Ubah Pelek dan Ban, Segini Harga Honda Brio Sport E di Pasar Mobil Bekas

14/08/2019
Honda Brio Sport E pernah menjadi salah satu mobil LCGC populer dengan desainnya yang sporty. Tapi karena kurangnya penjualan, Honda pun menggantinya dengan Brio RS. Tapi bagi Anda bisa membeli mobil ini yang dijual di pasar mobil bekas di Tanah Air.

Dengan penjualan yang cukup singkat, mulai dari tahun 2013 hingga 2016, Honda Brio Sport E pernah menjadi salah satu mobil yang diminati oleh konsumen di Indonesia. Ada banyak hal yang membuat Brio Sport menjadi populer. Selain desainnya yang kompak serta efisiensi bahan bakar yang mumpuni, mobil ini juga mudah dimodifikasi sesuai dengan selera pemiliknya.

mobil baru Honda Brio Sport berwarna putih dan merah 
Honda Brio Sport E pernah menjadi populer di masanya

Ada banyak ubahan yang bisa digunakan oleh pemilik Honda Brio. Mulai dari mengubah bemper depan dan belakang dengan kita baru, hingga mengganti desain interior. Ubahan pelek dan ban juga sering digunakan untuk memberikan kesan sporty dibandingkan versi standar yang dibawa oleh pabrikan.

>>> Mau All New Honda Brio Anda Jadi Lebih Sporti? Coba Pakai Pelek Ini

Modif pelek Honda Brio Sport

Tidak hanya untuk Brio Sport, pemilik Brio lainnya juga terlihat banyak mengubah tampilan mobil menjadi lebih sporty, salah satunya dengan mengubah pelek Honda Brio. Pasalnya, jika dibandingkan dengan versi standarnya, pelek Honda Brio Sport masih menggunakan pelek alloy yang juga ditemukan pada Brio Satya E.

Honda Brio yang dimodifikasi hingga berwarna kuning 
Honda Brio Sport sering mendapatkan ubahan pelek

Tidak hanya untuk meningkatkan tampilan mobil, penggantian pelek yang lebih ringan bisa meningkatkan performa dan efisiensi BBM dikarenakan kerja mesin yang lebih ringan. Sebagaimana dilansir dari forum komunitas Honda Brio, ban dengan tapak yang lebih lebar juga memberikan pengendalian yang lebih stabil.

>>> Tips perawatan terbaik lainnya ada di sini

Untuk modifikasi pelek Honda Brio, ada rule of thumb yang digunakan. Aturan plus sizing ini merupakan hitungan toal agar diameter pelek dan ban tidak berbeda jauh dari diameter orisinalnya. Misalnya untuk Plus One, Anda bisa menggunakan lebar tapak ban lebih besar 10 mm, tapi tebal ban turun 10%. Sedangkan jari-jari pelek naik 1 inci dengan Honda Brio modifikasi pelek 15.

Honda Brio Sport yang diubah sehingga berwarna putih dan merah 
Desain pelek baru membuat Honda Brio lebih sporty

Bagi Anda yang ingin memberikan desain pelek dan ban yang lebih besar bisa menggunakan aturan plus two, yaitu dengan meningkatkan lebar tapak ban naik 20 mm sedangkan tebal ban turun 20%. Untuk ini, Anda akan mendapatkan Honda Brio modifikasi pelek 16 dengan tambahan 2 inci dibandingkan pelek asli.

>>> Ingin membeli Honda Brio? Dapatkan daftarnya hanya di sini

Mobil bekas Honda Brio Sport E

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Brio Sport mengalami penurunan penjualan pada 2015 sebelum diganti dengan model yang lebih baru, Brio RS. Tapi Anda bisa menemukan mobil di berkeliaran di pasar mobil bekas Tanah Air.

Dengan harga yang cukup terjangkau, tentu saja dibandingkan mobil barunya, Anda bisa mendapatkan mobil baru bergaya sporty yang nantinya bisa diutak-atik sesuai keinginan. Kisaran harga Honda Brio Sport E bekas bisa Anda temui dalam rentang Rp110 jutaan hingga Rp125 jutaan. Tapi untuk versi modifikasi, Anda bahkan bisa mendapatkannya dengan harga Rp100 jutaan.

>>> Dapatkan berbagai harga menarik dari Honda Brio Sport E berikut

Honda Brio berwarna abu-abu yang dijual di pasar mobil bekas
Banyak Honda Brio Sport E dijual di pasar mobil bekas

Dan yang menarik adalah mobil yang sudah dimodifikasi dipastikan memiliki harga yang lebih murah dibandingkan versi standar. Mengingat banyak pemilik yang melakukan modifikasi untuk mobil ini, Anda bisa mendapatkan Brio Sport E bekas dengan harga yang lebih murah. Tentu saja, harga Honda Brio Sport E mengikuti kondisi kendaraan; semakin bagus kondisinya, semakin mahal Anda harus membayar harganya.

>>> Tips dan trik menarik lainnya selalu ada disini

Padli Nurdin

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
7

berita lain