Tips Pasang Cover Jok Avanza yang Keren Tapi Murah

21/05/2020

Perawatan dan service

8 menit

Share this post:
Tips Pasang Cover Jok Avanza yang Keren Tapi Murah
Bagi par apemilik Toyota Avanza, berikut ini adalah tips pasang cover jok Avanza untuk membuat penampilan kabin lebih keren namun tidak mengeluarkan biaya mahal.

Beberapa langkah modifikasi mobil di sisi interior adalah dengan modifikasi bagian jok. Caranya bisa dengan pasang cover jok mobil, mengganti dengan pelapis jok paten, atau malah mengganti jok bawaan mobil dengan jok racing.

Tentunya ketiga opsi modifikasi interior mobil itu memerlukan biaya yang berbeda pula. Opsi paling ringan adalah dengan memasang cover jok. Meskipun terbilang langkah yang paling mudah dan murah, namun teknik ini mampu membuat penampilan interior mobil Anda berbeda dari sebelumnya.

Nah kali ini tim Cintamobil.com akan membahas mengenai bagaimana teknik modifikasi interior mobil dengan mengganti cover jok. Utamanya teknik memasang cover jok Avanza bagi pemilik mobil sejuta umat tersebut. Mau tau apa saja yang harus diperhatikan? Baca artikel ini sampai habis ya!

1. Perhatikan Bahan yang Digunakan

Bahan cover jok mobil

Cover jok berbahan kulit sintetis biasanya lebih kaku dan kasar tapi harganya jauh lebih murah

Saat akan memasang cover jok Avanza maupun mobil lainnya, maka yang pertama kali harus dipertimbangkan yaitu bahan dasar dari pelapis jok yang akan dipakai. Dipasaran tersedia dua jenis bahan pelapis jok yang paling sering dipakai sebagai cover jok mobil, yaitu kulit asli dan kulit sintetis.

Untuk material kulit asli tentunya berbahan dasar kulit hewan. Biasanya hewan yang dipilih adalah sapi yang kemudian kulitnya dikeringkan lebih dulu dan diberi bahan pengawet dengan proses kimia tertentu. Sedangkan untuk bahan kulit sintetis menggunakan material Poly Vynil Chloride (PVC) atau Poly Urethane (PU) yang diolah sedemikian rumah sehingga menjadi lembaran pelapis jok dan diberi pewarna.

Kedua material ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk kulit asli tentunya lebih lembut dibanding kulit sintetis serta terasa lebih sejuk meski bersentuhan dengan kulit manusia dalam waktu lama. Sementara untuk kulit sintetis teksturnya kasar dan kaku serta cenderung pengap jika bersentuhan dengan kulit manusia dalam waktu lama. Sayangnya harga material pelapis jok dari bahan kulit asli bisa dua kali lipat lebih mahal dari kulit sintetis.

>>> Ini Teknik Modifikasi Jok Mobil yang Baik Buat Kesehatan

2. Sesuaikan Warna dan Motif dengan Kabin Mobil

Warna sarung jok Toyota Avanza

Pilih warna mencolok sah-sah saja jika itu keinginan si pemilik mobil

>>> Beda Material Beda Cara, Begini Cara Membersihkan Jok Mobil

Saat memutuskan untuk memasang cover jok Avanza maka perlu untuk memperhatikan warna dan motif jahitan dari cover jok tersebut. Memang, semuanya kembali pada selera masing-masing pemilik mobil. Namun ada beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan.

Untuk material berbahan dasar kulit asli, biasanya warna yang tersedia hanya hitam cokelat tua, cokelat muda, atau putih. Sementara untuk cover jok berbahan dasar kulit sintetis warnanya amat beragam. Anda bisa menggunakan warna-warna mencolok sekalipun misalnya ungu, oranye, merah muda, kuning, atau hijau muda.

Biasanya warna cover jok akan disesuaikan dengan warna material interior lainnya. Jika kabin mobil bernuansa hitam, maka cover jok berwarna hitam akan membuat nuansa kabin lebih seragam. Sedangkan jika pada kabin ada aksen silver atau merah, maka cover jok yang dipasang bisa juga diberi aksen merah atau silver. Tapi tentunya memakai warna-warna mencolok masih tetap sah dilakukan jika itu keinginan si pemiik mobil.

