Tips Membuat Kabin Tetap Dingin pada Cuaca Panas

Tips Membuat Kabin Tetap Dingin pada Cuaca Panas
Berkendara saat musim panas merupakan hal yang menyenangkan, karena dapat melihat pemandangan langit yang indah. Tapi tidak menyenangkan ketika kabin mobil Anda tidak nyaman. Lalu, bagaimana membuat kabin mobil dingin ketika cuaca panas?

Kabin mobil yang panas akan sangat mengganggu bahkan membuat Anda kesal karena mobil terasa panas dan membuat keringat bercucuran seperti di dalam sauna. Berikut beberapa tips untuk membuat kabin tetap dingin dan membuat perjalanan Anda nyaman.

1. Kaca film reflektif inframerah transparan

Fitur ini bisa dimasukkan ke dalam kaca depan kendaraan dan jendela samping. Kaca film yang dibuat agar memantulkan sebagian besar radiasi inframerah matahari di dekatnya namun tidak menghambat frekuensi lain, seperti sinyal ponsel atau GPS, yang menjadi sebuah kebutuhan di dunia saat ini. Hal ini juga sepenuhnya tidak berwarna dan transparan untuk cahaya bisa masuk.

Gambar yang menunjukan mobil dengan penutup kaca film pada jendela mobil

Penggunaan kaca film bisa membantu mobil tetap dingin

2. Pakailah kaca film dengan pigmen pendingin yang memantulkan sinar infra merah

Pigmen ini bisa digunakan pada aplikasi pelapis eksterior dan aplikasi interior seperti dashboard atau jok kulit. Biasanya karbon hitam hanya mencerminkan lima persen radiasi matahari. Sebagai perbandingan, pigmen baru ini bisa merefleksikan lebih dari 30 persen.

3. Pakailah tirai untuk jendela

Gambar yang menunjukan tirai pada mobil yang berwarna putih

Menggunakan tirai untuk jendela juga mencegah sinar matahari masuk

Dengan memakai tirai sebagai tambahan pelindung dari sinar infra merah yang dihasilkan sinar matahari yang sangat terik. Hal ini akan mengurangi gejala panas yang sangat mengganggu ketika Anda hendak menyetir setelah memarkir mobil disuatu tempat.

4. Parkirlah ditempat yang teduh

gambar yang menunjukan tempat parkir beratap pada siang hari yang panas

Parkirlah pada tempat parkir yang menghalangi sinar matahari

Dengan parkir ditempat teduh akan semakin membuat mobil Anda terhidar dari sinar matahari yang menyebabkan kabin mobil panas. Hal ini sangat membuat perbedaan dan jelas sangat mudah diaplikasikan.

>>> Baca juga Kesalahan dalam merawat mobil di musim dingin

5. Letakkan handuk atau kain di atas setir dan kursi

Gambar yang menunjukan handuk yang terletak pada bagian kepala kursi pengemudi pada mobil

Gunakan handuk untuk mendinginkan kabin mobil

Hal ini sangat membantu pada bahan kulit karena dapat memberikan proteksi lebih agar setir atau kursi mobil yang dilapisi dengan bahan kulit terjaga kelembabannya dan tidak menyerap panas yang disebabkan sinar matahari yang menembus kabin mobil Anda.

6. Turunkan sedikit kaca jendela ketika diparkir

Gambar yang menunjukan mobil yang menurunkan jendela samping sedikit untuk sirkulasi udara

Turunkan jendela sedikit untuk sirkulasi udara

Lakukanlah hal ini sebelum Anda keluar dari mobil yang telah diparkirkan. Ini akan membuat panas yang menembus kedalam kabin mobil tidak terjebak. Serta bisa membuat panas bisa dikeluarkan secara perlahan dari kaca jendela yang diturunkan tadi. Tapi pastikan untuk tidak membuka jendela mobil dengan lebar, cukup membuka sedikit tanpa bisa tangan Anda masuk ke dalam mobil.

>>> Baca juga tips merawat mobil lainnya disini

7. Perhatikan kondisi sistem pendingin

Lakukan pemeriksaan secara berkala pada sistem pendingin mobil Anda, jika sistem pendingin tidak berfungsi secara baik tentu beberapa tips diatas juga tidak berguna.

Berikut beberapa tips lain untuk menjaga kabin tetap dingin selama musim panas melanda

Banyak cara lain yang bisa digunakan untuk membuat kabin tetap dingin selama musim panas. Pastikan juga Anda tetap merawat mobil dengan baik agar sistem yang berada di dalam mobil tidak terpengaruh dengan udara panas yang menyengat.

>>> Baca juga tips dan trik lainnya disini

 
back to top