Trik Memilih Merk Carbon Cleaner Mobil yang Bagus Mumpung #DiRumahAja

08/05/2020

Perawatan dan service

8 menit

Share this post:
Trik Memilih Merk Carbon Cleaner Mobil yang Bagus Mumpung #DiRumahAja
Tidak semua merk carbon cleaner mobil yang bagus itu mahal. Anda harus pintar-pintar dalam memilihnya. Apa saja yang perlu diperhatikan? Berikut ulasannya.

Saat diam #dirumahaja selama masa pandemi Covid-19, memang perlu diisi dengan berbagai kegiatan positif. Nah jika Anda hobi otomotif, maka pada masa inilah Anda bisa lebih "perhatian" kepada kendaraan kasayangan Anda. Karena itu perawatan maksimal baik eksterior, interior maupun mesin, rasanya bisa dilakukan setiap hari ya...

Untuk pembahasan kali ini yang akan diulas oleh tim Cintamobil.com adalah seputar perawatan mesin mobil. Meskipun mobil lebih banyak diam di garasi, bukan berarti perawatan terhadap mesin juga ikutan lockdown. Satu diantara perawatan mesin yang cukup penting adalah dengan memastikan sisa kerak hasil pembakaran di ruang mesin menghilang.

Jangan dulu berpikir keras, karena sejatinya kegiatan perawatan mesin mobil yang satu ini bisa kok Anda lakukan sendiri di rumah. Caranya dengan menggunakan bantuan carbon cleaner. Yakni sebuah cairan yang mampu membersihkan ruang pembakaran pada mesin mobil dari berbagai macam kerak sisa hasil pembakaran yang tidak terbuang ke saluran knalpot.

Tapi jangan sembarang masukkan carbon cleaner ke ruang mesin ya, apalagi tidak memperhatikan merk carbon cleaner mobil yang bagus dan cocok buat kendaraan Anda. Salah-salah ruang mesin malah jadi rusak deh! Berikut tips seputar carbon cleaner mobil.

1. Waktu yang Tepat Menggunakan Carbon Cleaner

Proses kerja carbon celaner

Carbon celaner akan membersihkan dinding piston yang kotor oleh kerak sisa pembakaran

Menggunakan carbon cleaner khususnya pada mobil perlu memperhatikan interval waktu. Tidak boleh sembarang mencampur jika tak ingin mesin mobil Anda bermasalah. Disarankan untuk carbon cleaner mobil dipakai setiap 20.000 kilometer (km) sekali atau bisa juga 2 tahun sekali mana yang lebih dulu tercapai.

Kondisi jalan raya yang kerap macet seperti di Jakarta atau kota-kota besar lainnya, tentu berpotensi membuat sisa pembakaran menupuk di ruang mesin. Karena itulah sebaiknya carbon cleaner digunakan berbarengan dengan servis besar kelipatan 20.000 km.

>>> Ini Cara Memilih Air Radiator yang Sesuai Jenis Mobil Anda

2. Cara Menggunakan Carbon Cleaner Mobil

Cara menggunakan carbon celaner mobil

Pastikan mesin sudah panas sebelum masukkan carbon celaner

Menggunakan carbon cleaner untuk membersihkan kerak pada ruang mesin memang jauh lebih mudah dan murah dibanding harus melakukan top overhaul. Bahkan Anda bisa melakukannya sendiri dari rumah tanpa perlu minta bantuan mekanik bengkel.

Pertama-tama, hidupkan mesin mobil terlebih dulu sekitar 10-15 menit. Jika mesin mobil sudah mencapai titik suhu yang cukup panas baru kemudian masukkan cairan carbon cleaner melalui lubang busi. Biarkan 15-20 menit lalu sedot kembali cairan tersebut atau bisa juga dikeluarkan berbarengan dengan proses ganti oli.

Pastikan sebelum memasukkan cairan carbon cleaner kondisi mesin sudah panas demi memudahkan kerak-kerak yang ada di dinding silinder rontok. Setelah semua cairan keluar, Anda bisa periksa dinding piston menggunakan senter melalui celah busi. Dari situ akan sedikit terlihat apakah sudah bersih atau belum.

>>> Mobil Jarang Dipakai Tetap Harus Rutin Ganti Ban

3. Bahaya Jika Terlalu Sering Digunakan Carbon Cleaner

Dinding piston mobil

Dinding silinder dan piston bisa baret

Seperti yang sudah diungkapkan sebelumnya, meskipun pakai merk carbon cleaner mobil yang bagus, menggunakan carbon cleaner tidak boleh sembarangan. Interval waktu pemakaiannya minimal 2 tahun sekali dan tidak boleh terlalu sering. Karena nantinya akan berakibat buruk pada lapisan dinding piston.

