Tips Memilih dan Memasang Lampu Kolong Mobil

16/01/2021

Perawatan dan service

8 menit

Tips Memilih dan Memasang Lampu Kolong Mobil
Lampu kolong mobil bisa dipasang pada bagian kabin atau di eksterior mobil. Jenis lampu kolong yang dijual juga cukup beragam. Karena itulah tentukan dulu tipe lampu seperti apa yang mau dibeli dan ketahui bagaimana cara pasangnya.

Banyak cara untuk melakukan modifikasi pada mobil kesayangan Anda. Baik yang menyentuh sisi eksterior, menambah kenyamanan ruang kabin, sampai meningkatkan kinerja mesin di kendaraan tersebut. Semuanya tentu sah-sah saja dilakukan asalkan tidak melanggar peraturan lalu lintas yang telah ditetapkan dan tidak membahayakan pengguna jalan lainnya.

Satu dari sekian banyak modifikasi mobil adalah dengan memasang lampu variasi. Lampu ini pun banyak macamnya, ada yang sebagai lampu utama, lampu rem, lampu tambahan di depan atau belakang, sampai lampu untuk bagian kabin. Nah kali ini Cintamobil.com cuma akan membahas salah satunya saja, yaitu mengenai lampu kolong mobil.

Mungkin Anda pernah ingat ketika film Fast and Furious pertama kali beredar, muncul tren pemasangan lampu kolong mobil. Menggunakan lampu jenis LED, pencahayaan ini diletakkan pada kolong bagian luar mobil. Sehingga ketika kendaran tersebut melaju di malam hari, lampu kolong luar mobil akan membuat penampilan kendaraan itu jadi makin semarak.

Namun kini pasang lampu kolong mobil bukan lagi cuma di bagian eksterior kendaraan. Tetapi aplikasi lampu kolong kabin mobil pun amat digandrungi. Alasannya juga beragam, ada yang demi visibilitas yang lebih baik di bagian kabin saat malam hari, ada yang cuma gaya-gayaan saja. Daripada penasaran mengenai lampu kolong mobil, yuk simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

>>> Lampu Depan HID Antarkan Kia Niro Raih Nilai Tertinggi Evaluasi Keselamatan IIHS

Jenis Lampu Kolong Mobil

Lampu Kolong Bodi Mobil

Lampu kolong bisa dipasang di bagian luar mobil atau di kabin

Seperti sudah disinggung sebelumnya, lampu kolong mobil kini bukan cuma dipasang di bagian eksterior atau kolong bodi mobil. Tetapi ada juga yang dijadikan lampu kolong dashboard mobil atau lampu kolong kabin mobil. Umumnya lampu kolong ini menggunakan lampu jenis LED (light-emitting diode). Lampu tersebut dipilih karena hanya membutuhkan daya listrik yang kecil namun pancaran cahayanya cukup terang. Sehingga cukup butuh beberapa rangkaian lampu LED saja sudah sanggup untuk menerangi bagian kolong mobil.

Berikut ini beberapa jenis lampu LED kolong mobil yang tersedia dipasaran:

1. Single atau Multi Colour

Pertama, jenis lampu LED kolong mobil dibedakan dari warna lampu LED yang dipakai. Ada yang berwarna tunggal seperti putih, biru, hijau, merah muda, ungu, atau lainnya. Tapi ada pula lampu kolong mobil yang berwarna RGB multi colour. Tipe yang kedua ini memungkinkan warna cahaya lampu bisa berubah-ubah sesuai pengaturan pemilik mobil.

2. Dengan Module dan yang Sederhana

Yang perlu diperhatikan berikutnya adalah, rangkaian lampu kolong kabin mobil atau lampu kolong laur mobil umumnya dirangkai seri. Tapi ada yang bentuknya LED plasma dan ada juga yang hanya rangkaian LED sederhana. Kemudian beberapa penjual juga ada pula yang menawarkan LED kolong mobil lengkap beserta modulnya sehingga memudahkan saat pemasangan. Dan modul ini berfungsi untuk mengatur keluaran cahaya dari lampu tersebut.

