Tips Honda Civic Turbo: Jangan Asal Ngebut, Sesuaikan Tekanan Ban!

05/09/2020

Perawatan dan service

3 menit

Tips Honda Civic Turbo: Jangan Asal Ngebut, Sesuaikan Tekanan Ban!
Punya mobil Honda Civic Turbo memang menyenangkan, mesinnya kencang dan juga irit, tapi jangan asal ngebut ya, simak tips Honda Civic Turbo berikut ini dulu...

Memiliki mobil Honda Civic Turbo memang menyenangkan, ditunjang dengan bentuknya keren, mesinnya kencang dan juga irit. Bagaimana tidak? Berdasarkan hasil pengetesan kami sendiri untuk berakselerasi dari diam ke 100 km/Jam Honda Civic Turbo Sedan hanya butuh angka di bawah 8 detik! Begitu pula konsumsi BBM di tolnya yang dengan mudah tembus di atas 19 km/liter. Tapi, Anda jangan asal ngebut ya, simak tips Honda Civic Turbo berikut ini dulu demi keselamatan Anda.

Foto stoplamp Honda Civic Turbo Sedan

Jangan asal geber! Simak dulu tips mengenai Honda Civic Turbo berikut ini

>>> Inilah 5 penyebab klaim garansi mobil baru Anda ditolak

Sesuaikan Tekanan Ban

Honda Civic Turbo untuk model Sedan contohnya, sebelum ngebut ada baiknya untuk menyesuaikan tekanan ban terlebih dahulu. Sebagai informasi, pada pilar B di samping pengemudi Honda Civic Turbo, terdapat stiker yang menginformasikan mengenai tekanan angin ban yang direkomendasikan sesuai dengan kebutuhan. Untuk pengendaraan dengan kecepatan di bawah 160 km/Jam dengan pengemudian di atas kecepatan 160 km/Jam kebutuhan tekanan anginnya berbeda.

Foto tim Cintamobil.com sedang mengemudikan Honda Civic Turbo

Jangan asal bejek gas, tekanan angin ban perlu disesuaikan

Lantas mengapa dibuat perbedaan dengan deviasi kecepatan 160 km/Jam? Sebab untuk melaju di kecepatan tinggi ban membutuhkan grip dan traksi yang mumpuni. Ban yang cengkramannya lepas (hilang traksi) saat kecepatan tinggi amat berbahaya, sebab mobil bisa meluncur lepas kendali berujung kecelakaan. Apalagi Honda Civic Turbo punya performa baik, untuk menyentuh kecepatan 200 km/jam di jalan bebas hambatan adalah sesuatu yang sangat mudah.

Foto tampilan depan Honda Civic Turbo Sedan 2019

Dengan mesin berkekuatan 173 PS dan torsi 220 NM, berlari lebih dari 160 km/Jam adalah hal mudah

"Sesuaikan dengan rencana pemakaian kendaraannya, kalau mau dipakai geber-geberan , pakai tekanan angin yang direkomendasikan untuk diatas 160 km/Jam, tapi kalau enggak sampai segitu ya (pakai) yang tekanan angin di bawah 160 km/Jam saja," papar Zulpata Zainal, selaku OVT GT Prooving Ground Manager, PT.Gajah Tunggal Tbk kepada tim Cintamobil.com

Spesifikasi Ban Honda Civic Turbo

Foto ban dan velg Honda Civic Turbo Hatchback RS 2020

Model hatchback pakai merek ban yang berbeda

Honda Civic Turbo baik model Sedan maupun Hatchback pakai ban berukuran 215/50 R17 di keempat rodanya. Bedanya model Sedan mengadopsi merek Bridgestone tipeTuranza dan merek Yokohama tipe Advan dB terpasang pada model Hatchback. Kedua ban Honda Civic Turbo ini punya speed rating V dan load index 91. Artinya, ban tersebut aman untuk digeber hingga kecepatan maksimum 149 MPH atau sekitar 240 km/Jam. Serta load index 91 menunjukkan ia mampu menahan beban hingga 615 kilogram per satu buah bannya (jika empat ban ditotal berarti 2.460 kilogram).

Foto stiker rekomendasi tekanan angin ban Honda Civic Turbo

Isi tekanan angin sesuai kebutuhan

Nah, tekanan angin yang harus diikuti adalah sesuai stiker yang kami sertakan fotonya itu, Untuk mengendaraan di bawah 160 km/jam tekanan angin ban depan dan belakang sama-sama 32 psi, sedangkan untuk pengemudian di atas 160 km/Jam, tekanan angin ban depan direkomendasikan ada di tekanan 35 psi sedangkan belakang 33 psi. Jadi itulah tips Honda Civic Turbo mengenai tekanan ban.

Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top