Tips Mencegah Karat dan Memilih Anti Karat Mobil Terbaik

16/04/2020

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Tips Mencegah Karat dan Memilih Anti Karat Mobil Terbaik
Tak ada besi yang tak berkarat. Namun Anda bisa mencegah proses pengkaratan lebih lama dengan mencegah karat serta memilih cat anti karat mobil terbaik untuk kendaraan Anda.

Karat adalah proses oksidasi yang menyerang logam dan merusak penampilan kendaraan. Sayangnya, tidak ada kendaraan yang dapat lolos dari proses kimia ini. Terlebih ketika memasuki musim hujan. Tak jarang beberapa pengguna menggunakan anti karat mobil untuk mencegah proses ini. Agar terhindar dari karat, masih kita lihat lebih jauh tentang perawatan melawan karat bagi mobil.

Mencegah karat

Karat bisa saja dengan mudah tercipta pada komponen-komponen besi. Tidak hanya pada bodi, tetapi juga semua komponen besi yang ada pada mobil. Senyawa yang terbuat dari besi atau baca terkena air dan oksigen akan menghasilkan warna cokelat kemerahan yang terbentu secara alami. Hasil dari proses oksidasi ini disebut dengan karat.

karat pada mobil bekas berwarna biru
Air dan oksigen bisa mengakibatkan karat pada mobil

Teknologi mobil terbaru bahkan sudah menyediaka anti kara elektronik atau ‘inhibitor karat elektronik’ untuk melindungi mobil dari karat. Sistem ini bekerja dengan mengeluarkan arus listrik yang lemah di seluruh logam pada kendaraan. Arus listrik akan mengganggu muatan antara logam dan oksigen yang nantinya mencegah karat terbentuk.

Bintik-bintik korosi kecil pertama kali muncul di beberapa area, seperti bagian bawah pintu dan kolong mobil. Dari waktu ke waktu, karat akan memakan lapisan dasar logam dan menyebabkan perforasi di beberapa tempat. Degradasi ini dapat melemahkan rangka kendaraan, memperburuk tampilan, bahkan sampai membahayakan keselamatan pengemudi dan penumpang.

>>> Ini Penyebab Mobil Berkarat Setelah Terkena Hujan

Kapan menggunakan anti karat mobil?

Lingkungan menjadi bagian paling penting dalam memaksimalkan efektivitas perawatan kendaraan. Waktu terbaik untuk memberikan perlindungan anti-karat pada mobil adalah ketika sudah memasuki musim panas. Pada masa ini, lingkungan dan jalanan lebih kering sehingga tak terus menerus basah atau tergenang.

Karena itu, anti karat yang diterapkan akan melindungi kendaraan lebih efektif dibandingkan ketika dipasang pada musim hujan. Lakukan pemeriksaan terhadap karat pada musim kemarau untuk memperpanjang efektivitas perawatan kendaraan dan memberikan perlindungan bagi kendaraan ketika musim hujan menjelang.

kolong mobil berwarna hitam
Kolong mobil lebih rentan terkena karat karena cipratan air

Perawatan anti karat merupakan salah satu perlindungan yang paling baik untuk pemilik kendaraan. Dengan berinvestasi dalam perawatan anti karat, Anda bisa meningkatkan penampilan keseluruhan kendaraan Anda serta memperpanjang masa pakai mobil Anda. Sebagai bonus tambahan, Anda akan mendapatkan kenyamanan selama berkendara sambil mempertahankan nilai pasarnya.

>>> Begini Cara Cuci Kolong Mobil Tanpa Rusak Anti Karat

Tips memilih cat anti karat mobil

Tak hanya mobil yang sudah lama, namun Anda juga bisa memberikan cat anti karat pada mobil baru Anda untuk mempertahankan kualitas bodi mobil lebih baik. Karena itu, penting untuk memiliki cat anti karat mobil terbaik. Dilansir dari laman resmi Scuto Dramaga, berikut beberapa tips untuk mendapatkan anti karat terbaik bagi mobil Anda.

1. Kualitas cat

Tak hanya melindungi dari karat yang tercipta karena air, namun anti karat juga bisa melindungi cat dari polusi. Anti karat yang baik akan menjaga mobil tetap mulus sehingga memiliki haga jual kembali yang tinggi. Pilih anti karat dengan kualitas cat yang baik dan mampu melapisi cat mobil dengan sempurna.

