Tips Melindungi Mobil dari Hujan agar Mobil bisa Awet dan Tahan Lama

Share this post:
Tips Melindungi Mobil dari Hujan agar Mobil bisa Awet dan Tahan Lama
Dengan musim hujan yang sekarang sedang terjadi di Indonesia, melindungi mobil dari hujan merupakan salah satu cara menjaga mobil agar awet dan tahan lama. Mempunyai garasi merupakan perlindungan yang paling efektif bagi mobil agar tidak terkena hujan. Tapi bagaimana jika kita tidak memiliki garasi? Bagaimana cara menjaga mobil dari cuaca lembab dan hujan?

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melindungi mobil dari hujan, beberapa di antaranya yaitu:

1. Parkir di tempat yang memiliki atap

Meskipun tidak memiliki garasi, carilah tempat parkir yang mempunyai atap. Hujan yang deras bisa menjadi musuh untuk cat dan mobil itu sendiri. Dengan atap, mobil tidak hanya terlindung dari hujan, tapi juga dari sengatan matahari yang datang setelah hujan reda.

pemandangan depan sebuah rumah setelah terjadi hujan

Meskipun tidak mempunyai garasi, parkirlah di tempat yang memiliki atap

Meletakkan mobil di daerah yang terkena hujan dan sinar matahari secara terus menerus akan membuat cat mobil menjadi lebih mudah rusak. Apalagi ketika musim pancaroba seperti saat sekarang ini, dimana hujan dan panas berganti-gantian saling mengiringi. Tak jarang, matahari muncul ketika hujan turun dan akan memberikan dampak yang buruk untuk mobil itu sendiri.

>>> Baca juga: Habis Hujan-hujanan, Mobil Jangan Cuma Dilap tapi Wajib Dicuci

2. Gunakan penutup mobil (car cover)

Jika teman tidak memiliki garasi dan tempat beratap untuk memarkirkan mobil, lebih baik teman melakukan investasi dengan membeli car cover untuk menjaga mobil dari hujan dan sengatan matahari. Dengan menggunakan car cover, air hujan tidak akan jatuh langsung ke bagian eksterior mobil dan melindungi mobil.

Sebuah mobil ditutupi dengan kain penutup untuk melindunginya saat hujan

Gunakan car cover untuk melindungi mobil

Tidak ada salahnya membeli penutup mobil untuk melindungi mobil. Hujan yang deras mempunyai kecenderungan lebih besar untuk merusak cat mobil. Bila air mengenai mobil dan menguap, bercak air akan meninggalkan bercak kotor yang bisa merusak cat. Selain itu, car cover juga bisa melindungi bagian bawah mobil dari lumpur yang bisa membuat bagian bawah mobil menjadi berkarat.

Jika menarik, silahkan klik di sini untuk mencari tahu mengenai sifat car cover mobil saat hujan

3. Bersihkan mobil ketika hujan reda

Jika teman tidak mempunyai tempat parkir beratap maupun car cover, setiapnya cucilah mobil teman setelah hujan sesegera mungkin. Jika mobil teman terkena hujan, apalagi untuk waktu yang lama, mobil akan terlihat semakin kotor karena permukaan yang basah bisa menarik lebih banyak pertikel debu dan kotoran yang berada di udara.

gambar jelas sebuah ban mobil saat terjadi hujan dikeluar

Jangan biarkan air hujan lama mengendap dalam mobil

Jika teman membersihkan mobil tepat setelah hujan, kotoran dan debu yang berada pada bagian luar mobil bisa tercuci dengan bersih dan tidak akan berlama-lama mengendap di bagian luar mobil. Sampah yang terbawa dari udara bisa bersifat asam dan bisa mengikis permukaan mobil jika dibiarkan terlalu lama.

>>> Klik di sini untuk membaca artikel tips&trik perawatan mobil lainnya!

Hujan yang deras sepertinya tidak berbahaya, dan tentu saja sangat bagus bagi pepohonan dan rerumputan. Namun, air mengikis bagian luar cat dan bisa menghilangkan perlindungan bodi mobil seiring waktu berjalan, apalagi jika teman berada di wilayah dengan hujan yang sedikit asam.

Melindungi mobil dari hujan seringkali bukanlah prioritas pengendara mobil. Tapi, setidaknya memberikan perlindungan terhadap mobil dari hujan dan panas bisa memperlama umur bagian luar mobil. Sehingga teman tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk melakukan pengecatan ulang.

>>> Klik di sini untuk membaca tips & trik lainnya

Share this post:
 
back to top