Wajib Tahu! Jenis-jenis Perawatan Salon Mobil untuk Kendaraan Anda

01/06/2021

Perawatan dan service

2 menit

Sama seperti salon manusia, salon mobil memiliki beberapa jenis perawatan, lho. Anda bisa menyelesaikannya dengan kebutuhan mobil Anda.

Bukan hanya manusia saja yang perlu ke salon, tapi juga kendaraan Anda agar lebih terawat. Sama seperti salon manusia, salon mobil memiliki beberapa jenis perawatan, lho. Anda bisa menyelesaikannya dengan kebutuhan mobil Anda. Nama dan istilahnya berbeda, sejauh mana Anda mengerti jenis perawatan pada salon mobil? Simak di sini, yuk!

Cleaning

Perawatan cleaning di salon kendaraan lebih dikhususkan pada membersihkan beberapa bagian mobil menggunakan air dan shampoo khusus. Proses cleaning meliputi pembersihan interior, eksterior, dan mesin. Untuk cleaning bagian mesin, pihak salon akan membersihkannya secara hati-hati agar air tak masuk ke ruang udara.

mencuci mobil

Ada beberapa metode cleaning pada mobil

Pasalnya, jika air masuk ke ruang udara mesin, air bisa masuk ke ruang bakar dan membuat mobil susah berfungsi. Teknik atau metode cleaning pad salon pun beragam, ada dry washing, snow washing, dan cuci mobil biasa.

>>> Alat Ukur Tekanan Ban Penting Untuk Cek Kondisi Kesehatan Ban

Coating

Ingin ekstra melindungi bodi mesin? Jika iya, pilihlah perawatan coating pada salon mesin. Jenis perawatan ini dilakukan dengan melapisi bodi mobil agar terlindungi dari zat-zat yang bisa membuat bodi berkarat. Umumnya, coating terdiri dari dua jenis, yakni nano coating dan ceramic coating.

Coating mobil

Coating melindungi bodi mobil

Nano coating dilakukan dengan cara melapisi bodi mobil dengan cairan berukuran nano. Sedangkan ceramic coating dilakukan dengan cara melapisi bodi mobil dengan cairan yang terkandung bahan ceramic. Jika dibandingkan, ceramic coating memiliki kelebihan. Metode ini bisa melindungi bodi mobil dari air hujan yang menjadi penyebab karat pada mobil.

Detailing mobil

Detailing akan membuat car mobil lebih cerah

Ingin mempercantik mobil kesayangan Anda? Pilih perawatan detailing, yang dilakukan dengan metode polish dan waxing. Untuk polish, tim salon kendaraan akan mengikis cat yang kusam pada bodi mobil dan diganti dengan cat baru. Perawatan ini bisa Anda pilih saat cat mobil mulai pudar.

Setelahnya mobil akan dirawat dengan metode waxing yang dilakukan dengan melapisi cat dengan waxing. Fungsinya untuk membuat cat mobil lebih cerah, melindungi mobil dari karat, baret, dan jamur.

>>> Kisah Mercedes-Benz 500 E, Mercy Dengan Sentuhan Porsche

Fogging dan Fumigator

Salon mobil bukan hanya memiliki perawatan pada eksterior saja, tapi juga interior mobil Anda. Biasanya untuk perawatan interior akan menggunakan metode fogging dan fumigator. Proses fogging berfungsi agar interior mobil terhindari dari bakteri dengan sistem kerja hembusan angin dan AC. Setelahnya interior mobil akan dilakukan perawatan fumigator yang berfungsi untuk menghindari mobil dari serangga. Masing-masing metode ini akan berlangsung selama 30 menit.

Mungkin ada banyak salon mobil terdekat di wilayah Anda. Jangan bingung memilihnya. Ada beberapa faktor yang perlu jadi pertimbangan dalam memilih salon mobil terbaik. Seperti ketahui dahulu sistem pengerjaannya seperti di mana mobil akan diletakkan dan cek mobil lain yang sedang dilakukan perawatan.

Fogging dan Fumigator

Menghilangkan bakteri dengan fogging dan fumigator

Pastikan juga teknisi atau tim mengecek karakter mobil Anda lebih dahulu. Pasalnya setiap mobil memiliki masalah yang berbeda tergantung dari cara mengemudinya. Jadi pastikan tim salon mobil mengecek dan menganalisa kondisi mobil secara detail. Nah, itu dia jenis-jenis perawatan dan cara memilih salon mobil terbaik untuk kendaraan Anda. Semoga bermanfaat!

>>> Baca artikel tentang perawatan mobil lainnya di sini

Penulis
Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.
 
back to top