Tips Mencegah Ban Mobil Rusak karena Kelamaan Parkir di Rumah

29/04/2020

Perawatan dan service

3 menit

Tips Mencegah Ban Mobil Rusak karena Kelamaan Parkir di Rumah
Terlalu lama memarkir mobil di rumah bisa membuat ban flat spot dan berujung rusak. Supaya tak terjadi, berikut tips untuk mencegah ban rusak karena flat spot.

Imbauan pemerintah agar masyarakat tetap berada di rumah aja hingga waktu yang ditentukan turut membuat mobil beristirahat.

Nah selama mobil beristirahat, bukan berarti hanya untuk didiamkan terparkir tanpa diperhatikan kondisinya. Harus mengerjakan segala aktivitas di rumah, membuat mobil terkadang luput dari perhatian sang empunya. Apalagi untuk sekadar mengecek komponen-komponen penting seperti ban. 

>>> Berapa Tekanan Ban Mobil Ring 15 Buat Harian?

Hindari Ban Mobil Rusak karena Flat Spot

Ban merupakan komponen yang membutuhkan perhatian ekstra dari pemilik mobil. Ban bersentuhan langsung dengan permukaan jalan dan juga mengangkut bobot kendaraan. Oleh karena itu tekanan ban harus diperhatikan. 

Ban mobil

Disarankan untuk rajin mengecek tekanan ban

Melansir situs Toyota Astra, Rabu (29/4/2020), memarkir mobil terlalu lama tanpa disadari bisa membuat tekanan angin pada ban berkurang sedikit demi sedikit. Tak heran kalau Anda pernah menemukan mobil yang tak pernah dipakai kondisi bannya sudah kempis. 

>>> Penjualan Mobil Jepang di Seluruh Dunia Terjun Bebas karena Corona

Nah tekanan angin yang berkurang ini rupanya bisa membuat tekstur ban berubah. Tak ada salahnya untuk mengecek kondisi tekanan angin ban seminggu sekali. Isilah tekanan ban sesuai dengan anjuran pabrikan jangan berlebihan dan kurang supaya kondisinya tetap stabil. Biasanya, informasi terkait tekanan angin ban terdapat di bagian pintu pengendara.  

Perubahan tekstur ban juga bisa diakibatkan tekanan dari bobot mobil yang terlalu lama diparkir di garasi. Bila didiamkan terlalu lama ban berpotensi mengalami flat spot atau rata di bagian yang menjadi titik tumpu. 

Posisi ban harus diperhatikan

Pastikan posisi ban mobil berubah-ubah agar tak terjadi flat spot

>>> Tertarik membeli mobil baru atau bekas? Intip berbagai pilihan mobil terlengkap di sini

Cara Pencegahannya

Bila ban mobil mengalami flat spot permukaan ban akan tidak rata dan cenderung datar karena terus-terusan menjadi titik tumpu daru beban kendaraan. Semakin lama didiamkan ban bisa retak dan rentan meletus ketika digunakan kembali nantinya. 

Ada beberapa cara untuk mencegah ban mobil rusak akibat flat spot berikut langkahnya.
1. Lakukan Perubahan Posisi Ban yang Diparkir Terlalu Lama
2. Maju dan Mundurkan mobil satu minggu sekali sedikit supaya titik tumpunya berubah-ubah
3. Dibawa ke luar rumah sejenak sekalian memanaskan mesin mobil
4. Bisa mengisinya dengan tekanan nitrogen. Angin nitrogen bersifat mendinginkan dan lebih stabil, sehingga kualitas ban bisa tetap terjaga.
5. Bila diisi dengan tekanan angin biasa, Anda disarankan untuk mengecek tekanan lebih sering. 

>>> Kumpulan tips dan trik otomotif terlengkap bisa Anda temukan disini

Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top