Masing-masing jenis lampu kolong mobil ini tentu akan mempengaruhi harga dari lampu tersebut. Semakin kompleks rangkaian lampu yang sudah dibuat maka akan semakin mahal harganya.

>>> Jangan Sampai Salah, Inilah Perbedaan Lampu LED dan DRL

Cara Pasang Lampu Kolong Mobil

Lampu Kolong Mobil RGB dengan Module

Ada rangkaian yang telah dilengkapi module untuk mengubah warna cahaya lampu

Untuk bisa memasang lampu ini pada mobil kesayangan Anda, sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Cukup siapkan bahan dan alatnya serta luangkan waktu sejenak untuk mengoprek sistem kelistrikan pada mobil tersebut. Jika ingin mencoba pasang lampu kolong mobil sendiri, perhatikan beberapa hal berikut ini:

1. Siapkan Alat dan Bahannya

Tentunya sebelum bisa memasang lampu kolong mobil, maka wajib siapkan peralatan dan bahan-bahannya. Yang pertama pastikan Anda sudah membeli unit rangkaian lampu LED kolong mobil. Anda bisa membelinya di toko aksesoris kendaraan bermotor baik online ataupun offline.

Harga lampu kolong mobil sangat terjangkau kok. Untuk yang rangkaian LED sederhana bisa didapatkan di bawah Rp 10.000, tergantung banyaknya jumlah LED yang dipakai pada rangkaian lampu tersebut. Sedangkan untuk yang tipe RGB dilengkapi module untuk mengubah-ubah warna lampu, harganya mulai dari Rp 50.000 sampai Rp 150.000.

Kemudian jangan lupa siapkan juga kabel dengan warna berbeda misalnya hitam dengan merah atau hitam dengan putih dan panjangnya cukup, multitester atau test lamp, tang, gunting, isolasi, double tape, dan kabel ties. Semua peralatan ini akan digunakan saat pemasangan lampu kolong di kabin mobil.

2. Tentukan Posisi Penempatan Lampu

Langkah selanjutnya ketika ingin memasang lampu kolong adalah menentukan posisi penempatan lampu. Apakah mau di dalam ruang interior atau mau untuk penghias eksterior mobil. Berikut ini beberapa tempat pemasangan lampu yang kami rekomendasikan:

  • Di bawah dashboard, jika ingin menerangi seputar bagian depan ruang kabin;
  • Di bawah jok pengemudi atau penumpang depan, jika ingin ruang kabin belakang juga bisa sedikit lebih terang;
  • Di dekat ban serep apabila ingin ada lampu variasi pada bagian kolong belakang mobil;
  • Di bawah pintu atau sideskirt kiri dan kanan apabila ingin lampu kolong yang terlihat dari luar;
  • Di bawah bumper depan dan belakang apabila ingin tampak depan dan belakang mobil lebih semarak saat berkendara malam hari.

3. Siapkan Rangkaian Lampu LED

Setelah semua alat dan bahannya tersedia dan Anda telah menentukan dimana akan memasang lampu kolong, maka langkah pertama adalah rekatkan double tape pada bagain belakang rangkaian lampu LED. Double tape ini gunanya untuk merekatkan lampu dengan bagian mobil pada lokasi yang telah ditentukan. Sebaiknya pilih double tape yang berkualitas dan tidak mudah copot meski terkena panas dari mobil.

Setelah itu buat rangkaian jalur kabel yang lebih panjang pada lampu LED. Perhitungkan jarak antara soket listrik pada mobil yang akan diguakan dalam merangkai lampu dengan posisi penempatan lampu. Buatlah instalasi kabel yang cukup panjang sehingga kabel bisa disusun rapih demi keamanan proses instalasi. Gunakan isolasi atau kabel ties untuk merapihkan jalur kabel tersebut. Apabila lampu dilengkapi juga dengan modul, maka perhatikan posisi modul harus mudah terjangkau agar pengaturan warna lampu jadi tidak terhambat.

