Tips Merawat Velg Mobil

Share this post:
Tips Merawat Velg Mobil
Untuk pengguna mobil, ada kalanya perlu membersihkan velg atau palek mobil. Selain terlihat kinclong, merawat dan membersihkan velg mobil dapat membantu memperpanjang usia velg.

Ban merupakan komponen yang berfungsi vital pada sebuah kendaraan jadi kita  harus memberikan perlakuan khusus dalam perawatannya. Pemakaian dan cara perawatan ban yang tepat sangat diperlukan untuk menunjang faktor kenyamanan serta keamanan saat berkendara. Kali ini kita akan diskusi tentang tips merawat velg mobil supaya mobil Anda selalu dirawat dengan baik.
 

anak-anak sedang mencuci velg mobil

Merawat velg mobil secara rutin

 

Perhatikan 6 langkah berikut untuk merawat pelek agar selalu kinclong:

1. Pelek banyak palang kadang susah dibersihkan karena celahnya sempit. Pakai sikat halus, atau sikat gigi dengan gagang karet agar tidak menggores permukaan pelek. Perhatikan juga baut-baut, celahnya kadang luput dari perhatian.

2. Pakai cairan khusus pembersih pelek, jangan menggunakan sabun asal-asalan. Setelah mobil dicuci bersih, bagian pelek dicuci lagi dengan sabun khusus, segera keringkan!
 

>>> Baca juga: Tips merawat ban mobil

laki-laki sedang membersihkan velg mobil dengan sabun khusus

Hati-hati saat merawat velg mobil 

3. Hati-hati dengan pelek berlapis krom. Ada cairan pembersih sendiri yang membuat kilapnya tetap terjaga.

4. Proses pembersihan gunakan kain lembut, atau bisa juga kain microfiber. Intinya, perlakukan sama seperti ketika mengelus-elus bodi mobil, karena pelek juga rentan baret.
>>> Untuk tips dan trik merawat mobil lainnya, klik sini

 

5. Usahakan tidak memakai bahan abrasif atau asam, apa pun bahan pembuat peleknya. Jika terkena noda membandel seperti aspal, cukup dengan cairan pembersih khusus, bukan bensin atau minyak tanah.

6. Siapkan waktu khusus, tidak perlu terlalu sering, minimal tiga bulan sekali untuk melepas pelek agar lebih teliti dibersihkan hingga bagian dalam ban.

Inilah 6 langkah untuk merawat pelek mobil Anda. Semoga bermanfaat sobat-sobat.
>>> Klik sini untuk membaca tulisan lain tentang pengalaman, tips dan trik pemakaian mobil

Share this post:
 
back to top