Tips Bikin Mobil Kinclong Selama PPKM, Tak Perlu ke Salon Mobil!

02/07/2021

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Tips Bikin Mobil Kinclong Selama PPKM, Tak Perlu ke Salon Mobil!
Melihat mobil yang bersih dan mengilap tentu menjadi kesenangan tersendiri bagi pemiliknya. Ini tips membuat mobil Anda menjadi kinclong selama PPKM di rumah.

Presiden Joko Widodo telah mengumumkan berlakunya PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Mikro Darurat untuk pulau Jawa dan Bali. Langkah tersebut diambil untuk menekan laju penyebaran COVID-19 yang melonjak tajam.

Selama pembatasan tersebut berlaku, pekerja di sektor non esensial diharuskan untuk Work From Home (WFH) atau bekerja di rumah 100% selama periode PPKM diberlakukan.

Gambar PPKM

Mobilitas masyarakat juga dibatasi selama PPKM diberlakukan

Dengan waktu yang lebih banyak di rumah, ini menjadi kesempatan Anda untuk lebih memperhatikan mobil kesayangan Anda. Berikut beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk merawat bodi mobil agar lebih kinclong selama PPKM.

>>> PPKM Darurat Jawa-Bali Sah! Naik Bus Harus Sudah Vaksin dan Antigen

1. Menghilangkan Water Spot atau Bercak Air

Belakangan ini, cuaca Indonesia sedang tidak menentu. Beberapa kali sempat panas, lalu tiba-tiba turun hujan dengan deras. Kondisi seperti itu bisa menimbulkan water spot atau bercak air pada bodi mobil.

Jika waterpot masih terbilang baru, Anda cukup mencuci mobil untuk menghilangkan bercak tersebut. Tetapi, jika bercak sudah membandel, Anda harus meluangkan waktu untuk menghapusnya dengan cairan water spot remover. Cairan tersebut banyak tersedia di ecommerce atau toko aksesoris mobil.

Gambar Water Spot Remover

Salah satu produk Water Spot Remover yang tersedia di pasaran

Caranya cukup mudah, pertama cuci dan keringkan mobil Anda terlebih dahulu. Kemudian, semprotkan cairan water spot remover ke lap microfiber, dan gosokkan lap ke area bodi mobil dengan bercak air dengan gerakkan memutar.

>>> Penting! Ini 3 Tips Agar Shockbreaker Mobil Tidak Mudah Rusak

2. Membuat Bodi Mengilap Dengan Quick Detailer

Selagi mobil Anda sudah bersih setelah dicuci, Anda juga bisa menggunakan trik yang biasa digunakan oleh gerai detailer mobil untuk membuat mobil Anda mengilap setelah mencuci, yaitu menyemprotkan cairan quick detailer. Cairan ini juga tersedia di ecommerce dan toko aksesoris mobil.

Untuk mengaplikasikannya, cukup semprotkan quick detailer ke bodi mobil lalu gosokkan panel yang sudah disemprot dengan gerakan memutar menggunakan lap microfiber. Setelah itu, gunakan permukaan lap yang belum dipakai untuk menyeka bagian yang sudah diaplikasikan hingga kering.

Gambar Quick Detailer

Quick detailer, cara cepat membuat mobil kinclong selama PPKM

Tak hanya membuat bodi mobil lebih mengilap, kebanyakan quick detailer memiliki sifat hidrofobik. Sifat ini membuat air sulit menempel pada permukaan bodi mobil sehingga air hujan pun atau genangan pun lebih mudah luruh dan mobil jadi lebih mudah dibersihkan.

3. Menghitamkan Panel Plastik Dengan Dressing

Jika Anda masih punya waktu luang selama PPKM, Anda bisa menghitamkan kembali panel-panel plastik bodi mobil yang memudar dengan cairan dressing yang bisa Anda dapatkan di ecommerce dan toko aksesoris mobil.

Gambar Dressing

Ingin menghitamkan kembali panel plastik selama PPKM? Gunakan cairan dressing

Untuk mengaplikasikannya, Anda membutuhkan busa aplikator. Caranya, tuangkan atau semprotkan dressing ke busa tersebut, lalu aplikasikan ke panel-panel plastik yang diinginkan. Tak butuh waktu lama, panel yang sudah memudar itu pun akan kembali hitam dan mengilap.

Itu dia 3 tips dari Cintamobil.com yang bisa Anda terapkan di rumah selama PPKM diberlakukan. Selamat mencoba ya!

>>> Ini 3 Gejala Yang Muncul Saat AC Mobil Anda Butuh Diservis

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com. Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas
 
back to top