Pola jahitan cover jok mobil

Pola jahitan yang diperhatikan akan membuat sentuhan berbeda pada kabin mobil Anda

Begitupun dengan pola jahitan atau motif dari sarung jok tersebut. Kerap kali untuk mobil-mobil klasik atau retro pola jahitan yang cocok adalah yang horizontal atau vertikal. Sementara untuk mobil-mobil modern atau mobil sport, bisa memakai pola jahitan asimetris yang senada dengan tema eksterior serta interior mobil tersebut yang cenderung sporty atau futuristik.

>>> Cari Toyota Avanza bekas berkualitas? Cuma di Cintamobil.com pilihannya paling lengkap

3. Harga Cover Jok Avanza

Sarung jok mobil Avanza

Untuk harga cover jok Avanza harganya mulai dari Rp750.000 tergantung merek bahan yang dipakai

Setelah mengetahui bahan, warna, serta motif yang akan dipakai sebagai cover jok Avanza, kini saatnya mempertimbangkan harga cover jok Avanza yang sesuai budget Anda. Perlu diketahui, biasanya seat maker menetapkan dua macam harga untuk modifikasi jok mobil. Yaitu harga untuk mobil 2 baris jok, dan mobil dengan 3 baris jok. Nah untuk Toyota Avanza masuk dalam kategori mobil 3 baris jok.

Selain itu harga cover jok mobil akan berpengaruh pada material yang digunakan. Jika memilih kuit sintetis harganya mulai dari Rp750.000 hingga Rp2.000.000 untuk bahan yang cukup berkualitas. Sementara untuk material kulit asli harganya mulai dari Rp3.500.000 hingga Rp5.000.000 atau bahkan lebih.

>>> Tips dan trik lainnya untuk perawatan mobil Anda bisa dibaca disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Mengenal Jok Balap Berdasarkan Konstruksi Dan Ajang Kompetisinya

26/10/2019

Pengemudian

4 menit

Aplikasi jok balap tak bisa sembarangan karena akan terkait keselamatan. Untuk itu, jok balap bisa dibedakan berdasarkan kompetisi dan peruntukkannya

Lihat juga

Menentukan Bahan Sarung Jok Mobil, Pilih Kulit Asli atau Kulit Sintetis?

01/09/2019

Perawatan dan service

5 menit

Pilihan bahan sarung jok mobil yang banyak digunakan oleh pemilik kendaraan adalah bahan kulit asli dan bahan kulit sintetis. Apa saja perbedaan kedua bahan ini?

Lihat juga

Menghilangkan Noda Minuman yang Tumpah di Jok Mobil dan Sudah Mengering

Sebelum Anda membawanya ke car wash / detailing, ada baiknya Anda coba dulu lakukan sendiri menghilangkan noda minuman yang tumpah di jok mobil dan sudah mengering. Anda bisa berhemat puluhan ribu rupiah yang bisa Anda gunakan untuk keperluan lain.

Lihat juga

Review Toyota Avanza 2019: Demi Eksistensi Di Tengah Kompetisi

17/01/2019

Editor rate:

Hadirnya Mitsubishi Xpander dan Suzuki Ertiga dalam 2 tahun terakhir membuat Toyota berbenah dengan MPV andalannya, Toyota Avanza. Belum genap sebulan tahun 2019, PT Toyota Astra Motor (TAM) sudah memperkenalkan produk keduanya yakni Toyota Avanza 2019. Apa perubahan Toyota Avanza 2019? Berapa harga Toyota Avanza terbaru ini? Mari simakl review Toyota Avanza 2019 terlengkap di bawah ini.

Lihat juga

Harga Avanza 2020: Harga mobil Toyota Avanza & Promo November

01/11/2020

Toyota

Awal tahun ini, Toyota menghadirkan gebrakan baru lewat produk ‘Mobil Sejuta Umat’, tak lain adalah Avanza. Tepat di tanggal 15 Januari 2019, Toyota Avanza terbaru hadir dalam model Facelift. Segala hal dibuat baru sehingga terlihat lebih menarik daripada versi sebelumnya. Berapa sih harganya? Inilah dia daftar harga Toyota Avanza terbaru.

Lihat juga
 
back to top