Tips Memilih Jok Mobil yang Pas untuk Berkendara

Tips Memilih Jok Mobil yang Pas untuk Berkendara
Tempat duduk menjadi salah satu faktor penting dalam memberikan kenyamanan berkendara kepada pengemudi. Memilih jok mobil yang nyaman menjadi salah satu alasan pengemudi mengganti kursi pengemudinya.

Tak jarang, pengemudi mempunyai pilihan untuk mengganti kursi untuk memberikan kenyamanan yang dibutuhkan dalam berkendara. Terkadang, kursi pabrikan tidak begitu nyaman digunakan. Karena itu, Cintamobil memberikan beberapa tips memilih jok mobil pada memberikan kenyaman dan mengurangi masalah kesehatan.

1. Perhatikan bagaimana mengindentifikasi kursi yang bagus

Tempat duduk yang bagus mungkin tidak terasa nyaman. Hal ini ditegaskan leh Frank Beermann, Direktur Desain Industri untuk Recaro. Kursi yang bagus akan memiliki struktur inti yang ringan dan sangat kaku. Struktur ini harus dibentuk untuk untuk mempromosikan postur tubuh terbaik dari tulang punggung manusia.

Gambar yang memperlihatkan seorang pria yang sedang mengemudi dengan sinar matahari disampingnya

Perhatikan kursi yang memberikan kenyamanan berkendara

Perusahaan pemasok jok mobil, seperti Audi, Honda, Aston Martin dan Mercedes memberikan banyak pilihan untuk bagian jok mobil anda. Contohnya Sports Seat Platform, memiliki kulit dari serat karbon yang dibentuk melalui lekukan terbaik tulang belakang pengemudi, sementara alasnya dapat dipersonalisasi oleh pembuat mobil sehingga bisa diubah sesuai dengan interior mobil.

Setiap pengemudi akan mempunyai preferensi pribadi mereka. Namun, Beermann mengatakan bahwa perusahaan suka menutup kursi dengan bahan kulit untuk membuat pengemudi mudah duduk dan keluar dari kursi pengemudi.

Untuk jok mobil yang bagus, pengemudi harus merasakan kenyamanan dengan mencapai semua kontrol, seperti pedak, kopling, dan kemudi mobil. Kemudian, periksa apakah jok menyesuaikan dengan bodi tubuh, seperti penyesuaian ketinggian dan kemiringan.

Gambar yang menunjukan posisi mengemudi yang baik dan postur yang benar

Rasakan bagaimana posisi yang tepat dalam mengemudi

2. Cobalah sebelum membeli

Masalah paling umum yang dialami oleh pengemudi adalah nyeri pada bagian punggung bawah, panggul, iritasi saraf siatik yang bisa menyebabkan kaki kebas dan leher kaku. Namun, seringkali masalah pada model jok mobil yang menyebabkan masalah pada pengemudi tersebut.

>>> Baca juga Tips memeriksa getaran tidak biasa ketika mengemudi

Hal ini bahkan tidak terjadi pada pemilik mobil SUV atau jenis mobil lain yang lebih sporty. Posisi mengemudi yang tinggi yang ditawarkan oleh mobil sejenis SUV, MPV, dan van memberikan kneyamanan ketika dilakukan test drive.

Gambar yang menunjukan jok mobil berwarna abu-abu dan hitam pada sebuah mobil

Banyak jenis jok mobil tersedia di pasaran saat ini

Kursi yang nyaman akan memposisikan pinggul lebih tinggi dari lutut, mendukung tulang belikat dan memberikan penyesuaian pada tubuh. Selain itu, pastikan siku tidak mengalami masalah ketika tangan memegang kemudi. Selain itu, pastikan juga anda bisa melihat mobil lain pada spion dengan mudah dan dapat menekan semua pedal, terutama kopling, tanpa mengangkat diri dari tempat duduk.

>>> Baca juga tips perawatan mobil lainnya disini

3. Cegah ketidaknyamanan saat berkendara

Dalam berkendara jarak jauh, pengemudi harus beristirahat setiap beberapa jam. Sopir harus memecah jam perjalanan mereka dan melakukan peregangan agar tidak kaku. Latihan sederhana tersebut meliputi latihan pada pantat dan bagian samping tubuh.

Pilih jok mobil yang tidak memberikan sensasi terlalu nyaman dalam berkendara, terlebih bagi anda yang mempunyai waktu berkendara lebih lama, misalnya sopir truk atau kendaraan lintas kota.

Gambar yang menunjukan memilih jok mobil yang tidak licin dan mendukung postur mengemudi

Pilihlah bahan yang tidak terlalu licin dalam mengemudi

Pemilihan bahan yang tidak terlalu licin menjadi salah satu faktor yang harus diperhitungkan. Bahan yang licin bisa membuat anda tidak nyaman karena terus terdorong ke depan ketika mengerem atau terdorong ke belakang ketika menginjak pedal gas.

Jok mobil yang pasang oleh produsen memang tidak selalu memberikan kenyamanan dalam berkendara. Memilih jok mobil yang pas dan sesuai dengan keinginan dan postur tubuh bisa menghindarkan anda dari masalah yang bisa ditimbulkan oleh posisi duduk yang salah.

>>> Baca juga tips dan trik lainnya disini

 
back to top