Tips Berkendara Aman Buat Yang Malas Mencuci Mobil

12/03/2020

Perawatan dan service

3 menit

Tips Berkendara Aman Buat Yang Malas Mencuci Mobil
Meski Anda jarang mencuci mobil dan tega membiarkannya kotor, bagian yang satu ini tetap harus bersih mengingat begitu vitalnya bagi keselamatan berkendara.

Ingin penampilan mobil menarik, mau tidak mau Anda harus memperhatikan kebersihannya. Tak boleh ada kotoran tertinggal tak dibersihkan. Bahkan debu pun harus dibersihkan, baik yang berada di bodi maupun di kaca jendela dan kaca depan belakang.

Foto Mazda CX-30 tampak dari samping depan

Syarat utama mobil menarik adalah bersih

Idealnya, mencuci mobil harus segera dilakukan begitu terlihat kotor. Terlebih jika mobil habis dipakai berhujan-hujan. Selain tidak baik sisa-sisa air hujan dibiarkan menempel tak dikeringkan, mobil dipastikan kotor oleh debu jalanan yang terbawa hujan. Makin jelas lagi kalau air mengering sendiri, mobil tak hanya kotor biasa, tapi juga dekil. Lantas, bolehkan mobil dipakai secara normal seperti biasa meskipun kotor?

Bodi kotor tak ganggu performa, tapi...

Secara teknis, eksterior mobil yang kotor tidak menghilangkan fungsi mobil itu sendiri sebagai sarana transportasi. Anda tetap bisa mengendarainya kemanapun, juga menggunakannya untuk keperluan apapun. Yang penting Anda tidak malu. Bagaimanapun juga mobil Anda akan jadi perhatian banyak orang. Jika penampilannya yang kelewat kotor., Anda-lah yang akan jadi buah bibir dan dicap sebagai orang yang tak memperhatikan kebersihan.

>>> 3 Bahan Sederhana Ini Ternyata Bisa Jadi Pengganti Shampo Mobil Lho!

Foto menunjukkan mobil Volvo yang kotor tampak dari samping

Volvo malah mengkampanyekan mobil kotor demi menghemat air

Menurut pereli nasional Rifat Sungkar, mau musim hujan atau kemarau kalau mobil dipakai di jalan raya pastilah jadi kotor dan harus dicuci jika ingin bersih kembali. Rifat tidak menjelaskan detail waktu yang ideal buat mencuci mobil karena sifatnya kondisional.

"Kalau musimnya kemarau, bisa cukup lama (rentang mencuci mobil lagi). Cuma, bodi mobil mau poles berapa kali, mau mengkilap seperti apa, namanya kota besar pasti kotoran itu pasti ada, debu itu pasti ada," tutur Rifat, seperti dikutip dari Detik, (9/3/2020).

>>> Pilihan mobil baru dan bekas berkualitas bisa Anda temukan di sini

Mau aman, kaca harus selalu bersih

Dari sisi penampilan Anda boleh mengabaikan, namun dari sisi keselamatan Anda tetap wajib memperhatikan. Saran Rifat, satu bagian yang harus benar-benar diperhatikan kebersihannya adalah kaca. Meski mobil yang Anda bawa kotornya kelewatan, kaca harus dalam kondisi selalu bersih. Bahkan jika Anda tidak sempat mencuci mobil, kaca tetap harus dibersihkan.

Foto seorang cewek sedang membersihkan kaca mobil

Kaca mobil wajib bersih agar visibilitas tak terganggu

Bersih tidaknya kaca berpengaruh pada visibilitas. Dan visibilitas berpengaruh pada keselamatan. Jangan sampai debu dan kotoran di kaca mobil dibiarkan tanpa dibersihkan sama sekali. Sebab kalau sudah jamuran kaca akan menjadi buram dan akan sangat sulit dibersihkan seperti sediakala.

"Kaca ini kalau ada apa-apa, kalau udah jamuran itu susah banget dibersihinnya. Kaca kalau udah buram seumur hidup buram," kata Rifat.

>>> Tips perawatan mobil lainnya dapat Anda lihat di sini

Mau tahu bagaimana cara mencuci mobil yang benar, ikuti caranya berikut!

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada disini

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top