>>>  5 Lampu Variasi Mobil yang Sebaiknya Tidak Dipasang

 

4. Mulailah Lakukan Proses Instalasi

Kali ini kami akan menjelaskan bagaimana cara menyambungkan rangkaian lampu LED kolong mobil dengan sistem kelistrikan pada kendaraan Anda. Adapun cara pertama adalah jika membeli rangkaian lampu kolong berikut dengan modulnya.

  • Sambungan semua kabel yang dari rangkaian LED dengan module lampu;
  • Sambungkan satu kabel dengan ground atau kutub negatif (-) aki mobil;
  • Sambungkan satu kabel lain dengan kutub positif (+) aki mobil. Untuk menambah keamanan dapat dilakukan dengan menambah fuse atau sekring sebesar 10 ampere;
  • Apabila terdapat kabel opsional maka periksa fungsi kabel tersebut, apabila tidak terlalu penting maka cukup diisolasi saja;
  • Letakkan module lampu ditempat yang aman serta bebas dari risiko terkena air;
  • Jika semua kabel telah tersambung dan terisolasi dengan rapih, coba nyalakan lampu untuk memastikan lampu kolong bekerja dengan baik.

Apabila Anda membeli rangkaian lampu kolong yang sederhana, maka berikut yang perlu diperhatikan saat proses instalasi lampu:

  • Cari rangkaian jalur lampu kabin di mobil Anda. Pada dasarnya ada kabel yang mengatur rangkaian lampu kabin yang dihubungkan dengan sekring atau fuse, dan lampu yang langsung menuju ke ground bodi. carilah jalur lampu kabin positif yang masuk ke lampu kabin dari aki atau sekring. Kemudian potong kabel tersebut;
  • Sambungkan rangkaian lampu LED dengan jalur positif lampu kabin yang sudah Anda potong tadi. Jangan lupa untuk disambungkan secara rapih kemudian beri isolasi agar menghindari dari risiko terjadinya konsleting;
  • Coba nyalakan lampu kabin, apabila lampu kolong ikut menyala maka proses instalasi berjalan dengan baik.

Bagaimana, tidak sulit bukan untuk melakukan modifikasi pada kendaraan Anda dengan memasnag lampu kolong mobil. Dengan sedikit kreatifitas, Anda bisa mempercantik penampilan mobil kesayangan sesuai selera Anda tanpa perlu repot-repot ke bengkel. Selamat mencoba!

>>> Jangan lupa klik tips dan trik untuk mendapatkan tips menarik lainnya seputar mobil

Pertanyaan Sering Diajukan

Dimana bisa mendapatkan lampu variasi kolong mobil?
Anda bisa mendapatkannya di toko-toko aksesoris motor dan mobil baik online melalui marketplace atau membeli langsung ke tokonya secara offline.
Apakah pemasangan lampu kolong bisa membuat mobil rusak?
Jika proses instalasi dilakukan dengan baik dan ditambahkan sekring, maka pemasangan lampu varriasi ini relatif aman serta tidak membuat aki cepat tekor.
Apakah Pemasangan Lampu LED di Kolong Mobil Melanggar Hukum?
Berdasarkan Pasal 58 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, setiap kendaraan bermotor yang dioperasikan di jalan dilarang memasang perlengkapan yang dapat mengganggu keselamatan berlalu lintas. Pemasangan lampu LED hanya untuk keperluan sebagai aksesoris mobil saja sementara persyaratan teknis sistem lampu & alat pemantul cahaya pada kendaraan tersebut sudah layak, maka boleh saja dilakukan, namun pemasangan tersebut tidak mengganggu keselamatan berlalu lintas.
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top