Tips Mempersiapkan Mobil setelah Diparkir Lama

27/06/2020

Perawatan dan service

5 menit

Share this post:
Tips Mempersiapkan Mobil setelah Diparkir Lama
Berikut ini beberapa tips yang perlu diperhatikan untuk mempersiapkan mobil setelah diparkir lama sebelum Anda kembali beraktifitas di masa New Normal.

Wilayah Jakarta dan beberapa kota lain sudah mulai menerapkan masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi atau era New Normal alias kenormalan baru. Semua kegiatan masyarakat pun diperbolehkan kembali bergulir namun dengan mengikuti berbagai protokol pencegahan virus corona.

Pastinya sebelum memulai lagi aktifitas kegiatan seperti sedia kala, Anda harus melakukan pengecekan kendaraan dan memastikan kendaraan tersebut dalam keadaan siap kembali digunakan. Hal ini mengingat selama masa PSBB yang berlangsung lebih kurang 2 bulan, kendaraan Anda lebih sering terparkir karena tidak digunakan.

>>> Jaga Kesehatan Mobil Selama #DiRumahAja

"Setelah lama didiamkan, ada beberapa bagian kendaraan yang harus dicek kembali oleh pengguna, seperti ban, rem, kebersihan, serta mesin dan kelistrikan," kata Imam Suyudi, Section Head Technical 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), melalui keterangan tertulisnya yang diterima Cintamobil.com

Nah berikut ini tips dari Suzuki Indonesia saat mempersiapkan mobil setelah diparkir lama.

1. Cek Kondisi Ban

Cek tekanan angin ban mobil

Pastikan tekanan ban sudah sesuai yang disarankan

Hal pertama saat mempersiapkan mobil karena terlalu lama diparkir adalah memeriksa kondisi ban. Jika kendaraan akan digunakan kembali, ubah tekanan angin sesuai spesifikasi yang disarankan oleh pihak pabrikan. Untuk mengukur tekanan udara ban secara mandiri, Anda bisa mencarinya pada link berikut ini: 

Periksa juga permukaan tapak ban. Pastikan tidak ada benda keras/kerikil yang menempel pada kembang ban. Periksa pula apakah kondisi tapak ban sudah menipis atau belum.

>>> Tips Mencegah Ban Mobil Rusak karena Kelamaan Parkir di Rumah

2. Periksa Rem

Servis rem mobil

Selain kondisi ban, rem juga menjadi krusial saat kendaraan terparkir lama. Biasanya, rem tangan menjadi lengket dan akan mempengaruhi kenyamanan serta keamanan berkendara. Untuk mempersiapkan mobil kembali setelah kelamaan diparkir, pastikan keempat roda dalam keadaan kering.

Sebaiknya ketika diparkir, mobil tidak mengaktifkan parking brake (rem tangan). Gunakan saja penahan atau bantalan roda, agar mobil tetap dalam posisinya selama diparkir.

>>> Cek harga mobil berikut promo dan diskon menariknya disini

3. Perhatikan Kondisi Mesin dan Kelistrikan

Membersihkan ruang mesin

Pastikan juga kebersihan bagian luar dan dalam mobil

>>> Pilihan mobil bekas Suzuki terlengkap yang berkualitas ada disini

Ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan saat menyiapkan mobil yang sudah diparkir lama. Yaitu pastikan bodi kendaraan selalu dalam keadaan bersih, ruang kabin bersih dan kering, serta gunakan alat/cairan pengusir binatang jika kendaraan diparkir di tempat yang memungkinkan adanya binatang masuk.

Dalam hal mesin dan kelistrikan, pastikan tidak ada saklar/tombol kelistrikan yang aktif. Rutinlah memanaskan/menghidupkan mesin dan pastikan knalpot mengarah ke udara bebas. Serta pastikan tidak ada kebocoran bahan bakar, oli, minyak rem, cairan pendingin, dan kain lap yang tertinggal pada saat memeriksa ruang mesin.

>>> Tips dan trik menarik lainnya seputaraperawatan mobil ada disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top