Trik Ketika Ingin Ganti Ban Mobil Tapi Dananya Tidak Cukup

11/10/2019

Perawatan dan service

5 menit

Share this post:
Trik Ketika Ingin Ganti Ban Mobil Tapi Dananya Tidak Cukup
Ketika harus ganti ban mobil namun dana yang Anda miliki tidak cukup, maka bisa lakukan beberapa trik berikut ini. Tapi perlu diingat, tindakan ini hanya bersifat sementara. Jika sudah ada dana terkumpul, sebaiknya beli 4 ban baru untuk mobil Anda.

Seiring digunakannya mobil, maka lama kelamaan beberapa komponen pada mobil tersebut perlu untuk diganti. Termasuk juga ban. Akibat selalu bergesekan dengan permukaan jalan serta menanggung beban mobil, maka ban juga memiliki usia pakai.

Waktu yang tepat untuk ganti ban mobil bisa dengan melihat beberapa kondisi. Diantaranya tapak ban yang sudah menipis, atau dinding ban retak serta ada benjolan. Tapi bagaimana jika saat itu dana yang Anda miliki tidak cukup untuk mengganti keempat ban pada mobil Anda?

>>> Tanda-Tanda Ban Mobil Anda Harus Diganti

Berikut kami berikan triknya :

1. Ganti Sebagian

ban mobil baru

Saat hanya membeli dua ban, maka pasang untuk ban belakang

Mengganti ban mobil memang sejatinya dilakukan pada keempat ban tersebut. Namun jika dana yang ada tidak cukup untuk ganti ban mobil secara keseluruhan, maka bisa ganti sebagian. Misalnya dengan membeli dua ban saja.

Tapi perlu diperhatikan, saat membeli ban hanya sepasang, maka ban baru tersebut sebaiknya dipasang untuk ban belakang. Hal ini karena ban belakang berfungsi untuk mencengkram permukaan jalan ketika mobil bermanuver. Jadi jika kondisi ban belakang lebih baik, maka manuver mobil juga akan lebih baik.

>>> Promo mobil baru menarik ada disini

2. Beli Ban Bekas

ban mobil bekas

Jeli saat membeli ban mobil bekas

Jika dana untuk membeli ban baru juga tidak cukup, maka pilihan membeli ban bekas adalah alasan logis. Tetapi sebaiknya perhatikan dengan benar kondisi ban tersebut sebelum dibeli. Jangan sampai kondisi ban bekas yang dibeli lebih buruk dari ban mobil yang saat ini Anda gunakan.

Pastikan ukuran ban yang akan dibeli sama dengan ban yang saat ini sedang Anda pakai. Perhatikan juga tahun pembuatan ban bekas pakai tersebut. Sebaiknya pilih ban yang masa pakainya tidak lebih dari 5 tahun. Kemudian pastikan ban tersebut tidak terdapat bekas tambalan.

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas paling lengkap disini

3. Ban Vulkanisir

ban vulkanisir

Ban vulkanisir sebaiknya hanya bersifat sementara

Ini adalah langkah beresiko yang bisa Anda lakukan ketika harus ganti ban mobil namun terhimpit biaya. Yang perlu diperhatikan adalah, sebaiknya Anda membeli ban vulkanisir yang dikeluarkan oleh pabrik. Bukan membeli ban vulkanisir hasil buatan toko ban pinggir jalan.

Selain itu, saat harus memakai ban vulkanisir, sebaiknya jadikan ini hanya sementara. Saat dana sudah terkumpul, ganti ban mobil Anda dengan ban baru. Hal itu tentu berkaitan dengan keselamatan Anda saat berkendara.

>>> Tips dan trik lainnya ada disini

Share this post:
Prasetyo Adhi
Penulis
Prasetyo Adhi
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Kenali Penyebab Ban Tubeless Bocor, Ini Berbagai Alasan Di Baliknya

04/10/2019

Perawatan dan service

5 menit

Penyebab ban Tubeless bocor dikategorikan dalam dua hal yakni bocor halus dan bocor besar. Kedua hal tersebut nyatanya punya penyebab masing-masing. Maka dari itu, ada baiknya untuk memahami lebih lanjut, mengenali penyebab ban Tubeless bocor berikut ini.

Lihat juga

Musuh Utama Ini Membuat Usia Ban Pendek

30/09/2019

Perawatan dan service

3 menit

Meski memiliki peran penting, sayangnya ban kerap luput dari perawatan. Padahal dalam melakukan perawatannya cukup mudah, bahkan memiliki banyak manfaat. Tidak heran jika kemudian ban cepat aus dan harus diganti. Ada ancaman besar dari musuh utama yang membuat usia ban pendek. Apakah itu?

Lihat juga

Bagaimana Mencirikan Ban Mobil Yang Belum Pernah Dipakai?

30/09/2019

Perawatan dan service

5 menit

Mengingat perannya cukup krusial, dan menjadi bagian mobil yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan. Kita tentu tidak bisa asal dalam memilih ban, khususnya saat akan mengganti ban baru. Ada beberapa hal yang bisa dijadikan acuan untuk memastikan ban yang akan Anda beli sudah pernah dipakai atau belum, apa saja?

Lihat juga

Review BMW 320d 2014: Kata Siapa Sedan Mewah Tak Bisa Irit?

09/09/2019

Editor rate:

Saat mencari sebuah sedan mewah, tentu akan sulit menemukan kombinasi terbaik antara performa, kenyamanan, serta efisiensi bahan bakar. Namun, kami menemukan opsi yang dapat mengakomodir ketiganya, yakni sebuah BMW 320d 2014. Ingin tahu seberapa irit mobil ini? Simak review lengkapnya di bawah ini

Lihat juga

Toyota Sienta 2020: Harga mobil Toyota Sienta & Promo September

01/09/2020

Toyota

Tepat pada tanggal 2 September 2019, sebuah perubahan apik dari Toyota Sienta hadir untuk masyarakat Indonesia. Berdasarkan masukan positif dari konsumen, versi Facelift-nya kini meluncur. Berikut daftar harga Toyota Sienta terbaru.

Lihat juga