Tips Menghemat Pemakaian Bahan Bakar Dan Mencegah Emisi Berlebih

Share this post:
Tips Menghemat Pemakaian Bahan Bakar Dan Mencegah Emisi Berlebih
Harga bahan bakar di Indonesia semakin lama semakin mengalami kenaikan. Bahkan, pertamina saat ini merencakana kenaikan tarif bahan bakar minyak patah awal tahun depan. Bagi pengguna kendaraan pribadi, kabar ini semakin membuat cemas, apalagi dengan pengguna kendaraan yang boros bahan bakar. Ternyata, ada beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk menghemat pemakaian bahan bakar mobil kita.

Teman tidak perlu khawatir, karena Cintamobil akan memberikan tips untuk mengemat pemakaian bahan bakar mobil. Beberapa diantaranya adalah.

1. Hindari mengemudi dengan agresif

Mengemudi dengan ugal-ugalan, yaitu sering melakukan percepatan dan mengerem membuat mesin membutuhkan banyak tenaga. Memacu kendaraan dengan cepat dan mengerem dengan keras dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar sebanyak 40%.

banyak mobil sedang berkendara di jalan dan di sampingnya ada gunung dan pohon

Berkendara dengan tenang akan menghemat penggunaan bahan bakar

Memacu kecepatan tetapi tidak berkendara dengan stabil hanya mengurangi jarak tempuh sebanyak 4%, sedangkan membuat pengeluaran emisi beracun lima kali lebih tinggi. Cara yang tepat adalah melakukan akselerasi dengan perlahan dan lancar, kemudian menaikkan gigi secepat mungkin.

2. Mengemudi di bawah batas kecepatan

Mengemudi lebih kencang memang membuat teman bisa sampai tempat tujuan lebih cepat. Tapi, perbandingan bahan bakar yang dipakai lebih banyak terkurang dibandingkan mengemudi dengan perlahan dan stabil.

Seorang pria memegang setir untuk mengendalikan mobil dalam hujan

Mengemudi dengan tenang dan stabil

Meningkatkan kecepatan di jalan raya dari 90 km/jam menjadi 120 km/jam dan meningkatkan konsumsi bahan bakar sebanyak 20%. Teman bisa menghemat pemakaian bahan bakar sebanyak 10-15% dengan berkendara 90 km/jam dibandingkan 104 km/jam.

3. Perhatikan tekanan udara pada ban

Pastikan tekanan ban benar-benar pas untuk menghemat pemakaian bahan bakar. Ban yang sedikit kempes bisa mengakibatkan konsumsi bahan bakar meningkat sebanyak 6%. Jika bisa, gunakan pemeriksa tekanan ban untuk hasil yang konsisten.

seorang sedang mengecek sistem khusus untuk ban mobilnya

Selalu cek tekanan ban sebelum bepergian

Periksa tekanan ban sebelum bepergian dan cek di bengkel setidaknya sebulan sekali, ketika ban dalam keadaan dingin (saat mobil belum dihidupkan dalam tiga jam atau hanya melakukan perjalanan kurang dari 2 km). Perhatikan manual yang ada pada ban untuk mengukur tekanan udara yang pas untuk ban.

4. Gunakan pendingin udara sehemat-hematnya

Apalagi bagi mobil tua, penggunaan pendingin udara sangat mempengaruhi pemakaian bahan bakar. Menggunakan pendingin udara pada siang hari yang panas dapat meningkatkan konsumi bahan bakar sebanyak 10% dalam jalanan kota.

seorang pria sedang Re-adjust chiller controller di dalam mobilnya

Gunakan AC dengan hemat

Jika cukup dingin, gunakan ventilasi mobil, bukan AC teman. Pada kecepatan rendah, buka jendela dan matikan AC bisa menghemat pemakaian bahan bakar dengan signifikan. Pada kecepatan tinggi, menutup jendela dan menghidupkan AC akan lebih efisien. Jendela yang terbuka akan menghambat laju mobil sehingga membuat mesin bekerja lebih keras.

>>> Baca juga: Tips untuk Menghemat BBM Mobil Matic

5. Pilih bahan bakar dengan oktan yang tepat

Bahan bakar beroktan tinggi belum tentu pas dengan mobil teman. Bahkan, harga bahan bakar yang tinggi tidak bisa menjamin kinerja yang lebih baik untuk mobil teman.

Tangki bensin mobil dibuka dan seorang karyawan mengisinya

Pemilihan bahan bakar juga menentukan hemat dalam berkendara

Sebenarnya, bahan bakar dengan kadar oktan yang tinggi tidak memberikan efisiensi bahan bakar yang besar. Banyak mobil dirancang untuk menggunakan bahan bakar dengan oktan biasa. Periksa manual mobil untuk menentukan bahan bakar yang tepat untuk mobil teman.

>>> Ingin menjaga mobil kesayangan Anda selalu seperti baru, bacalah artikel di link ini

6. Lakukan perawatan dengan teratur

Perawatan yang teratur merupakan kunci untuk menghemat pemakaian bahan bakar. Oli yang sudah kotor dan mesin yang sudah bekerja lama dapat menggunakan bahan bakar 50% lebih banyak.

seorang sedang memegang dua obeng berwarna silver untuk memperbaiki mobilnya

Selalu periksa mobil secara berjangka

Selain itu, mesin yang sudah tua serta komponen-komponen mobil yang tidak pernah dirawat bahkan bisa menghasilkan emisi hingga 50%  lebih banyak dibandingkan mobil yang selalu terawatt dengan baik. Untuk itu, jangan lupa untuk selalu memperhatikan perawatan mobil serta komponen-komponen yang ada di dalamnya.

Menghemat pemakaian bahan bakar sebenarnya  bisa dilakukan oleh kendaraan apapun. Meskipun sebuah kendaraan mempunyai label “hemat energi”, penggunaan dan pemakaian yang salah bisa membuat mobil tersebut tak ubahnya mobil biasanya yang menghabiskan bahan bakar yang banyak.

>>> Mari berbagi pengalaman kendaraan berempat roda di sini

Share this post:
 
back to top