Tips Membersihkan Jok Mobil Supaya Kabin Tetap Wangi

18/03/2021

Perawatan dan service

3 menit

Jok mobil harus dijaga kebersihannya agar kenyamanan sepanjang perjalanan dapat terjaga. Berikut ini tips membersihkan jok mobil supaya kabin tetap wangi.

Interior mobil perlu dijaga kebersihannya. Ini dilakukan agar pengendara dan penumpang merasa nyaman sepanjang perjalanan. Salah satu bagian interior yang perlu mendapat perhatian adalah kebersihan jok mobil, terlebih yang terbuat dari bahan kain. 

Tak jarang kita menemukan jok mobil yang keadaannya kotor hingga menimbulkan bau tak sedap. Hal tersebut bisa saja terjadi karena bekas makanan yang jatuh atau terkena tumpahan kuah makanan serta minuman. Jika kotoran dan bau ini tidak dibersihkan dalam waktu lama, maka kerusakan dan aroma ini akan bertahan dalam waktu lama pula. Padahal, ternyata Anda tidak membutuhkan waktu lama untuk membersihkan jok mobil.

Modifikasi Jok Mobil Agya yang Keren Tapi Murah

Jok mobil perlu perawatan agar bisa memberikan kenyamanan ekstra

Sebelum membersihkan jok mobil, ada baiknya Anda mengetahui jenis bahan yang dipakai karena masing-masing punya perlakuan yang berbeda. Bahkan, setiap jenis bahan ini memerlukan cairan pembersih yang berbeda.

Dengan mengenali jenis bahan jok mobil Anda, maka Anda akan dengan mudah menemukan cara yang tepat untuk membersihkannya dari berbagai noda dan kotoran yang menempel

Di luaran, sebenarnya banyak cairan pembersih yang Anda dapatkan. Cairan pembersih ini terdiri dari beberapa tingkatan. Pilihlah pembersih yang sesuai dengan bahan jok mobil Anda dan dengan aroma yang dapat mengurangi bau-bauan dari kotoran yang menempel pada jok.

Kalau Anda sudah menentukan cairan pembersih yang tepat, berikut ini tips yang bisa Anda ikuti untuk membersihkan jok mobil dengan mudah seperti dikutip laman Nissan Indonesia, Kamis (18/3/2021). 

Man washing his car in a garage Free Photo

Cari tahu dulu pembersih yang pas dengan material jok mobil Anda

>>> Inspirasi Modifikasi Jok Mobil yang Terlihat Mewah Sekaligus Nyaman

1. Menggunakan Cairan Pembersih Beralkohol

Cairan pembersih yang mengandung alkohol bisa Anda hunakan untuk membersihkan jok mobil yang terkena tinta. Anda bisa mengoleskan sebagian cairan pembersih tersebut ke bagian yang terkena noda tinta. 

Kandungan alkohol yang dimiliki akan dapat membantu menghilangkan noda tinta tersebut.Atau jika Anda bingung dengan cairan pembersih yang mengandung alkohol, maka Anda dapat menggunakan hand sanitizer untuk membersihkan noda tersebut.

Cairan pembersih jok mobil

2. Pakai Thiner dan Garam

Noda bekas minyak dan lemak ini ternyata mampu menimbulkan bau yang kurang sedap di kabin mobil. Ditambah lagi jika minyak tersebut merupakan bekas makanan. Maka ada satu cara yang dapat Anda lakukan ketika jok mobil Anda mengalami masalah tersebut.

Kalau sudah begini, Anda bisa menggunakan pengencer cat atau pembersih cat kuku. Oleskan pengencer ini ke bagian yang terkena lemak atau minyak dengan menggosoknya secara perlahan menggunakan kain. Setelah itu, taburkan garam ke atas noda tersebut dan diamkan semalaman.

Keesokannya, bersihkanlah bagian yang telah diberi garam dan Anda akan melihat hasil akhirnya, jok mobil kesayangan Anda kembali bersih seperti sedia kala. Biasanya cara pembersihan ini ditujukan kepada mobil dengan bahan jok kulit.

>>> Trik Membuat Jok Mobil Mewah Supaya Interior Tambah Keren

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor. Roles Sebagai Editor di Cintamobil.com, Dina berperan menulis sekaligus mengedit tulisan agar lebih enak untuk dibaca dan juga mengontrol pemberitaan yang lebih layak. Di samping itu, tetap memantau pergerakan berita di industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. Specialities Memantau pergerakan berita di industri otomotif sekaligus menulisnya dengan cepat Mengedit berita Experience - GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019 - IIMS 2017, 2018, 2019 - IMOS 2016, 2018 - Geneva International Motor Show 2017 - Tokyo Auto Salon 2019

 
back to top