Tune Up Mobil Sendiri di Rumah? Mudah Kok!

14/01/2020
Beberapa kegiatan dalam merawat kendaraan sebenarnya bisa Anda lakukan tanpa bantuan montir, termasuk tune up mobil sendiri. Ikuti langkah-langkahnya berikut ini ya...

Melakukan perawatan mobil secara rutin memang sebaiknya dilakukan. Bentuk perawatan mobil yang kerap dilakukan diantaranya adalah tune up. Tujuannya adalah menjaga agar kinerja mesin tetap prima dan tidak menurun seiring usia mobil dan jarak tempuh yang sudah bertambah.

Idealnya tune up mobil dilakukan tiap enam bulan sekali jika mobil digunakan setiap hari. Atau bisa juga setahun sekali manakala mobil jarang digunakan. Dan seringnya, tune up dilakukan oleh para montir di bengkel langganan Anda.

>>> Jangan Malas, Ini 4 Kerugian Tidak Servis Berkala

Padahal sebenarnya tune up mobil sendiri di rumah bisa Anda lakukan lho... Caranya pun tidaklah terlalu rumit.

1. Filter Udara

membersihkan filter udara mobil

Bersihkan filter udara agar udara yang masuk ke ruang bakar menjadi lancar

Langkah pertama saat melakukan tune up adalah memeriksa saringan udara. Buka kotak filter udara lalu angkat filter dari rumahnya. Bersihkan dengan cara mencucinya bukan dengan menyemprot mengguanakan kompresor angin. Lalu keringkan sampai benar-benar bersih dan pasang lagi ke tempat semula.

2. Busi

bus mobil kotor

Periksa apakah kepala busi kotor atau tidak

Selagi menunggu filter udara kering, Anda bisa melakukan pengecekan pada busi-busi. Periksa apakah kondisi kepala busi sudah kotor atau tidak. Jika kotor maka bersihkan atau kalau perlu ganti dengan busi baru.

>>> Promo mobil baru paling menarik ada disini

3. Throttle Body

membersihkan throttle body mobil

Hati-hati saat membersihkan throttle body

Sebelum busi dipasang kembali pada posisinya, ada baiknya Anda bersihkan juga throttle body. Caranya lepas dulu selang udara dari filter udara menuju throttle, kemudian semprotkan carbon cleaner. Namun perlu diperhatikan, jangan semprot throttle body dengan carbon cleaner dalam jumlah banyak. Semprot saja sedikit lalu dilap dengan lap kering yang bersih sampai bagian ini terlihat bersih dari kotoran berwarna hitam.

4. Oli Mesin

oli mesin mobil

Lebih baik jika diikuti ganti oli mesin

Saat melakukan tune up mobil sendiri, ada baiknya Anda juga lakukan penggantian oli mesin beserta filternya. Cukup buka tutup oli di mesin, kemudian baut penutup di oil tank, lalu biarkan oli di mesin keluar seluruhnya. Jika sudah, masukkan lagi oli baru, dan jangan lupa ganti filer olinya ya.

5. Aki

aki mobil

Jangan lupa cek pula kondisi aki

Langkah selanjutnya, Anda juga wajib memeriksa kondisi aki mobil. Jika menggunakan aki basah, perhatikan ketinggian air aki. Jika memakai aki kering, periksa kondisi indikator aki apakah masih baik atau sudah harus diganti.

>>> Pilihan mobil bekas terlengkap ada disini

6. Radiator

radiator mobil

Periksa air radiator dan air pada tabung reservoir

Saat tune up mobil sendiri di rumah, periksa pula bagian radiator. Cek kondisi water coolant pada radiator, pastikan air tidak kurang. Cek juga tabung reservoir, jangan sampai air radiator di tabung itu habis.

7. Filter Kabin

filter kabin

Bersihkan juga filter kabin

Saat melakukan tune up, jangan lupa untuk mengecek pula filter kabin. Kondisi filter yang terlalu kotor akan membuat AC tidak dingin atau muncul bau tak sedap saat AC mobil dinyalakan. Untuk itulah filter kabin perlu dibersihkan secara berkala.

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada disini

Prasetyo Adhi

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
3

berita lain