Tips dan Trik Mengganti Lampu Depan Mobil di Rumah

06/01/2018

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Tips dan Trik Mengganti Lampu Depan Mobil di Rumah
Mempunyai mobil yang mewah tidak berarti apa-apa jika lampu depan mobil anda rusak. Jika lampu depan rusak, tidak butuh usaha lebih untuk mengganti lampu depan mobil. Mengganti lampu depan bisa dilakukan di rumah dengan peralatan yang tidak begitu susah.

Alat-alat yang dibutuhkan adalah:

  • Bola lampu baru. Pastikan anda memilih bohlam yang tepat untuk kendaraan anda. Jika perlu, cocokkan di toko suku cadang tempat anda membeli spare part anda.
  • Tisu dan alcohol. Tisu dan alcohol digunakan untuk membersihkan dan menahan bohlam baru
  • Obeng.

Lampu depan mobil berwarna hitam dengan sinar LED putih yang sedang menyala

Lampu depan mobil merupakan standar keamanan berkendara

Langkah 1: Cari tempat lampu depan

Membuka bola lampu depan tidak dibuka dari bagian depan mobil, tapi dari bagian dalam. Buka kompartemen mesin dan temukan bohlam depan di dekat bagian depan mobil. Anda akan menemukan pemegang bola lampu dengan konektor power. Konektor power pada mobil biasanya mempunyai tiga kabel yang mengarah pada bola lampu.

>>> Baca juga, Tanda kerusakan pada rem dan penyebabnya

Langkah 2: Lepaskan kabel daya

Kabel power terpasang pada steker di bagian bawah lampu depan, dan terikat pada tangkai plastic, klip logam, atau tutup sekrup. Pegangan ini tergantung pada kendaraan yang anda miliki. Pemegang plastik mempunyai tuas kecil pada bagian atas. Dorong sedikit sambil anda menarik keluar bagian tuas tersebut.

Kabel daya dengan steker berwarna biru yang terpasang pada lampu depan mobil

Lepaskan kabel daya yang mengikat pegangan lampu

Jika mobil anda mempunyai pemegang logam, tarik dan lepaskan. Pastika anda memegang pegangan tersebut saat anda menariknya. Jika mobil anda memasang tutup sekrup, anda dapat melepasnya dengan memutarnya berlawanan jarum jam.

Langkah 3: Lepaskan bohlam yang lama

Begitu kabel dan pemegangnya telah terputus, anda bisa melepaskan bagian belakang tempat lampu depan dan melepaskan bohlam yang akan diganti dengan memegang alasnya. Dalam beberapa kasus, anda mungkin harus memutar bohlam sedikit untuk bisa membuka bohlam dari pegangannya.

>>> Baca juga, tips dan trik perawatan mobil lainnya disini

Langkah 4: Bersihkan dan pasang bohlam baru

Bersihkan lampu baru dengan tisu dan sarung tangan. Hindari memegang lampu dengan tangan, karena tangan bisa terindikasi memiliki minyak. Minyak yang ada pada lampu bisa membuat lampu tidak begitu jernih jika dipakai. Sebaiknya, anda membersihkan bola lampu dengan alkohol sebelum memasangnya.

Penjepit metal yang ada pada bagian dalam lampu depan mobil yang menjadi alas lampu

Penjepit metal yang menjadi alas bola lampu

Setelah bohlam bersih, masukan ke dasar steker. Jika dipasang dengan benar, tidak ada karet lampu yang terlihat. Ketika lampu sudah terpasang, anda bisa memasang pemegang kembali ke tempatnya dan memasang kabel power kembali. Pastikan untuk mengetes kembali dengan menghidupkan bola lampu mobil anda.

Mengganti bola lampu mobil tidaklah sesulit yang anda kira, namun dibutuhkan ketelitian dan kesabaran dan menggantinya. Dengan memperhatikan langkah-langkah dari Cintamobil di atas, anda tidak perlu lagi pergi ke bengkel untuk memasang bohlam baru.

Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat apa yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan ketika mengganti bola lampu mobil.

Pembaca juga mencari: cara mengganti bohlam lampu depan mobil, cara ganti lampu depan grand max, cara melepas lampu depan avanza, cara mengganti lampu senja grand max, cara mengganti lampu depan mobil panther, cara mengganti lampu mobil, cara mengganti lampu depan l300, cara melepas lampu sein kijang kapsul, cara ganti lampu mobil.
Share this post:

Berita lain

Tips Modifikasi Velg Toyota Agya dan Daihatsu Ayla Tanpa Ubah Suspensi

08/03/2020

Perawatan dan service

5 menit

Berikut ini tim Cintamobil.com akan membagikan tips modifikasi velg Toyota Agya dan Daihatsu Ayla yang masih aman untuk pemakaian sehari-hari serta tidak merubah suspensi standar dari mobil tersebut.

Lihat juga

Spion Rusak Tertabrak Motor? Jangan Dulu Beli yang Baru!

11/03/2019

Perawatan dan service

3 menit

Spion rusak tertabrak motor bisa Anda perbaiki sendiri, mulai dari ekrusakan kecil seperti spion tergores, kaca spion pecah, atau bahkan spion patah. Berikut ini cara memperbaiki spion rusak akibat tertabrak motor.

Lihat juga

Hati-Hati, Aplikasi Spacer atau Adaptor Pada Velg Bisa Berakibat Fatal

31/01/2020

Perawatan dan service

4 menit

Meski tak disarankan, pemakaian spacer atau adaptor umum dilakukan agar velg dapat terpasang sempurna. Jika terpaksa, cermati penggunaannya agar tak celaka

Lihat juga