Upgrade Performa Mesin Praktis Dengan Aplikasi Saringan Udara Aftermarket Tipe Replacement

Share this post:
Upgrade Performa Mesin Praktis Dengan Aplikasi Saringan Udara Aftermarket Tipe Replacement
Ingin upgrade performa mesin praktis namun tetap aman untuk harian? Anda bisa memulainya dengan memasang saringan udara aftermarket tipe replacement

Upgrade performa mesin menjadi salah satu modifikasi yang kerap dilakukan oleh pemilik mobil. Namun yang perlu Anda ketahui adalah upgrade performa mesin atau engine tuning memiliki beberapa tahapan, mulai dari basic tuning, stage 1 hingga 4. Untuk keperluan harian, Anda bisa mulai dari yang paling dasar atau basic tuning, yakni dengan memaksimalkan suplai debit udara menuju mesin. Cara paling jitu adalah dengan mengganti saringan udara standar dengan versi aftermarket. Pemasangan saringan udara aftermarket merupakan cara paling ampuh yang biasa dilakukan dalam basic tuning.

Proses penggantian air filter dengan tipe replacement

Penggunaan saringan udara aftermarket tipe replacement menjadi salah satu cara paling mudah dan aman untuk meningkatkan tenaga mesin

>>> Simak juga:

Namun sebelum memutuskan untuk menggunakan saringan udara aftermarket, Anda perlu mengenal tipe saringan udara aftermarket yang tersedia di pasaran. Jenis yang paling populer adalah saringan udara aftermarket tipe replacementr. Tipe ini paling direkomendasikan untuk harian dan modifikasi ringan lantaran masih menggunakan desain boks udara bawaan mobil. Namun pada bagian saringan udaranya di desain sedemikian rupa agar mampu menambah debit udara lebih deras ke mesin. Sehingga performa mesin pun jadi meningkat. ”Jadi lebih praktis untuk harian dengan risiko yang bisa dibilang hampir tidak ada. Saat ini hampir semua mobil jaman sekarang juga sudah tersedia pilihan saringan udara aftermarket tipe replacement,” ujar Dede dari Dynamic Auto, penyalur resmi saringan udara merek K&N di Indonesia.

air filter aftermarket tipe replacement buatan K&N

K&N menjadi salah satu produsen saringan udara afftermarket tipe replacement yang bisa dicuci ketika kotor

>>> Sedang mempertimbangkan mobil yang tepat untuk modifikasi? Cek harga pasaran Honda Jazz di sini

Lantas, bagaimana dengan kenaikan tenaganya? Situs roadandtrack.com baru-baru ini memberitakan bahwa Jason Fenske dari channel Engineering Explained di Youtube, melakukan pengetesan tentang kenaikan tenaga yang mampu dihasilkan oleh saringan udara, mulai dari bawaan pabrik, tipe aftermarket non high flow/performance hingga tipe replacement high flow/performance. Kesemua saringan udara tersebut dipasangkan pada Subaru Crosstrek atau dikenal dengan nama Subaru XV untuk pasar Indonesia. Pengetesesannya sendiri terukur dengan menggunakan mesin dynamometer.

Air filter tipe open filter buatan aftermarket

Selain tipe replacement, tersedia juga saringan udara aftermarket tipe open filter untuk modifikasi lebih advance

Hasilnya, saringan udara aftermarket tipe replacement dengan high flow/performance ternyata mampu menaikkan tenaga antara 2,6 hingga 3,7 persen atau sekitar 4 hp dan torsi mencapai 6,7 Nm. Angka tersebut cukup sebanding dengan harga saringan udara aftermarket tipe replacement yang relatif terjangkau. Di Indonesia, saringan udara aftermarket tipe replacement ini dihargai mulai dari Rp 700 ribu hingga 2,5 juta, tergantung merek mobil dan kapasitas mesinnya. Perawatannya juga mudah, lantaran bisa dicuci (washable) setiap 10 ribu km. Bahkan K&N juga memiliki cleanser khusus untuk air filter, yang mampu membersihkan filter lebih optimal.

>>> Update tips & trik terkini seputar dunia otomotif di Cintamobil.com

Share this post:
 
back to top