2. Material cat

Komponen dan bahan baku juga mempengaruhi hasil akhir pengerjaan untuk mendapatkan kualitas pengecatan yang lebih baik. Perhatikan komponen yang digunakan untuk proses pelapisan agar proes koreasi bisa diminimalisir.

>>> Dapatkan berbagai daftar mobil baru dan bekas hanya di sini

cat anti karat berwarna hitam yang melindungi mobil berwarna hitam
Pilih cat anti karat dengan material dan kualitas terbaik

3. Peralatan yang digunakan

Bengkel yang menawarkan cat anti karat dengan peralatan yang sederhana dan terbatas saat pengerjaan seringkali memiliki kualitas pengerjaan yang rendah. Untuk menjangkau pelapisan anti karat di seluruh bodi mobil, bengkel akan membuka semua panel mobil. Kesalahan pada pengerjaan akan menyebabkan kerusakan pada proses pemasangan hingga merusak bodi mobil.

>>> 3 Bahan Sederhana untuk Menghilangkan Karat di Mobil

4. Kemampuan teknisi

Selain alat dan peralatan, salah satu hal yang mempengaruhi kualitas anti karat pada mobil adalah kemampuan serta pengalaman teknisi. Karena itu, perhatikan terlebih dahulu bengkel dimana Anda akan melakukan proses pengerjaan anti cat. Pilih jasa dari bengkel yang memiliki teknisi handal. Jika perlu, perhatikan ulasan dari berbagai laman otomotif ternama.

proses teknisi yang memberikan anti karat pada mobil
Pilih bengkel dan teknisi yang sudah berpengalaman

>>> Klik sini untuk lanjut simak tips dan trik merawat mobil yang berguna lainnya

5. Cari bengkel resmi

Scuto Dramaga menyebutkan bahwa pengakuan dan sertifikasi diperlukan untuk menambah kepercayaan bagi konsumen. Percayakan pengerjaan pada bengkel yang sudah memiliki ruang lingkup nasional atau internasional. Bengkel yang sudah mengantongi dokumen dan izin mengindikasikan kualitas yang lebih baik dengan teknisi yang handal.

Yang paling penting adalah mendapatkan penanganan anti karat mobil dari bengkel yang sudah terpercaya. Selain itu, tak menutup kemungkinan jika Anda menggunakan anti karat pada mobil baru atau ketika Anda baru saja membeli mobil bekas. Perlindungan karat merupakan salah satu tips untuk menjaga komponen mobil lebih tahan lama.

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada disini

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Begini Cara Cuci Kolong Mobil Tanpa Rusak Anti Karat

03/03/2020

Perawatan dan service

4 menit

Mobil modern sudah dilengkapi dengan anti karat, lapisan anti korosi ini dikhawatirkan rontok saat dicuci, beginilah cara cuci kolong mobil tanpa merusaknya

Lihat juga

Ini Penyebab Mobil Berkarat Setelah Terkena Hujan

06/02/2020

Perawatan dan service

5 menit

Ada empat faktor yang menjadi penyebab mobil berkarat jika setelah terkena hujan mobil tidak langsung dicuci. Jadi sebelum karat muncul, jangan remehkan air hujan yang mengguyur mobil Anda ya...

Lihat juga

Ternyata Karat pada Krom Mobil Bisa Dihilangkan dengan Cara Ini

07/02/2020

Perawatan dan service

3 menit

Aksen krom bisa menambah kesan mewah pada sebuah mobil. Lalu bagaimana jika terjadi karat pada krom? Bagaimana membersihkannya? Simaklah tips di bawah ini.

Lihat juga

Mencegah Karat, Lakukan Empat Langkah Ini

14/12/2019

Perawatan dan service

4 menit

Karat mobil merupakan sesuatu yang bisa muncul seiring menuanya umur kendaraan. Namun jangan khawatir, dengan empat langkah ini Anda bisa menahan atau mencegah karat menggerogoti mobil Anda.

Lihat juga

3 Bahan Sederhana untuk Menghilangkan Karat di Mobil

Menghilangkan karat di mobil ternyata bisa menggunakan bahan-bahan sederhana yang ada di dapur rumah Anda. Cara yang perlu dilakukan pun juga sederhana, kami akan berikan tipsnya khusus buat Anda.

Lihat juga
 
back to top