Tips Jitu Memilih Oli yang Tepat untuk Kendaraan Kesayangan Anda

Share this post:
Tips Jitu Memilih Oli yang Tepat untuk Kendaraan Kesayangan Anda
Memilih oli yang tepat untuk mobil Anda adalah salah satu aspek terpenting untuk mempertimbangkan memperpanjang umur mobil Anda. Oli bisa dibilang menjadi bagian penting dalam perawatan dan kemulusan berkendara.

Oli memiliki peran penting untuk memastikan bahwa fungsi penting kendaraan Anda dapat terlaksana secra optimal, seperti membersihkan mesin, menghilangkan kotoran dari pembakaran bahan bakar atau digunakan untuk mendinginkan area tersebut ketika sistim pendingin (radiator) tidak dapat bekerja secara optimal untuk mendinginkan mesin mobil Anda. Jika Anda ragu memilih oli yang tepat untuk mesin mobil Anda, maka berikut beberapa tips yang dapat kami berikan :

1. Pilihlah oli yang disarankan pabrikan kendaraan Anda

Gambar yang menunjukan beberapa pilihan oli untuk perawatan mobil

Pertama-tama, pilihlah oli yang disarankan produsen Anda

Pilihan pertama yang patut Anda pertimbangkan dalam memilih oli adalah penyesuaian dengan pabrikan kendaraan. Kami menyarankan Anda untuk menggunakan yang seperti yang ditunjukkan oleh produsen mobil yang tercantum dalam buku manual kendaraan diberikan pabrikan, terlepas dari merek yang Anda beli.

>>> Baca juga tips perawatan lainnya disini

2. Lokasi lingkungan

Gambar yang menunjukan seorang teknisi yang sedang mengganti oli pada mobil

Kondii mengemudi dan lingkungan juga mempengaruhi oli yang dipakai

Kondisi lingkungan tempat Anda juga memiliki pengaruh yang penting dalam pemilihan oli yang sesuai dengan mobil Anda. Apakah Anda mengemudi dalam cuaca yang sangat panas atau dingin? Apakah banyak dari Anda mengemudi di jalan beraspal? Apakah itu relatif datar atau menanjak? Kondisi yang dapat membuat tekanan pada mobil Anda cenderung menggunakan oli sedikit lebih cepat daripada biasanya, yang berarti Anda mungkin ingin memilih campuran sintetis atau mineral.

3. Perhatikan tingkat kekentalan

Tingkat kekentalan pelumas yang juga disebut “Viskosity-Grade” adalah ukuran kekentalan dan kemampuan pelumas untuk mengalir pada temperatur tertentu. Kode pengenal oli adalah berupa huruf SAE yang merupakan singkatan dari Society of Automotive Engineers.

Gambar yang menunjukan perbedaan kekentalan beberapa oli yang sedang diuji coba

Perbedaan kekentalan memberikan dampak yang berbeda bagi kendaraan

Selanjutnya angka yang mengikuti dibelakangnya, menunjukan tingkatan kekentalan oli tersebut. Sedangkan huruf W yang terdapat dibelakangnya angka awal, merupakan singkatan dari Winter. SAE 15W-50, berarti oli tersebut memiliki tingkat kekentalan SAE 10 untuk kondisi suhu dingin dan SAE 50 pada kondisi suhu panas.

>>> Baca juga Mengenal perbedaan viskositas pada oli

4. Perhatikan kualitas dari oli dari kode API (American Petrolium Institute)

Contoh API: SL, Kode S (Spark) menandakan pelumas mesin untuk bensin. Kode huruf kedua menunjukan nilai kualitas oli. Semakin mendekati huruf Z, mutu oli semakin baik dalam melapisi komponen dengan lapisan film dan semakin cocok dengan kebutuhan mesin modern. API SM khusus untuk mobil-mobil beteknologi baru dirancang untuk memberikan kontrol endapan temperatur tinggi yang lebih baik.

Gambar yang menunjukan chart kode API yang ada pada oli mobil

Kode API membantu Anda memilih kondisi oli yang tepat

Untuk generasi sebelumnya, misalkan mobil keluaran 2004 ke bawah, dianjurkan pakai kode SL. Lalu ada kode SJ untuk 2001 ke bawah. Huruf ”W” yang terdapat di belakang angka awal, adalah singkatan dari ”Winter”. Misalnya SAE 15W-50, berarti oli tersebut memiliki tingkat kekentalan SAE 15 untuk kondisi suhu dingin dan SAE 50 pada kondisi suhu panas. Dengan kondisi seperti ini, oli akan memberikan perlindungan optimal saat mesin start pada kondisi ekstrim sekalipun.

5. Bahan Pembuatan Oli

Oli mobil dibedakan menjadi dua jenis berdasarkan bahan yang digunakan. Jenis yang pertama ialah oli sintetis yang dibuat dari berbaga bahan kimia dengan sifat aditif. Sementara itu yang kedua ialah oli mineral yang terbentuk dari ekstraksi minyak bumi, dengan kata lain lebih alami.

Gambar yang menunjukan oli yang sedang dituangkan

Perbedaan bahan dasar juga memberikan dampak yang berbeda

Oli sintetis dapat berguna lebih maksimal ketika digunakan untuk mobil-mobil pabrikan baru. Kelebihan dibandingkan oli mineral pun lebih banyak, di antaranya yaitu:

  • Kadar penguapan lebih rendah karena cenderung stabil jika terkena suhu tinggi
  • Tahan terhadap gesekan dan melumasi mesin dengan lebih baik
  • Lebih ekonomis karena tahan terhadap oksidasi
  • Dapat menjaga kebersihan mesin karena mengandung detergen

Berikut tips memilih oli terbaik untuk kendaraan

Demikian beberapa kiat dalam memilih oli yang tepat untuk kendaraan kesayangan Anda. Dengan mengikuti beberapa kiat diaatas diharapkan dapat membantu Anda merawat dan menjaga kondisi mesin mobil. Semoga dapat bermanfaat dan berguna.

>>> Baca juga tips dan trik lainnya disini

Share this post:
 
back to top