Cintamobil TV: 8 Tips Menghadapi Musim Hujan saat Berkendara

28/10/2020

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Cintamobil TV: 8 Tips Menghadapi Musim Hujan saat Berkendara
Musim hujan terkadang membuat pengemudian menjadi lebih menantang. Untuk itu, simak 8 tips menghadapi musim hujan dari tim Cintamobil TV di bawah ini.

Menjelang akhir tahun, Indonesia saat ini sedang menghadapi musim hujan yang melanda seluruh negeri. Dengan jalanan yang menjadi lebih licin daripada biasanya, berkendara pada musim hujan bisa menjadi tantangan tersendiri. Nah, kali ini tim Cintamobil TV memberikan beberapa tips menghadapi musim hujan bagi pembaca sekalian.

1. Cek kondisi wiper

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah mengecek kondisi wiper mobil. Pastikan wiper mampu menyapu air pada kaca mobil dengan baik. Ketika Anda sudah melihat ada garis pada kaca depan ketika wiper bekerja, sudah saatnya untuk mengganti wiper dengan yang lebih baru. Mengingat harga wiper tak terlalu mahal dibandingkan komponen mobil lainnya.

wiper yang ada pada kaca depan mobil
Perhatikan kembali kondisi wiper dan air wiper

2. Cek konsisi air wiper

Selalu cek kondisi air wiper. Terlebih pada musim hujan dimana hujan bisa terjadi kapan saja. Kami sarankan untuk selalu mengecek kondisi air wiper sebelum bepergian. Pastikan reservoir air wiper sudah terisi maksimal dan jangan lupa berikan cairan pembersih kaca untuk membuat kaca lebih bersih ketika berkendara di waktu hujan.

>>> Memasuki Musim Hujan, Ini 5 Cara Merawat Wiper Agar Panjang Umur

3. Cek kondisi wiper nozzle

memperbaiki wiper nozzle dengan jarum pentul
Periksa apakah wiper nozzle sudah bekerja dengan baik

Jangan lupa untuk mengecek nozzle tempat keluar air pada wiper. Biasanya untuk mobil yang sudah berumur, terkadang nozzle mampet dan air wiper tidak keluar. Cara mengatasinya pun tergolong mudha. Anda hanya perlu mempersiapkan jarum pentul dan tusuk lubang nozzle.

>>> Cara Mencegah Kaca Mobil Berjamur di Musim Hujan

4. Cuci mobil dengan rutin

mobil berwarna hitam yang sedang dicuci
Cuci mobil dengan rutin ketika sudah memasuki musim hujan

Air hujan memiliki sifat asam yang bisa membuat mobil menjadi lebih mudah berkarat. Oleh karena itu, pastikan untuk mencuci mobil secara rutin sekaligus mengeringkan mobil, terutama setelah terkena hujan. Kami sarankan untuk mencuci mobil lebih sering ketika sudah memasuki musim hujan agar cat mobil bisa terjaga dengan baik untuk waktu yang lama.

5. Cek kondisi ban

Sebelum bepergian, pastikanuntuk mengecek kondisi ban. Selain tekanan angin pada ban, cek pula kondisi alur dan tapak pada ban. Ban yang sudah aus dan tapak yang sudah menipis akan meningkatkan resiko ban selip ketika melaju di jalanan yang licin atau mengalami understeer maupun oversteer dimana ban tidak bisa mencengkram jalanan dengan baik.

ban berwarna hitam dengan tapak yang masih bagus
Cek kondisi tapak ban dan hindari genangan ketika berkendara

6. Hindari genangan

Jalanan di Indonesia memang masih banyak dipenuhi dengan genangan ketika terjadi hujan. Karena itu, sebisa mungkin hindari berkendara menerobos genangan atau banjir karena bisa merusak mesin mobil. Usahakan untuk memutar atau mencari jalan alternatif lain daripada harus menerobos banjir maupun genangan air yang sudah tinggi.

>>> Amankah Mencuci Mobil dengan Air Hujan?

7. Cek kondisi mesin mobil

Namun ketika Anda terpaksa harus melewati jalanan yang tergenang cukup tinggi ataupun sudah banjir, kami sarankan untuk mengecek kondisi mesin mobil lebih rutin. Lakukan pengecekan untuk menjaga-jaga kemungkinan kerusakan pada mesin mobil ketika harus berkendara pada jalanan yang tergenang air.

teknisi yang sednag mengecek kondisi mesin mobil
Lakukan perawatan teratur dan cek kondisi mesin secara berkala

8. Jaga kondisi tubuh

Dan tips menghadapi musim hujan terakhir adalah menjaga kesehatan sebelum berkendara. Pastikan untuk tidur yang cukup dan menjaga kondisi tubuh, apalagi ketika Anda harus menempuh perjalanan jauh. Jika perlu, minum multivitamin untuk meningkatkan imun tubuh.

>>> Dapatkan berbagai pilihan mobil baru dan bekas terbaik di sini

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top