Tips Rawat Kaca spion Mobil Paling Jitu

29/03/2021

Perawatan dan service

1 menit

Share this post:
Tips Rawat Kaca spion Mobil Paling Jitu
Ada lima tips jitu yang Anda dapat terapkan untuk merawat kaca mobil kesayangan Anda agar spion dapat berfungsi dengan baik dan awet.

Merawat mobil merupakan sebuah kebiasaan yang harus selalu dilakukan secara berkala oleh para pemiliknya. Mobil, layaknya kendaraan pribadi yang digunakan hampir setiap hari, membutuhkan servis rutin agar selalu dalam kondisi prima. Dengan selalu memperhatikan mobil, maka kenyamanan Anda dalam berkendara akan tetap terjaga.

Perawatan mobil tidak hanya terbatas pada mesinnya saja. Sebagai pemilik mobil yang juga mementingkan keselamatan, berbagai bagian mobil yang menunjang keamanan saat berkendara pun harus diperhatikan dengan seksama. Salah satu bagian mobil yang harus diberikan perhatian khusus adalah kaca spion.

Kaca spion memiliki fungsi yang krusial saat mengendarai mobil. Dengan kaca spion mobil, sang pengendara dapat melihat kondisi jalan di belakang mobil. Pengendara pun dapat menentukan gerak mobil yang dikendarai dengan mengetahui keadaan di sekelilingnya.

Pentingnya fungsi kaca spion menjadi alasan utama mengapa pemilik mobil wajib memastikan kaca spion berada dalam kondisi yang baik. Lantas, bagaimana cara untuk merawat kaca spion mobil agar selalu awet dan terjaga kualitasnya?

Segera Bersihkan saat Spion Basah

Kaca Spion Mobil Penting pada Mobil

Kaca spion mobil berfungsi untuk melihat kendaran di belakang

Kerusakan yang paling rentan terjadi pada kaca spion mobil adalah karat di engsel penggeraknya sehingga spion menjadi sulit diatur. Spion yang tidak berada dalam posisi yang tepat tentu mengganggu Anda saat sedang berkendara. Oleh karena itu, sebisa mungkin, Anda harus mencegah karat muncul pada spion.

Untuk mencegah spion menjadi berkarat, maka Anda harus rajin membersihkan dan mengeringkan spion, terutama saat kaca spion pada mobil terkena air hujan. Air dan lumpur dari jalanan yang biasanya terciprat ke spion saat berkendara di tengah hujan sering menjadi alasan utama dari timbulnya karat.

Gunakan Sabun dan Kanebo

Hal yang perlu Anda hindari saat membersihkan spion adalah memakai lap kain sembarangan. Pasalnya, lap kain kurang efektif untuk membuat spion bersih. Gunakanlah lap kanebo yang cepat menyerap air dan bertekstur lebih halus dari kain. Kemudian, ada baiknya Anda mempersiapkan kanebo yang khusus digunakan untuk membersihkan kaca spion.

Saat sedang merawat kaca spion pada mobil dengan kanebo, gunakanlah air yang telah dicampur dengan sabun. Sabun berguna untuk membuat kaca lebih cemerlang sekaligus memudahkan Anda mengangkat bercak lumpur yang ada pada kaca spion.

Gunakan Cairan Pembersih Kaca untuk Hindari Jamur

cara menggunakan lampu sein

Cara menggunakan lampu sein yang benar 

Selain karat, masalah pada spion mobil adalah jamur. Kaca spion pada mobil sering kali berjamur akibat mobil sering diparkir di bawah sinar matahari langsung. Untuk menghindari jamur, Anda perlu membeli cairan pembersih kaca spion. Secara rutin, oleskan cairan tersebut pada spion mobil Anda. Jangan lupa untuk memilih cairan yang kadar bahan kimianya rendah agar tidak merusak kaca.

>>> Jangan Asal, Begini Cara Bersihkan Kaca Spion

Lipat Spion Saat Mobil Diparkir

Membersihkan kaca mobil itu penting

Pentingnya membersihkan kaca mobil 

Perawatan spion mobil bukan hanya sebatas membersihkannya saja. Anda juga dapat membiasakan diri untuk melipat kaca pion mobil saat diparkir sebagai bentuk perawatan kaca spion. Kebiasaan melipat kaca spion berguna untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti lecet atau spion patah akibat tersenggol orang lain.

Memakai Pelumas Silikon

Agar kaca spion mobil tetap dapat bergerak dengan fleksibel, maka Anda juga dapat mengoleskan cairan pelumas pada engselnya. Oleskan secara berkala sehingga spion tidak akan macet saat digerakkan.

Kelima tips di atas dapat Anda terapkan pada kaca spion mobil kesayangan Anda. Mari mulai merawat kaca spion dan bagian mobil lainnya agar mobil selalu terasa aman dan nyaman saat dikendarai.

Ingin mendapatkan lebih banyak informasi seputar dunia mobil, tips dan trik, atau review mobil terkini? Kunjungilah cintamobil.com. Selain berita paling up-to-date tentang dunia mobil, cintamobil.com juga menyediakan layanan jual beli mobil tepercaya di Indonesia. 

>>> Benzena, 'Silent Killer' di Dalam Mobil


 

Share this post:
Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.
 
back to top