Tips Perawatan: Merawat Mitsubishi Xpander Ternyata Tidak Semahal yang Dikira

Share this post:
Tips Perawatan: Merawat Mitsubishi Xpander Ternyata Tidak Semahal yang Dikira
Mitsubishi Xpander yang baru diperkenalkan tahun lalu mampu menjadi tonggak adalan Mitsubishi untuk segmen Low MPV. Meskipun banyak yang mengungkapkan bahwa biaya perawatan produk Mitsubishi agak mahal, tapi merawat Mitsubishi Xpander terbilang mudah dan murah.

Xpander menjelma menjadi salah satu kekuatan Mitsubishi dalam segmen Low MPV hanya dalam waktu kurang dari satu tahun. Mendapatkan teknologi turunan Pajero Sport, merawat Mitsubishi Xpander tidak membutuhkan penanganan yang susah, begitu yang dijelaskan oleh Yudi Sunarto, Head Service PT. Andalas Berlian Motors, rekanan Mitsubishi untuk regional Padang, Sumatera Barat

Beberapa waktu lalu, konsumen Xpander memang dihebohkan dengan adanya masalah idle up yang membuat rpm tiba-tiba melonjak, biasanya ketika pagi hari dengan keadaan AC sedang menyala. Namun, Mitsubishi dengan cepat menanggulangi masalah ini dan memberikan upgrade untuk sistem koputerisasi di seluruh diler Mitsubishi di seluruh Indonesia.

Gambar yang menunjukan mobil baru Mitsubishi Xpander berwarna silver

Merawat Mitsubishi Xpander ternyata tidak sesulit yang diduga

Dalam wawancara bersama Cintamobil, Yudi menjelaskan, ”Sebenarnya ini sudah diberitahu oleh pabrik. Jadi pada bulan Maret ketika barangnya datang, semua pelanggan sudah mendapatkan sms dari pabrik di Jakarta. Jadi waktu servis, kami melakukan upgrade. Apakah pelanggan meminta atau tidak, kami langsung melakukan upgrade.”

Lebih lanjut, Yudi mengungkapkan bagaimana perawatan terhadap Xpander yang mendapatkan teknologi turunan Pajero yang dibuat menyerupai Middle Class MPV tersebut. “Xpander merupakan baby-nya Pajero [Sport]. Jadi semua teknologi yang disematkan di Pajero juga diberikan pada Xpander.”

>>> Baca juga tips perawatan lainnya disini

Akibatnya, perawatan dibuat menjadi semakin mudah, karena Xpander mendapatkan pengembangan langsung dari Jepang. "Baik dari segi eksterior atau interior, Mitsubishi mengembangkan Xpander selama 3 tahun. untuk pasar Indonesia, Mitsubishi mempelajari kebutuhan konsumen: memuat Xpander dengan harga Low MPV tapi kualitas yang setara dengan Middle MPV."

Gambar yang menunjukan mobil baru Mitsubishi Xpander bersama Yudi Sunarto Head Service PT Andalas Berlian Motors

Yudi Sunaryo, Head Service PT. Andalas Berlian Motors

Beberapa pengulas menjelaskan bagaimana merawat Mitsubishi Xpander membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun, jika ditelusuri lebih lanjut, perawatan salah satu Low MPV kebanggaan Mitsubishi ini cukup mudah dan tidak memakan biaya yang banyak. Terlebih, Mitsubishi memberikan gratis perawatan dan spare part selama 50.000 km pertama.

>>> Baca juga review Mitsubishi Xpander Ultimate 2018

Bahkan, untuk pengemudian sendiri, Yudi menjelaskan, “Xpander sudah memiliki teknologi komputerisasi yang sudah canggih. Jadi, sistem akan mempelajari gaya mengemudi. Bagi pengendara yang suka ngebut, komputer akan menyesuaikan. Sama dengan pengemudi yang suka santai, sistem akan membuat pengendaraan menjadi santai. Dan itu tidak dipunyai oleh kompetitor.”

Perawatan Xpander ternyata sama bahkan lebih mudah dari lawannya, sekelas Avanza atau Confero S. “Sebenarnya, untuk perawatan sama dengan mobil lain. Tapi untuk Xpander, yang kita khususkan adalah memakai feeling. Karena pengemudian yang enteng; gas yang enteng, rem yang enteng. Jadi butuh feeling yang lebih untuk perawatan,” ungkap Yudi.

Gambar yang menunjukan bengkel resmi Mitsubishi di PT Andalas Berlian Motors di Sumatera Barat

Diler Xpander sudah menyediakan sistem booking untuk mempermudah perawatan

Bagi Anda yang ingin melakukan servis atau merawat Mitsubishi Xpander, Mitsubishi sudah menyediakan sistem booking yang bisa dilakukan di seluruh diler resmi Mitsubishi seantero Nusantara. Anda bisa menelpon ke nomor telepon +62-804-1-300-300 untuk Mitsubish pusat. Dari sana, Anda akan ditujukan ke diler resmi regional Mitsubishi di kota Anda.

>>> Baca juga tips dan trik lainnya disini

Share this post:
 
back to top