Trik Membersihkan Chrome Mobil Klasik Biar Kinclong Lagi

30/01/2021

Perawatan dan service

5 menit

Membersihkan chrome mobil khususnya pada mobil tua tentu akan mengembalikan penampilan kendaraan tersebut agar kembali jadi menarik. Caranya pun tak sulit dan bisa Anda kerjakan sendiri di rumah.

Membersihkan chrome mobil adalah satu dari beberapa cara untuk membuat penampilan kendaraan kesayangan kembali menarik. Karena dengan panel krom yang bersih dan mengkilat kembali, maka mobil akan terlihat seperti baru lagi.

Apalagi untuk mobil-mobil klasik maupun retro, sering kali ada bagian panel bodi yang dilapis chrome. Sayangnya beberapa bagian yang dikrom ini bisa rusak seiring usia kendaraan. Karena seperti kebanyakan material logam lainnya, lapisan krom mobil juga rentan terhadap perubahan cuaca yang dapat menimbulkan korosi atau karat.

Lalu bagaimana caranya biar bagian bemper, gril depan, emblem, atau bahkan velg yang dilapis krom bisa kinclong lagi? Yuk ikuti teknik membersihkan chrome mobil berikut ini yang kami kutip dari Autoevolution, Kamis (28/01/2021).

>>> Songsan Motors SS Dolphin, Tampil Klasik Ala Corvette C1

1. Siapkan Alat yang Dibutuhkan

Mobil Klasik

Seiring usia mobil, bagian yang dilapis chrome bisa kusam atau berkarat

Sebelum mulai membersihkan chrome mobil, maka langkah pertama adalah siapkan alat-alat yang dibutuhkan. Yaitu:

  • sarung tangan
  • lap mikrofiber
  • amplas halus
  • selotip
  • produk penghilang karat/pengkilap krom mobil
  • sabun cuci mobil

Untuk produk pembersih lapisan chrome mobil Anda bisa memilih banyak sekali produk aftermarket di toko-toko aksesoris otomotif, baik online atau offline. Anda bisa pilih dari merk 3M, Turtle Wax, atau Blue Magic. Sementara amplas halus yang digunakan, bisa pilih yang nomor 1000 atau 2000 supaya tak meninggalkan bekas di permukaan berkrom.

2. Cuci Mobil Terlebih Dulu

Sebelum melakukan proses pembersihan permukaan krom, maka sebaiknya cuci bersih dulu mobil tersebut. Gunakan sabun khusus cuci mobil agar semua kotoran, debu, dan minyak yang ada di permukaan bodi mobil ikut luntur. Jika sudah, keringkan dengan lap microfiber sampai seluruh permukaan bodi mobil benar-benar kering dan bersih.

3. Lepaskan Permukaan Krom

Emblem Mobil Chrome

Hati-hati saat membersihkan permukaan chrome jangan sampai mengenai lapisan cat mobil

>>> Yuk Intip Cara Merawat Logo Emblem Mobil

Untuk memperbaiki permukaan krom yang sudah berkarat atau kusam, sebaiknya copot panel chrome itu dari bodi mobil. Tindakan ini untuk membuat proses pembersihan benar-benar sampai bagian dalam panel krom. Karena mungkin saja korosi bukan hanya terjadi di area yang terlihat dari luar tapi juga di bagian dalamnya. Kalau tidak mungkin atau sulit untuk dicopot, beri selotip pada sekeliling panel chrome mobil yang hendak dibersihkan. Ini untuk menjaga cairan pengkilap krom mobil mengenai permukaan cat mobil dan meninggalkan noda yang sulit dihilangkan.

4. Hilangkan Karat dengan Amplas

Apabila ada permukaan panel krom yang sudah berkarat cukup parah, maka gunakan amplas untuk menghilangkan karat ini. Gosok dengan perlahan jangan sampai permukaan krom tergores. Lakukan berulang hingga karat terkikis dan hilang dari panel krom.

Supaya proses membersihkan krom mobil lebih optimal, saat di amplas Anda bisa semportkan lebih dulu dengan cairan perawatan krom. Tekniknya, semprot dengan cairan kemudian gosok dengan amplas. Ingat, lakukan secara perlahan dan bertahap sampai karat benar-benar hilang.

5. Lap dengan Kain Microfiber

Dop Mobil Chrome

Kalau chrome sudah kembali bersih, penampilan mobil klasik makin menarik

>>> Review Fiat 500 S 2014: Penerus Eksistensi Hatchback Ikonik Italia Bergaya Retro

Apabila karat sudah hilang, maka semprotkan lagi cairan pembersih krom atau pengkilap krom mobil dan biarkan sesaat. Kemudian lap dengan kain microfiber kering yang bersih untuk menghilangkan cairan tersebut dari permukaan panel krom. Setelah benar-benar kering, panel tersebut bisa dipasang lagi sesuai lokasinya di bodi mobil Anda.

Untuk beberapa kasus, karena usia mobil tersebut sudah sangat tua, ada panel yang tak bisa lagi menggunakan teknik membersihkan chrome mobil seperti ini. Anda butuh bantuan jasa chrome demi melapis ulang kembali permukaan panel yang sudah sangat berkarat tersebut. Biasanya biaya melapis ulang krom dihitung per panel yang akan dikrom.

Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top