Tips Memilih Bengkel Umum Terpercaya Agar Tak Menguras Kantong

10/09/2021

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Memilih bengkel umum yang terpercaya memang tidak mudah. Jika Anda salah pilih, niat Anda merawat mobil dengan menghemat bujet justru berujung menguras kantong.

Perawatan mobil merupakan salah satu faktor penting untuk menjaga agar alat mobilitas yang kita pakai sehari-hari bisa berfungsi dengan baik dan bisa diandalkan. Dengan melakukan perawatan secara rutin, usia mobil jadi lebih panjang dan minim permasalahan yang bisa membuat Anda terpaksa mengeluarkan dana berlebih.

Beberapa orang memilih bengkel mana saja yang terdekat dari rumah setelah promo servis gratis dari dealer habis. Padahal, belum tentu bengkel tersebut benar-benar mengerti mengenai mobil Anda dan menawarkan harga yang sesuai dengan jasa dan spare part yang digunakan.

Bisa jadi bengkel tersebut kurang bagus dan cenderung asal kerja. Jika bertemu dengan oknum bengkel seperti itu, alih-alih merawat mobil, Anda justru mengalami kerugian berupa kerusakan.

Karena itu, Cintamobil,com akan berikan tips memilih bengkel umum yang terpercaya agar Anda terhindar dari kejadian yang menguras kantong di kemudian hari.

1. Mengikuti Informasi Dari Komunitas Mobil Anda

>>> DAS Indonesia Tawarkan Program Servis Buat Komunitas Jeep

Gambar Komunitas Mobil

Bergabung dengan komunitas agar kenal lebih 'mengenal' mobil Anda

Saat ini, hampir semua mobil yang dipasarkan di Indonesia ada komunitasnya. Dari mobil tua yang berusia lebih dari 10 tahun, sampai mobil yang bahkan baru akan launching, selalu ada komunitas yang aktif di internet dan media sosial.

Biasanya, para komunitas akan berbagi mengenai pengalaman mereka dalam merawat mobil masing-masing. Dari informasi tersebut, Anda bisa mengetahui spare part mana saja yang harus diganti, harganya berapa, bahkan tempat-tempat seperti memilih bengkel untuk melakukan penggantian spare part atau perawatan rutin.

Anda tak selalu harus jadi anggota aktif yang mengunggah kegiatan setiap minggu, cukup jadi pemerhati yang baik mengenai kelebihan dan kelemahan mobil yang Anda miliki, serta pengalaman dari para pengguna mobil yang sama.

2. Punya Tim Professional

Gambar Mekanik

Pilih bengkel yang memiliki tim profesional

Setelah Anda mendapat tempat rekomendasi, sebaiknya Anda survey sendiri mengenai tim yang bekerja di bengkel tersebut. Apakah mereka dapat pelatihan yang baik? Apakah mereka memiliki sertifikat yang mendukung pekerjaan mereka?

Anda juga bisa melihat profesionalitas sebuah bengkel dari cara kerja serta perilaku mereka terhadap mobil para customer. Tentu, Anda tak ingin menyerahkan kunci mobil kesayangan Anda ke orang sembarangan yang mungkin tidak bertanggung jawab. Faktor ini penting sebelum Anda memilih bengkel nantinya. 

>>> Segini Biaya Servis Toyota Fortuner VRZ GR Sport Setelah 50.000 Km

Usahakan Anda berkonsultasi dengan mekanik atau pemilik bengkel tersebut, ketahui apa permasalahan pada mobil Anda. Anda juga bisa melihat keterbukaan mereka terhadap harga dari jasa servis mobil dan suku cadang yang mereka tawarkan.

Bengkel profesional biasanya tahu apa yang harus dilakukan dan diganti, serta biaya yang harus dikeluarkan oleh customer. Tidak asal tembak harga setelah selesai pengerjaan.

Mereka juga biasanya memiliki SOP (Standard Operating Procedure) serta QC (Quality Control) yang jelas. Sehingga bisa membuat customer lebih tenang untuk memercayakan mobil kepada bengkel.

3. Tahu Harga Spare Part Mobil Anda

Mengetahui harga sangat penting agar Anda tidak ditipu saat melakukan penggantian suku cadang. Anda bisa mengetahui tersebut melalui forum bahkan Anda juga bisa mengecek sendiri harga spare part tersebut melalui ecommerce yang banyak tersedia di Indonesia.

Gambar Spare Part

Penting mengetahui harga spare part agar tak mudah tertipu

Dengan pegangan tersebut, Anda tak lagi bisa ditipu oleh mekanik atau bengkel yang 'nakal' menaikkan harga spare suku cadang seenaknya.

>>> Mengenal Jenis-Jenis Spare Part Mobil

4. Mengecek Situs Terpercaya

Cara memilih bengkel umum lainnya bisa dilakukan dengan mengunjungi situs otomotif seperti Cintamobil.com, Anda bisa tahu lebih banyak mengenai informasi mobil yang Anda miliki langsung dari pakarnya. Kami selalu memilih narasumber dari bengkel yang kami percaya berdasarkan pengalaman serta ahli teknis dari para ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek) mobil di Indonesia.

Kami pun akan memberi rekomendasi bengkel-bengkel terpercaya yang sudah kami rangkum melalui pengalaman berkecimpung di dunia otomotif selama bertahun-tahun.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top