Tips Mencuci Kolong Mobil, Apa Saja Yang Harus Diperhatikan?

Share this post:
Tips Mencuci Kolong Mobil, Apa Saja Yang Harus Diperhatikan?
Bagian kolong mungkin jarang diperhatikan oleh pemilik mobil. Meski tidak terlalu terlihat, tapi bagian bawah ini tempat kotoran menumpuk. Dan inilah tips mencuci kolong mobil, apa yang harus diperhatikan?

Kolong mobil paling banyak menyimpan kotoran khususnya ketika musim hujan. Bayangkan bila Anda tidak membersihkan bagian bawah ini, tumpukan kotoran ini jika dibiarkan bisa menganggu kerja komponen tertentu. Sudah selayaknya Anda memberi perhatian lebih pada bagian bawah mobil ini, mulai dari ruang sepatbor, bumper depan-belakang, kemudi, suspensi, radiator dan kondensor AC.

1. Sepatbor

Bagian ini tergolong mudah dijangkau namun sering terabaikan. Jika terdapat bekas lumpur yang mengering, gunakan slang dengan nosel untuk memperkuat semprotan dan arahkan ke balik sepatbor. Semprot hingga seluruh kotoran turun saat mencuci kolong mobil ini. Gunakan sikat untuk membantu menuntaskan kotoran yang tersisa.

>>> Begini cara membersihkan mobil dengan sedikit air

Sepatbor adalah bagian kolong mobil yang paling mudah dijangkau

Pastikan bagian kolong sepatbor selalu dibersihkan ketika mencuci mobil

2. Bumper Depan dan Belakang

Bumper juga banyak menyimpan kotoran seperti dedaunan, plastik atau kertas. Biasanya bumper belakang yang lebih banyak menyimpan sampah akibat kotoran yang ‘dilempar’ oleh ban belakang. Bersihkan dahulu kotoran yang mudah dijangkau ketika mencuci kolong mobil. Semprotkan air dan gunakan sikat untuk meningkat kotoran yang sudah mengeras. Setelah bersih, keringkan bagian-bagian berpotensi menyimpan air, misalnya area dibalik lampu kabut.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Bagian kolong bumper juga mudah kotor

Bersihkan juga bagian kolong bumper depan dan belakang mobil

3. As Roda dan Suspensi

Posisi lengan as roda yang melintang membuatnya sering menjadi persinggahan plastik, benang atau kotoran lain. Gunakan gunting atau pisau untuk membantu membersihkan sampah dan kotoran yang terikat pada as roda atau lengan ayun. Gunakan cairan pembersih karena bisa jadi area ini juga menempel oli. Semprot dengan air serta gunakan sikat lembut untuk membersihkan lumpur atau tanah saat Anda mencuci kolong mobil. Hati-hati jangan sampai merobek karet boot as roda atau kemudi. Gunakan lap dan cairan pembersih untuk membersihkan batang sokbreker.

>>> Dapatkan berbagai tips perawatan terbaru di Cintamobil.com

Pembersihan as roda dan suspensi harus hati-hati

Perlu hati-hati ketika mencuci kolong mobil bagian as roda dan suspensi karena ada komponen berbahan karet

4. Radiator dan Kondensor AC

Lokasi di balik gril dan bumper membuat kotoran seperti daun dan serangga mudah bersarang disini. Semprot dengan air bertekanan hingga kotoran terbuang habis. Sebaiknya jangan gunakan sikat untuk membersihkannya untuk menghindari kerusakan pada bagian yang agak lunak dalam mencuci kolong mobil.

Meski sulit dijangkau tapi jangan dilupakan membersihkan bagian radiator dan kondensor

Area tersembunyi dibalik gril seperti radiator dan kondensor juga penting dibersihkan

>>> Kumpulan tips dan trik otomotif terlengkap bisa Anda temukan disini

Share this post:

Berita lain

Do’s and Don’ts : Mobil Terlihat Lebih Bersih, Inilah Tips Mencuci Mobil

Mencuci mobil terkadang dianggap pekerjaan yang mudah dan asal bersih. Padahal perlu rencana yang matang agar kotoran yang ada di mobil tidak ada yang tertinggal.

Lihat juga

Tak Banyak yang Tahu, Kapan Sih Waktu Mencuci Interior Mobil Yang Tepat?

Mencuci bodi mobil memang sudah biasa, tapi mencuci interior mobil terkadang masih banyak yang belum tahu. Dengan kegiatan yang semakin banyak, kapan waktu mencuci interior mobil yang pas?

Lihat juga

Teknik Mencuci Mobil: Mencuci Mobil dari Atas atau dari Bawah?

Perlu diingat, meskipun mencuci merupakan kegiatan reguler, masih banyak pengemudi yang salah dalam mempraktekkan teknik mencuci mobil, mencuci mobil dari atas atau dari bawah.

Lihat juga

Tips Mencuci Ruang Mesin, Hati-hati Agar Tidak Terjadi Arus Pendek

Soal estetika, mesin memang tidak terlalu menonjol ketimbang eksterior mobil. Namun ruang mesin pun memerlukan pembersihan agar sedap dipandang dan memudahkan pemeriksaan.

Lihat juga

Bagian Dari Wajah, Inilah Tips Mencuci Kap Mesin Dengan Benar

Proses mencuci kap mesin sebenarnya tidak sulit. Sebagai dasarnya adalah tidak mencuci di tempat yang terkena panas matahari langsung agar tidak langsung mengering sebelum sempat mengeringkannya dengan lap. Namun ada tips yang benar mencuci kap mesin.

Lihat juga