Tips Pasang Baut Roda Aftermarket: Jangan Asal Murah atau Desain yang Menarik

04/01/2020

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
Tips Pasang Baut Roda Aftermarket: Jangan Asal Murah atau Desain yang Menarik
Meski ukurannya kecil, namun baut roda aftermarket memiliki fungsi yang vital dalam menahan beban velg sekaligus mengikatnya velg pada teromol mobil.

Demi mendapatkaan tampilan yang lebih keren, detail terkecil bisa membuat penampilan mobil Anda terlihat menjadi lebih modis. Sehingga modifikasi seringan apapun akan berdampak pada tampilan mobil secara keseluruhan. Salah satunya adalah dengan mengaplikasi baut roda tipe aftermarket. Meskipun memiliki dimensi yang kecil, namun baut roda memiliki fungsi vital dalam mengikat roda agar selalu terpasang dengan optimal, selain menyumbang nilai plus pada tampilan kaki-kaki. 

>>> Begini Cara Mengendurkan & Mengencangkan Baut Roda Yang Benar Dan Aman

Foto macam baut roda aftermarket

Aplikasi baut roda aftermarket harus sesuai dengan velg yang digunakan

Fungsi utama baut roda tak lain sebagai pengaman velg tetap menempel pada teromol roda dengan sempurna. Namun Anda juga perlu memperhatikan ukuran dan jenisnya baut roda aftermarket yang memiliki jenis berbeda. Jika melihat bentuknya, baut roda memiliki 3 jenis yang berbeda, yakni model acorn, ball dan flat. Yang menjadi permasalahan adalah, umumnya setelah ganti velg, tak jarang pemilik mobil yang tak menyadari bahwa bentuk lubang baut roda pada bawaan velg tidak sesuai dengan baut roda tipe aftermarket. "Sehingga baut rodanya tidak mengunci dengan baik," ujar Karman dari gerai Pesona Ban, di bilangan Jatiwaringin, Jakarta Timur. Jadi, ketika melakukan penggantian velg, disarankan mengganti baut roda tipe aftermarket yang sesuai dengan lubang pada peleknya.

>>> Pilihan mobil untuk tahun baruan bisa Anda lihat di sini

Foto jenis baut roda

Jenis baut roda dilihat dari modelnya. Awas jangan sampai tertukar atau salah pasang

Hal tersebut bertujuan agar, velg dapat mengunci dengan sempurna dan tidak mudah rusak jika terkena guncangan saat berkendara."Kalau sampai keliru, seperti baut roda tipe ball dipasang di lubang tipe acorn, tentu akan membuat velg tak bisa mengunci dengan sempurna," tambah karman. Sementara tipe flat (dudukan rata), dianggap memiliki tingkat kepresisian yang tinggi lantaran dapat mengunci velg dan roda lebih optimal. 

>>> Tips perawatan mobil lain bisa Anda lihat di sini

Foto jenis dan desain baut roda aftermarket

Baut roda aftermarket yang berkualitas memang mahal, namun sebanding dengan kualitas dan kekuatannya

Selain dari bentuknya, pemilihan baut roda versi aftermarket juga harus memperhatikan materialnya. Saat ini banyak beredar model aftermarket yang secara kasat mata memiliki tampilan yang menarik, namun dibuat dengan material yang kurang baik, sehingga rentan mengalami slek saat dibuka di kemudian hari. Umumnya disarankan menggunakan baut roda dengan material yang ringan dan kuat, dengan bahan dasar baja, aluminiun alloy hingga bahkan material eksotik seperti duralumin. “Buka sekedar gaya-gayaan, lantaran akan memiliki kekuatan yang sudah teruji baik di ajang balap atau lewat sesi pengetesan yang panjang,” pungkas Karman. 

>>> Klik di sini untuk menyimak artikel tips dan trik lainnya

Share this post:

Berita lain

Yuk Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Mobil Penggerak Roda Belakang

17/11/2019

Pengemudian

5 menit

Setiap mobil punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Termasuk kelebihan dan kekurangan mobil penggerak roda belakang dibanding mobil penggerak roda depan.

Lihat juga

6 SUV Penggerak Empat Roda Harga 100 jutaan

28/04/2019

Jual beli

3 menit

SUV penggerak empat roda bisa menjadi jawaban Anda jika membutuhkan mobil yang memiliki kapabilitas off-road mumpuni, namun lebih nyaman untuk harian. Kini, SUV penggerak empat roda semakin bervariasi dengan harga pasaran lebih terjangkau. Berikut 6 SUV penggerak empat roda harga 100 jutaan yang mungkin pas untuk Anda

Lihat juga

Tips Pengecekan Sebelum Membeli Mobil Penggerak Empat Roda

28/04/2019

Jual beli

Mengecek kondisi mobil penggerak empat roda memang tak berbeda dari mobil pada umumnya. Namun ada beberapa detail komponen yang perlu diperhatikan agar menghindari membengkaknya biaya perbaikan di kemudian hari

Lihat juga

Berikut Tips Mencuci Velg yang Benar di Musim Hujan

04/01/2020

Perawatan dan service

4 menit

Tak hanya bodi mobil, kebersihan velg sangat penting terlebih di musim penghujan. Agar lebih optimal, kami akan berikan tips mencuci velg yang benar berikut ini

Lihat juga

Ingin Membeli Pelek Bekas? Simak Tipsnya Berikut Ini

23/10/2019

Jual beli

3 menit

Memilih dan membeli pelek bekas memang tak mudah, karena akan berpengaruh tak hanya pada tampilan, namun pada kenyamanan dan keamanan saat berkendara

Lihat juga