Tips Merawat Kendaraan Niaga saat Tidak Beroperasi

18/05/2020

Perawatan dan service

2 menit

Share this post:
Ketika sedang tidak digunakan, jangan lupakan beberapa tips merawat kendaraan niaga dari Daimler Indonesia agar kondisi mobil bisa terjaga dan tetap prima.

Pemerintah Indonesia masih memberlakukan pelarangan mudik serta Pembatasan Sosial Berskala Besar. Berdampak pada berkurangnya armada truk maupun bus yang beraktivitas di jalan. Untuk merawat kendaraan niaga yang tidak beroperasi, Daimler Commercial Vehicles Indonesia berikan tips untuk pemilik truk maupun kendaraan niaga lainnya.

1. Cuci kendaraan secara berkala

Gunakan jet air dan sabun netral. Sebisa mungkin hindari penggunaan produk sabun atau materi yang dapat merusak komponen cat dan bisa menyebabkan korosi pada komponen logam kendaraan. Keitka mencuci kendaraan niaga, lindungi intake udara mesin untuk mencegah masuknya air dan mencegah kerusakan filter. Jangan lupa bersihkan bagian kabin dengan kain lembab.

2. Perhatikan oli dan sistem pelumasan

tangan yang sedang mengganti oli truk
Merawat kendaraan niaga bisa dengan mengganti oli tepat waktu

Periksa level oli gardan, oli transmisi manual/otomatis, transfer case, retarder, hingga gigi kemudi. Untuk menjaga kendaraan berada dalam kondisi maksimal, jangan lupa mengganti oli sesuai dengan rekomendasi yang tertera pada buku manual atau bengkel resmi. Jangan lupa membersihkan dan menutup saluran transmisi/gardan/mesin dengan selotip.

>>> Tips Berkendara Aman Bagi Pengemudi Truk dan Bus Ala Daimler

3. Cek sistem rem

Tak jarang berita tentang truk yang meluncur ketika sedang parkir menjadi penyebab kecelakaan di Indonesia. Letakkan ganjal ke roda kendaraan untuk menjaga mobile tetap diam. Bagi truk atau kendaraan yang dilengkapi dengan rem cakram, Anda bisa memberikan lapisan tipis oli pelindung ke cakram rem dengan menggunakan oli WD-40 atau sejenisnya.

4. Perhatikan kondisi ban

teknisi yang sedang mengecek kondisi ban truk
Jangan lupa mengecek kondisi ban meskipun tidak sedang digunakan

Ketika mobil tidak digunakan, ban yang terletak akan menahan bobot mobil. Tambah tekanan angin pada ban sekitar 2 bar di atas tekanan angin yang disarankan agar ban tidak berubah bentuk. Hindari kontak langsung ban dengan sinar matahari serta oli dan bahan kimia lainnya yang bisa merusak kondisi karet ban.

>>> Promo mobil baru yang menarik buat Anda ada disini

5. Cek suspensi udara (jika ada)

Bagi truk yang menggunakan suspensi udara, lepaskan batang kendali suspensi udara dan turunkan ketinggian kendaraan untuk mencegah kerusakan pada kantong/balin udara. Kosongkan angin dalam sistem reservoir sistem pneumatic (rem dan suspensi). Pastikan kantong/balon udara tidak tersangkut di antara stopper suspensi dan pelat.

6. Tiriskan bahan bakar

Kendaraan yang menggunakan bahan bakar biodiesel rentan mengalami penumpukan lumpur, mikroba, akumulasi air yang terkondensasi serta potensi penyumbatan kotoran pada sistem bahan bakar. Tiriskan tangki dan sistem bahan bakar menggunakan wadah plastik/jerigen dan simpan di ruangan yang tidak terkena sinar matahari langsung.

>>> Tips Berkendara Aman Menghadapi Truk di Jalan

7. Bersihkan mesin

tangan yang sedang memeriksa mesin truk
Jangan lupa bersihkan dan periksa mesin untuk menjaga kendaraan tetap prima

Ketika mobil tidak sedang digunakan, bisa menjadi waktu yang tepat untuk membersihkan mesin. Dalam merawat kendaraan niaga, terutama pada bagian mesin, Anda bisa mengidentifikasi masalah atau kerusakan yang mungkin ada. Nyalakan mesin hingga mencapai suhu operasi normal 70 derajat Celcius hingga 95 derajat Celsius. Matikan mesin dan tiriskan oli pelumas dari bak mesin.

8. Cek komponen-komponen dan sistem

Ketika truk diam untuk waktu yang cukup lama, beberapa komponen membutuhkan perhatian ekstra. Seperti baterai/aki, cairan pendingin udara, dan lainnya. Anda bisa memberikan tanda pada kaca depan atau panel kendaraan untuk meginformasikan bahwa kendaaan tidak dioperasikan dalam jangka waktu tertentu.

Meskipun sedang tidak digunakan, merawat kendaraan niaga tidak bisa sembarangan. Jangan lupakan perlakukan dan tips menjaga kondisi kendaraan agar tetap prima sehingga mobil bisa langsung bekerja dengan baik ketika akan digunakan nantinya.

>>> Berbagai tips trik lainnya bisa dibaca disini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top