Trik Modifikasi BMW Alpina B5 Biturbo Touring Biar Tenaganya Jadi 710 Hp

04/01/2021

Perawatan dan service

5 menit

Ada langkah sederhana yang dijelaskan oleh McChip-DKR untuk modifikasi BMW Alpina B5 Biturbo Touring. Dengan sedikit modifikasi, tenaga wagon tercepat di dunia ini sanggup tembus hingga 710 hp.

Alpina pernah merilis BMW M5 Wagon dengan nama Alpina B5. Mobil ini dipersenjatai mesin 4.400 cc V8 bertenaga 613 hp. Kemampuannya berakselerasi dari posisi diam hingga kecepatan 100 km/jam hanya butuh 3,6 detik. Kemampuan ini menyerupai kekuatan yang dimiliki oleh BMW M5 sedan.

Tentunya apa yang disuguhkan Alpina bukan hanya sekedar menampilkan mobil BMW dengan paras yang lebih rupawan. Namun juga kekuatan mesinnya jauh lebih dari cukup untuk bisa menggeber mobil ini di jalan raya yang lenggang ketika akhir pekan.

Dan belum lama ini pihak McChip-DKR merilis hasil modifikasi BMW Alpina B5 Biturbo Touring Stage 1 yang mampu menciptakan tenaga mobil yang jauh lebih besar. Ubahannya cukup sederhana dan rasanya bisa Anda terapkan juga jika memiliki B5 atau M5.

>>> Alpina XB7: BMW X7 M50i Dengan Steroid

Rasil Remap ECU

BMW Alpina B5 Biturbo Touring McChip

Hasil rekayasa sistem ECU di mobil ini

Dikutip dari Carbuzz, Senin (04/01/2021), McChip-DKR sudah tersohor mampu mendongkrak tenaga sejumlah mobil Jerman lainnya seperti Audi, Porsche, dan Mercedes-Benz. Teknik yang mereka lakukan antara lain dengan remap ECU serta memasang chip tuning untuk memanipulasi kinerja sistem kompoterisasi pada mobil guna menghasilkan tenaga yang lebih optimal.

Dan baru-baru ini mereka melakukan modifikasi untuk BMW Alpina B5. Tentu saja modifikasi berpusa pada ruang mesin dengan melakukan remap ECU kendaraan tersebut. Hasil modifikasi Stage 1 ini pun sanggup membuat Wagon Alpina ini mampu meletupkan tenaga 710 hp dengan torsi 900 Nm. Naik jauh lebih tinggi dari tenaga sandar mobil tersebut ykni mengalami peningkatan 103 hp dari kondisi awalnya.

>>> Alpina D3 S, Modifikasi BMW 3 Series Diesel Dengan Tenaga Buas

Komponen Lainnya Tidak Diubah

BMW Alpina B5 Biturbo Touring Dyno Test

Tenaganya naik lebih dari 100 hp dari kondisi awal

>>> Review BMW Seri-5 Touring 2020: Keindahan Seri-5 Untuk Keluarga

Tim McChip-DKR percaya jika hasil tuning Alpina pada BMW mampu menghasilkan unit yang lebih menyenangkan untuk dikendarai namun tanpa sekaku BMW M Series. Karena itulah rekayasa di bagian mesin ini tidak lantas diiringi perombakan pada sektor yang lainnya.

Itu karena tuner Jerman tersbeut yakin, dengan keluaran tenaga yang ada sekarang, tetap akan mampu diakomodir oleh komponen lainnya yang sudah dipasang oleh Alpina. Dan Alpina B5 Biturbo Touring ini pun siap mengasapi beberapa super car lain.

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top