Tips Efektif Menggunakan AC Ketika Udara Panas

10/04/2018

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
Tips Efektif Menggunakan AC Ketika Udara Panas
Menggunakan AC di Indonesia hukumnya wajib, apalagi dengan panasnya siang ditambah dengan kemacetan di jalanan. Namun, kewajiban kita sebagai pengemudi adalah mengetahui bagaimana cara menggunakan AC ketika cuaca panas untuk mendapatkan kedinginan yang hakiki tanpa menguras bahan bakar berlebih.

Cara menggunakan AC ketika cuaca panas menjadi salah satu penanganan yang sering terlupakan oleh pengemudi. Bahkan, banyak pengemudi yang belum mengetahui bagaimana cara membuat AC mobil bisa berfungsi dengan sempurna dan efektif. Beberapa tips penggunaan AC diantaranya yaitu:

1. Dapatkan perawatan rutin

Gambar yang menunjukan cara merawat AC mobil d bengkel

Berikan perawatan berkala bagi AC dan komponen mobil lainnya

Jika Anda berada di daerah tropis, Anda akan lebih banyak menggunakan AC pada mobil Anda. Karena itu, memelihara AC secara rutin merupakan salah satu perawatan yang wajib dilakukan. Pastikan untuk melakukan perawatan berkala di bengkel-bengkel kepercayaan Anda. Perawatan menjadi salah satu cara terbaik untuk memastikan AC Anda akan bekerja ketika Anda butuhkan di hari-hari yang panas.

>>> Baca juga Masalah yang sering terjadi pada AC mobil

2. Parkir di tempat yang teduh

Gambar yang menunjukan mobil yang sedang parkir di bawah pohon

Selalu hindari panas berlebih dengan parkir di tempat teduh

Meskipun tidak akan membantu memperpanjang umur AC, penanganan ini akan membantu Anda menjaga kendaraan menjadi lebih sejuk pada udara panas. Cobalah untuk memarkirkan kendaraan di tempat parkir yang teduh sehingga ketika Anda masuk ke dalam mobil, AC Anda tidak perlu bekerja keras untuk mendinginkan kabin

3. Gunakan mode resirkulasi

Gambar yang menunjukan mode resirkulasi pada AC mobil

Mode resirkulasi menghemat pemakaian bahan bakar

Setelah Anda mulai mendinginkan kendaraan Anda, gunakan mobil ini untuk mengalirkan kembali udara sehingga membantu mendinginkan mobil lebih cepat. Saat udara mulai sejuk di dalam kendaraan, hal ini memudahkan AC untuk mendinginkan udara lebih cepat.

4. Gunakan cara lama

Pada dasarnya, Anda harus membuka semua jendela dan menyetir sebentar untuk menjalankan sirkulasi udara di dalam mobil. Manuver yang efektif adalah mengemudikan sekitar 10-15 km/jam dan berbelok 90 derajat untuk mendorong keluar udara panas melalui satu sisi dan menyedot udara segar dari luar.

Gambar yang menunjukan tangan yang sedang menghidupkan AC mobil

Biarkan AC beradaptasi sebelum dihidupkan 100%

Selain itu, AC yang langsung dihidupkan 100% sama dengan manusia yang langsung disuruh bekerja ketika bangun tidur. Karena itu, untuk menggunakan AC dengan efektif, cobalah untuk memulai pendinginan dengan mode Rendah (Low) terlebih dahulu dan secara bertahap tingkatkan kecepatannya. Dengan ini, AC akan ‘beradaptasi’ dan memberikan pendinginan yang optimal untuk Anda.

>>> Baca juga tips perawatan lainnya disini

5. Segera perbaiki ketika ada masalah

Gambar yang menunjukan ilustrasi perbaikan AC ketika ada masalah

Cepat tanggap dalam melihat masalah pada AC

Jika Anda merasa ada yang salah dengan AC Anda, segera lakukan pengecekan dan perbaiki. Menunggu-nunggu untuk memperbaiki komponen mobil akan membuat masalah yang timbul menjadi lebih berat. Segera perbaiki ke bengkel atau teknisi kepercayaan Anda.

Perhatikan bagaimana cara me-recharge AC mobil Anda

Selain itu, jangan lupa untuk mengikuti jadwal pemeliharaan berkala mobil Anda. Perhatikan juga kapan filter udara kabin harus diganti untuk mendapatkan cara menggunakan AC ketika cuaca panas yang efektif. Setidaknya setahun sekali, teknisi Anda harus menyemprotkan beberapa zat anti bateri ke dalam saluran udara dan ventilasi AC Anda agar pengendaraan Anda menjadi lebih sehat dan menyenangkan.

>>> Baca juga tips dan trik lainnya disini

Share this post:

Berita lain

Cara menggunakan AC untuk Menghemat Bahan Bakar

20/11/2017

Perawatan dan service

8 menit

Menurut teman, manakah yang akan menghemat bahan bakar? Menggunakan AC atau membuka jendela? Banyak perdebatan yang terjadi dengan menggunakan AC mobil dan membuka jendela untuk mengurangi pemakaian bahan bakar. Salah satunya dilakukan oleh Shell FuelSave Fact or Fiction Report, sebuah penelitian tentang kebiasaan-kebiasaan yang bisa dilakukan untuk menghemat pemakaian bahan bakar.

Lihat juga

Ini Beberapa Kesalahan Menyalakan AC Mobil yang Sering Dilakukan

02/09/2019

Pengemudian

4 menit

Para pemilik mobil, kadang kala melakukan kesalahan menyalakan AC mobil. Berharap kabin mobil cepat dingin setelah menyalakan AC, malah hal sebaliknya yang didapat.

Lihat juga

Bukan dari AC, Perhatikan 3 Hal Ini Jika Ada Tetesan Air di Kolong Mobil

10/09/2019

Perawatan dan service

4 menit

Ketika ada tetesan air di kolong mobil, biasanya itu karena bekas hembusan AC saat AC mobil dihidupkan. Lalu bagaimana jika air tetap menetes walau AC mati?

Lihat juga
 
back to top