Tips Merawat Kaca Spion Mobil

Share this post:
Tips Merawat Kaca Spion Mobil
Saat berkendara di musim hujan, kemampuan untuk mengamati lingkungan sekitar kendaraan terganggu karena pandangan kaca spion yang buram. Kotoran dan air yang ada di lapisan kaca spion membuat cahaya dipantulkan tidak sempurna.

Spion mobil adalah alat untuk membantu Anda melihat kondisi di belakang mobil Anda. Jadi untuk perjalanan Anda dengan mobil aman dan nyaman, jangan lupa merawat bagian kecil ini. Di bawah ini cintamobil.com berikan beberapa tips merawat kaca spion mobil.

Seorang laki-laki sedang membersihkan bercak air hujan di spion mobil
Membersihkan bercak air

1. Cara Membersihkan Bercak Air

Jika mobil terkena air yang mengandung asam seperti air hujan, di beberapa bagian mobil akan timbul flek-flek keputihan bergaris dan buram, khususnya kaca spion. Cara terbaik untuk membersihkan bercak air tersebut adalah dengan mencampurkan cuka dan air dengan ukuran perbandingan 2:1. Cuka adalah zat asam yang aman untuk kaca spion, jadi jangan khawatir.

gambar dua kaca spion mobil satunya dibersihkan dengan shampoo dan satunya adalah hasil setelah dirawat
Membersihkan lumpur

>>> Baca juga: Cara mudah mengatur kaca spion

2. Cara Membersihkan Lumpur

Sisa-sisa lumpur dari cipratan di jalan sangat menganggu pandangan dari spion mobil. Untuk menghilangkan lumpur yang sudah lama dan kering, bersihkan dengan cara khusus sebagai berikut. Mengambil air dan campurkannya dengan sabun atau shampo khusus untuk mobil. Lalu siram ke spion dan diamkan selama beberapa saat dan  ulangi sekali lagi. Setelah yang kedua kali, siramkan air bersih dengan tekanan kecil. Setelah bersih, gosok perlahan dengan campuran shampo sisanya.

orang sedang memakai air untuk membersihkan kaca spion mobil
Membersihkan karat di spion

>>> Klik sini untuk lanjut membaca tulisan lain tentang pengalaman merawat, servis mobil

3. Membersihkan Karat di Spion

Karat yang terletak di dalam spion dalam waktu lama akan merusak spion dan menyusahkan dalam gerak dan pengaturan. Namun ada cara yang khusus untuk membersihkan karatnya. Anda harus membuka spion dan bersihkan dengan kuas kecil. Kalau tidak bisa dan dirasa sulit dalam membersihkannya, gosok saja dengan amplas halus. Setelah bersih, dilap dengan lap halus sampai karatnya hilang. Setelah selesai proses membersihkannya, pasang kembali spion elektriknya.
Merawat kaca spion mobil secara rutin akan memanjangkan umurnya. Jadi jangan malas untuk membersihkan spion mobil.
>>> Klik sini untuk membaca tulisan lain tentang pengalaman, tips dan trik pemakaian mobil

Share this post:
 
back to top