Tips Membersihkan Head Unit Audio Mobil Biar Tetap Bekerja Optimal

29/06/2019

Perawatan dan service

4 menit

Tips Membersihkan Head Unit Audio Mobil Biar Tetap Bekerja Optimal
Selain jok, doortrim dan plafon, membersihkan head unit audio mobil sama pentingnya dengan membersihkan bagian interior mobil yang lain. Karena jika selalu dalam keadaan bersih, semua fitur pada head unit akan berfungsi optimal.

Head unit audio mobil adalah pusat hiburan dan informasi bagi kendaraan Anda. Bukan sekedar sebagai pemutar audio dan video, namun pada perangkat ini juga bisa difungsikan pada beberapa hal yang membantu Anda ketika berkendara.

>>> Tips Memilih Headunit Mobil Biar Mudik Jadi Tidak Membosankan

Misalnya pada head unit bisa tersambung dengan sensor parkir atau kamera mundur. Kemudian melalui head unit, Anda juga bisa terintegrasi dengan GPS navigasi saat membutuhkan petunjuk arah. Oleh sebab itu, membersihkan head unit audio mobil sama pentingnya dengan merawat bagian interior mobil yang lain.

1. Bersihkan Layar

lap monitor head unit

Layar head unit bisa menjadi tempat bersarangnya kotoran

Head unit audio mobil biasanya dilengkapi layar, baik yang tipe single din maupun 2DIN. Seiring berjalannya waktu dan kendaraan Anda digunakan setiap hari, maka bagian layar head unit ini lama kelamaan juga bisa kotor. Kotoran menempel dari debu yang masuk ke interior mobil Anda, atau melalui jari jemari Anda ketika mengoperasikan head unit mobil tersebut.

>>> Promo mobil baru menarik selalu ada disini

Untuk membersihkannya cukup semprotkan cairan pembersih layar. Cairan seperti ini banyak dijual di toko-toko aksesoris komputer atau televisi. Cara penggunananya, semprotkan cairan pada lap bersih yang kering, kemudian basuh lap tersebut ke permukaan layar. Nantinya kotoran akan menempel pada lap tersebut.

2. Bersihkan Optik

masukkan cd head unit mobil

Sebaiknya rutin membersihkan optik pada head unit

Sama seperti pemutar cakram lainnya, head unit pada kendaraan Anda juga dilengkapi optik. Untuk membersihkan head unit mobil pada bagian optik tersebut, gunakan CD cleaner yang juga banyak dijual dipasaran. Bersihkan secara rutin, paling tidak satu atau dua bulan sekali.

>>> Banyak mobil bekas berkualitas disini

3. Bersihkan Kamera Mundur

kamera mundur

Jangan sampai lensa pada kamera mundur berembun dan berjamur

Jika head unit Anda sudah terintegrasi juga dengan fitur kamera mundur, sebaiknya Anda membersihkan juga perangkat ini. Kamera mundur biasanya diletakkan di bemper belakang, berbentuk kotak kecil hitam dengan bagian tengahnya dilengkapi lensa.

Karena posisinya yang berada di bagian luar mobil, maka kamera mundur mudah sekali kotor. Karena itu pastikan lensa pada kamera tidak berembun atau kotor karena jamur. Karena jika sudah terkena jamur, Anda harus membersihkannya dengan membawa ke tempat servis. Membersihkan head unit audio mobil dan kamera mundur ini pun sama dengan membersihkan layar head unit.

>>> Tips & trik lainnya ada disini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top