Umur Bagian-Bagian Dalam Mobil

Share this post:
Umur Bagian-Bagian Dalam Mobil
Setiap bagian di mobil mempunyai umur masing-masing dan umurnya tidak sama dengan lainnya. Ada bagian dengan umur pendek namun ada yang lebih sedikit panjang. Tulisan di bawah ini akan menunjukkan umur beberapa bagian mobil agar Anda mengetahui kapan harus menggantinya.

Gambar komponen-komponen dalam sebuah mobil
Setiap bagian mobil mempunyai umur sendiri

1. Saringan minyak: 3-6 bulan

Rutin 3-6 bulan atau 5.000-8.000 Km Anda harus mengganti oli.

2. Gear hujan: 2 tahun

Kalau sering kena hujan atau sinar, 2 tahun adalah waktu maksimal untuk memakai gear hujan. Karena karet di atasnya akan pecah dan tidak bisa dipakai lagi.
 

Gambar rem mobil
Berapa umur rem mobil?

3. Rem: 3 – 5 tahun

Ketika muncul bunyi aneh dalam sistem rem berarti rem mobil Anda sudah aus. Jadi setelah 3-5 tahun atau 50.000-120.000 Km Anda harus mengganti rem supaya menjaga keamanan Anda.
 

Gambar tiga baterai mobil
Berapa umur baterai mobil?

4. Baterai : 4 – 5 tahun

Mobil tidak dipakai, baterai di dalamnya masih bekerja. Menurut ahli-ahli mobil Anda harus mengganti baterai setelah 4-5 tahun.

5. Ban: 6 tahun

Kalau sering dipakai, kira-kira 19.000-24.000 Km setiap tahun ban mobil akan aus. Namun kalau jarang memakai kira-kira 10.000 km/tahun ban baru aus. Sebaiknya ban mobil tidak boleh dipakai lebih dari 6 tahun karena akan berbahaya bagi pemakai dan bisa meledak kapan-kapan saja.
 

pulahan lampu depan mobil
Lampu mobil bisa dipakai berapa lama?

>>> Baca juga: 8 komponen kendaraan yang cepat ganti
 

6. Lampu: 7 tahun

Bagi lampu Xenon atau LED, kalau ia mati itu bukan masalah besar lagi. Namun bagi lampu dengan desain tradisional umurnya hanya 7 tahun. Mobil selalu berjalan pada malam hari atau jalan berlubang akan menurunkan umur lampunya.

7. Busi: 8 tahun

Busi platin atau iridi berumur 160.000km atau 8 tahun. Namun kita harus mengganti busi sebelumnya jika ketemu kotoran atau pecahan.

gambar empat busi mobil
Sebuah busi disa dipakai berapa lama?

8. Pompa bahan bakar: 6 – 8 tahun

Pompa bahan bakar sering bermasalah setelah dimakai 6 tahun. Sebabnya adalah kebiasaan selalu lupa mengisi bahan bakar jadi pompa tidak bisa bekerja dengan lancar jika kurang bahan bakar.
>>> Untuk membaca tulisan lain tentang tips dan trik merawat mobil lainnya, klik sini

 

9. Sensor mesin: 8 – 10 tahun

Umur sensor mesin lebih dari 250.000km, bagi sensor oksigen  kira-kira 160.000 km karena  ada kotoran di dalamnya. Tali sensor mesin dilepas membuat lampu Check Engine menyala.
>>> Klik sini untuk membaca tulisan lain tentang pengalaman, tips dan trik pemakaian mobil

Share this post:
 
back to top