Trik Bikin Toyota Calya Modifikasi Ceper dan Keren

10/05/2020

Perawatan dan service

8 menit

Share this post:
Membuat penampilan Toyota Calya modifikasi ceper dan terlihat keren di jalan ternyata tidak sulit kok. Apalagi biayanya juga tidak terlalu mahal. Begini triknya

Modifikasi adalah langkah yang paling tepat untuk bisa membuat tampilan mobil jadi berbeda dibanding mobil lainnya. Terkadang modifikasi juga jadi alasan seseorang untuk menutupi kekurangan yang ada pada mobil tersebut. Misalnya ia membeli sebuah mobil dengan trim level paling rendah. Demi membuat penampilannya jauh lebih menarik atau setidaknya sama dengan varian paling mewah, maka ia menerapkan teknik modifikasi.

Modifikasi pun sah-sah saja dilakukan terhadap semua jenis mobil, termasuk LCGC 7 penumpang seperti duet Toyota Calya atau Daihatsu Sigra. Nah pada tulisan kali ini Cintamobil.com akan membahas mengenai Toyota Calya modifikasi termasuk Calya modifikasi ceper serta ditambahkan cutting sticker agar tampilannya berbeda dengan Toyota Calya lain. Yuk dibaca sampai habis.

1. Calya Modifikasi Ceper

Contoh modifikasi Toyota Calya

Demi membuat mobil ceper ada banyak cara bisa dilakukan, tapi sebaiknya jangan potong per

>>> Review Toyota New Calya 1.2 G 2019: Fitur Nambah Banyak, Cuman Lebih Mahal Rp 2 Juta...

Ceper merupakan bentuk modifikasi yang berfokus pada sistem suspensi mobil. Ketinggian mobil (ground clearance) dibuat lebih rendah dari normalnya. Aplikasi teknik modifikasi mobil ceper pun bisa dengan berbagai cara. Untuk Calya modifikasi ceper caranya pun bisa beragam. Paling ekonomis yaitu dengan memotong per bawaan Toyota 1-2 ulir kergantung seceper apa yang diinginkan. Namun tentunya hal ini tidak disarankan mengingat akan merubah konstruksi serta kekuatan per dalam menopang beban kendarana beserta penumpangnya.

Cara paling aman untuk membuat Toyota Calya lebih ceper adalah dengan menggunakan lowering kit yang memang didesain untuk Toyota Calya maupun Daihatsu Sigra. Dengan mengganti per standar menggunakan lowering kit, maka penurunan bodi masih cukup aman untuk pemakaian sehari-hari. Selain itu tidak ada risiko per patah atau rusak akibat dipotong. Nah kalau mobil mau dijual lagi pun bisa dikembalikan pada kondisi awal dengan memasang lagi per originalnya.

Cara terakhir untuk bisa membuat Calya modifikasi ceper adalah dengan memasang perangkat suspensi udara. Dengan cara ini suspensi standar pada mobil 7 penumpang itupun diganti dengan suspesi berbentuk balon udara. Saat balon mengembang maka mobil akan terlihat tinggi. Sementara ketika gas dikeluarkan dari balon suspensi, maka mobil terlihat ceper. Bahkan kondisi Calya modifikasi ceper dengan memakai supensi udara bisa sangat ekstrim. Kekurangnya, biaya pemasangan suspensi udara relatif mahal, bisa di atas Rp8 juta.

>>> Merawat Suspensi Udara Biar Bisa Ceper Tapi Nyaman

2. Calya Modifikasi Velg

Modifikasi virtual Toyota calya

Perhatikan lebar dan offset dari velg tersebut agar fitment pada fender terlihat manis

Setelah ketinggian mobil sudah sesuai keinginan Anda, maka tampilan Toyota Calya akan jadi lebih manis jika diikuti penggantian velg standar. Karena pada kondisi dari pabrik Calya dilengkapi velg ukuran 14 inci, maka kalau mau modifikasi velg cukup naikkan 2 step dari velg aslinya. Yaitu batas toleransi penggantian modifikasi velg Toyota Calya yakni memakai ukuran 16 inci jika mobil masih mau dipakai harian dan tidak memerlukan modifikasi lainnya seperti widebody.

Selain diameter velg tersebut, hal lain yang perlu diperhatikan saat akan mengganti velg standar dengan produk aftermarket adalah memperhatikan lebar serta offset (ET) velg tersebut. Karena hal ini akan berpengaruh pada mampu atau tidak velg bersandar proporsional di ruang fender mobil Anda.

Rekomendasi dari berbagai anggota komunitas Toyota Calya atau Daihatsu Sigra adalah lebar velg jika ingin mengganti velg standar tidak boleh lebih dari 7 inci. Sementara untuk offset bisa antara ET 30-40. Jika lebih dari ini maka ada risiko velg terlalu menjorok ke luar fender, atau bahkan velg dan ban membentur bibir fender bagian dalam.

>>> Pilihan paling lengkap Toyota Calya bekas yang berkualitas dan paling murah ada disini

3. Calya Modifikasi Stiker

Toyota Calya modifikasi

Pakai cutting stiker minimalis saja sudah keren buat harian

>>> Simaklah tips dan trik merawat dan service mobil lainnya di sini

Hal terakhir setelah Calya modifikasi ceper dan proses penggantian velg yang sesuai dengan fitment mobil, agar bisa tampil lebih keren dipakai harian atau nongkrong bareng teman-teman komunitas bisa dengan aplikasi bodi stiker. Pilihannya amat beragam mulai dari model sampai harganya.

Seperti kita ketahui, pada kondisi standar, baik Toyota Calya maupun Daihatsu Sigra tidak dilengkapi stiker pemanis pada bagian bodinya. Yang ada hanya emblem identitas mobil di bagian pintu bagasi belakang. Supaya mobil terlihat makin keren maka bisa ditambahkan bodi stiker.

Untuk yang mau penampilan mobil tetap simple, bisa pakai motif cutting stiker model stripping. Cukup beberapa garis yang membentang dari atas fender roda depan sampai fender roda belakang. Atau bisa juga dengan hanya pada bagian belakang setelah pilar B. Namun kalau mau tampil eye catching, stiker bodi dengan karakter animasi yang menutupi bodi juga layak jadi pilihan.

Tapi perlu diingat, kalau bodi sudah tertutup penuh oleh stiker, sebaiknya mobil dipakai buat kebutuhan kontes saja ya... Karena khawatir hal ini menyalahi peraturan lalu lintas di Indonesia. Nanti mobilnya sudah keren malah ditilang polisi deh...

>>> Tips dan trik menarik lainnya seputar mobil silahkan baca disini

Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top