Lapisan pada dinding piston tersebut bisa saja ikut terangkat oleh cairan carbon cleaner yang terlalu sering dimasukkan ke ruang mesin. Selain itu bagian klep juga akan jadi bermasalah yang pada akhirnya akan menimbulkan kondisi mesin mobil ngelitik (knocking).

>>> Bukan Berapa Kilometer Ganti Oli Mobil, Tetapi Berapa Interval Penggantian Oli?

4. Pilih Merek Carbon Cleaner Mobil yang Bagus

Ruang mesin mobil

Jangan pilih yang berisiko menimbulkan karat pada ruang mesin

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak tips dan trik perawatan mobil lainnya

Di toko-toko aksesoris atau suku cadang mobil, produk seperti ini banyak sekali dijual. Beragam merk ditawarkan dengan klaim keunggulan masing-masing. Namun yang perlu diketahui adalah, bagaimana cara memilih merk carbon cleaner mobil yang bagus.

Jangan tergiur oleh harga murah dan kemampuan mengangkat kerak mesin yang kuat dari sebuah carbon cleaner. Anda harus pilih carbon cleaner khusus mobil. Selain itu sesuaikan juga dengan teknologi di mesin mobil Anda, apakah mobil Anda bermesin diesel atau bensin. Karena semakin sesuai spesifikasi mesin dengan jenis carbon cleaner, maka akan didapat hasil yang semakin baik.

Selanjutnya pilih produk yang tidak mengandung zat amonia dan zat asam. Karena kedua zat ini akan bereaksi jika terkena lapisan logam. Zat amonia dan zat asam memang sanggup mengangkat kerak mesin dengan baik, tetapi juga berefek negatif menimbulkan karat. bagian mesin yang akan langsung terdampak jika terkena cairan yang mengandung kedua zat tersebut adalah bagian dinding piston, ring piston, dan payung klep. Bahkan oli liner silinder juga berpotensi terangkat yang pada akhirnya menyebabkan dinding piston baret.

>>> Tips dan trik menarik lainnya seputar perawatan mobil ada disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Aman Dari Kuman, Yuk Intip Tips Memilih Vacuum Cleaner Mobil

06/10/2019

Perawatan dan service

5 menit

Keluarga sering bersin-bersin atau batuk di dalam mobil? Hati-hati, jangan-jangan debu pada interior mobil adalah penyebabnya. Supaya lebih bersih dan sehat, tak ada salahnya Anda punya Vacuum Cleaner mobil. Tapi jangan salah pilih, berikut tips memilih Vacuum Cleaner mobil.

Lihat juga

5 Cara Cepat Mengetahui Kondisi Mesin Mobil Bekas

06/03/2019

Jual beli

6 menit

Membeli mobil bekas memang agak tricky, ada trik khusus untuk mengetahui kondisinya. Berikut ini kami sajikan 3 cara cepat mengetahui kondisi mesin mobil bekas yang tidak lazim dilakukan orang. Namun, cara ini cukup ampuh untuk mengetahui kondisi mesin mobil bekas incaran Anda.

Lihat juga

Waspada, Ini 3 Zat Berbahaya Buat Oli Mesin Mobil

29/11/2019

Perawatan dan service

5 menit

Ada beberapa zat berbahaya buat oli mesin yang wajib Anda hindari. Karena kalau sampai tercampur, maka komponen-komponen di dalam ruang mesin akan rusak. Untuk memperbaikinya pun tidak mudah.

Lihat juga

Waduh, Ternyata Berbahaya Matikan Mesin Mobil Tiba-tiba!

16/09/2019

Pengemudian

5 menit

Matikan mesin mobil tiba-tiba ternyata berefek pada komponen mesin, AC, dan audio di mobil rusak. Padahal kebiasaan ini cukup sering dilakukan oleh para pengemudi.

Lihat juga

Review Toyota Fortuner SRZ 4x2 2017: Bertahan Di Tengah-Tengah Dominasi Diesel

06/06/2018

Editor rate:

Tentu Anda tidak asing ketika mendengar Toyota Fortuner yang umumnya terlihat tangguh dalam varian dieselnya. Nyatanya varian mesin bensin yang disematkan pada Toyota Fortuner SRZ 4x2 memberikan performa tarikan yang lebih unggul dengan memboyong mesin Dual VVT-I. Mari kita simak review Toyota Fortuner SRZ 4x2 2017.

Lihat juga
 
back to top