Tips yang Perlu Diperhatikan untuk Merawat Jok Kulit

Tips yang Perlu Diperhatikan untuk Merawat Jok Kulit
Bukan hanya bagian mesin atau eksterior mobil yang harus dijaga, bagian interior mobil juga merupakan salah satu aspek yang membuat perjalanan menjadi nyaman, salah satunya dengan merawat jok kulit mobil. Bagian jok mobil, khususnya yang berbahan kulit, merupakan salah satu bagian yang mudah mengalami kerusakan jika tidak dirawat dengan baik.

Jok sangat menentukan kenyamanan berkendara, apalagi ketika menempuh perjalanan jauh. Karena itu, ada beberapa tips yang bisa teman lakukan untuk merawat jok kulit dan memperpanjang umurnya. Ada tiga tips dari Cintamobil yang bisa teman lakukan, yaitu,

1. Hindari jok kulit terkena sinar matahari langsung

Sinar matahari langsung bisa bersifat merusak bagi benda-benda yang ada di rumah. Apalagi bagi bagian dalam mobil yang menerima sinar matahari langsung, tentu saja membuat jok mobil menjadi cepat rusak. Jika interior mobil yang terbuat dari kulit terkena sinar matahari langsung untuk waktu yang lama, akan mempercepat terjadinya pecah-pecah atau warna yang memudar.

Pelindung matahari yang diselipkan pada bagian kaca depan mobil

Gunakan pelidung ketika memarkir mobil di bawah sinar matahari

Untuk meminimalisir hal ini, gunakan pelindung matahari di kaca depan jika mobil harus berada di bawah sinar matahari untuk waktu yang lama. Jika jendela samping dan kaca depan serta belakang tidak diwarnai untuk meminimalisir sinar matahari yang masuk ke dalam mobil, gunakan kaca film jika teman ingin memarkir mobil di hari-hari yang cerah.

2. Hindari benda besar dan tajam

Cara termudah untuk mencegah jok mobil pecah-pecah adalah memperhatikan apa yang ada di kursi. Jangan meletakkan benda-benda tajam yang bisa membuat kulit mobil menjadi robek atau meningkatkan goresan yang bisa membuat jok pecah-pecah. Selalu taruh benda besar di bagasi jika memungkinkan.

Jok mobil yang berbekas karena sobekan benda tajam

Jauhkan benda-benda tajam dari jok mobil

Selain itu, perhatikan juga bagian saku celana belakang yang bersentuhan langsung dengan jok. Hindari meletakkan dompet di saku belakang. Bukan hanya membuat jok mobil menjadi mudah pecah, namun hal ini juga bisa membuat bagian pantat mengalami resiko tersumbatnya aliran darah.

>>> Baca juga Proses mengganti bilah wiper pada mobil

3. Jangan biarkan jok kotor dalam waktu lama

Sangat penting untuk menjaga kebersihan jok mobil dan membersihkan bagian dalam secara teratur. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan bagian interior, khususnya bagian jok mobil.

  • Vacuum bagian kursi kulit dengan teliti untuk membersihkan kotoran-kotoran maupun debu yang menempel. Gunakan wadah vacuum dengan bulu lembut yang bisa masuk ke celah-celah yang ada di tempat duduk.

Vacuum berwarna hijau yang sedang menyedot debu dan kotoran yang ada pada jok kulit

Gunakan vacuum untuk membersihkan mobil

  • Bersihkan jok kulit dengan menggunakan cleaner yang lembut. Kulit perlu dibersihkan sebelum menggunakan kondisioner. Bersihkan jok kulit dengan handuk lembab atau pembersih bahan kuilt. Pastikan untuk tidak menggunakan sabun yang keras atau pembersih kulit murah yang terbuat dari pelarut minyak, glossing, atau minyak silikon. Meskipun bersifat membersihkan, namun bahan ini bisa merusak permukaan kulit dalam jangka panjang.
  • Berikan kondisioner untuk menjaga bagian kulit. Menggunakan kondisioner yang aplikator kulit berkualitas tinggi akan menjaga jok kulit. Gunakan kondisioner yang memiliki pH tinggi. Perhatikan pembersih yang digunakan. Jika menggunakan sembarang pembersih karena ingin menghemat pengeluaran, bersiaplah untuk kehilangan duit lebih banyak untuk mengganti jok kulit yang rusak.

>>> Baca juga tips merawat mobil lainnya disini

Mempunyai interior yang bagus bukan hanya menyenangkan untuk dipakai, tapi teman juga harus memikirkan bagaimana merawat dan menjaga agar tidak mudah rusak. Merawat jok kulit merupakan salah satu bagian penting dalam merawat interior mobil, dan pastikan untuk selalu menjaga interior mobil tetap bersih selama mengemudi.

Gunakan tips disini untuk mencegah bagian jok kulit menjadi pecah-pecah.

 
back to top