwarna ini. Kebocoran kecil dalam coolant dapat menyebabkan overheating dan resiko kerusakan mesin.

>>> Baca juga: Tips mengatasi mobil mogok di jalan
 

4. Kebiruan

Asap yang keluar dari knalpot mobil berwarna biru
Asap berwarna biru

Jika kendaraan mengeluarkan asap berwarna biru, itu menandakan bahwa mesin mobil membakar oli mesin. Penyebabnya adalah katup sil atau ring piston yang telah aus dan oli pun menjadi bocor. Jika melihat asap seperti ini, harus periksa oli mobil secara teratur dan perhatikan pemakaiannya.

Jika masalah tersebut tidak diperbaiki, oli yang masuk pada silinder juga bisa membasahi busi sehingga nyala api menjadi terganggu, oli ini juga bisa menjadi kerak pada ruang bakar dan lama kelamaan bisa merusak mesin.

>>> Untuk tips dan trik perawatan dan servis mobil lainnya, klik sini 
 

Jika mobil sudah berumur namun minim kebocoran, mobil tersebut dapat dirawat dengan mengganti oli secara teratur. Penyebab lainnya, jika mobil dilengkapi turbo, asap ini menjadi tanda bahwa blower dari turbo mobil harus diganti.

Dengan memperhatikan warna asap knalpot, Anda sudah tahu bagian apa yang harus diperbaiki dan biaya untuk itu pun tidak terlalu banyak. Jadi harus memperhatikan  warna asap yang keluar dari knalpot supaya dapat memperbaiki komponen mobil yang terkait tepat pada waktunya.
>>> Klik sini untuk membaca tulisan lain tentang pengalaman, tips dan trik pemakaian mobil

Share this post:
 
back to top