Tidak Sulit Kok, Ini Cara Merawat Mobil Klasik

04/12/2019

Perawatan dan service

5 menit

Share this post:
Tidak Sulit Kok, Ini Cara Merawat Mobil Klasik
Cara merawat mobil klasik sebenarnya tidaklah sulit. Anda hanya perlu runtin memperhatikan kondisi mobil tersebut, maka mobil akan selalu dalam kondisi prima walau jarang digunakan.

Banyak anggapan merawat mobil klasik itu jauh lebih sulit dibanding merawat mobil baru. Karena mobil klasik cenderung lebih gampang mogok dibanding mobil baru. Padahal itu tidak selamanya benar.

>>> Komparasi Mobil Klasik: Pilih Honda Civic Nouva atau Honda Civic Estilo?

Semua kendaraan, tentunya akan selalu tampil prima jika dirawat dengan benar. Sebaliknya, semua mobil juga akan gampang rusak kalau tidak pernah dirawat dengan baik. Nah kali ini akan dibahas cara merawat mobil klasik.

1. Rutin Dicuci

mencuci mobil

Jangan malas cuci mobil walau tidak pernah digunakan

Walau pun mobil klasik umumnya lebih banyak diam digarasi dibanding digunakan, namun sebaiknya tetap rutin untuk dicuci. Minimal sepekan sekali. Saat mencuci mobil, pastikan semua bagian dicuci dengan bersih hingga ke sela-sela atau kolong mobil. Setelah itu jangan lupa lap sampai kering. Supaya permukaan eksterior mobil tetap terjaga dari debu atau kotoran yang bersarang.

>>> Promo mobil baru paling menarik ada disini

2. Selalu Rawat Interior

interior mobil klasik

Bersihkan juga ruang kabin

Selain eksterior, cara merawat mobil klasik adalah dengan memperhatikan kondisi interiornya. Lap dan bersihkan ruang kabin minimal sepekan sekali bersamaan dengan mencuci bagian eksterior. Jangan lupa juga untuk membersihkan dasbor, karpet, jok, doortrim, dan plafon. Jika mobil klasik tersebut menggunakan bahan yang sudah sulit untuk dijumpai, sebaiknya gunakan sarung jok. Ini untuk menjaga pelapis jok tetap awet.

3. Panaskan Mesin

mesin mobil klasik

Rutin hidupkan mesin minimal 3 hari sekali

Mobil klasik biasanya jarang sekali digunakan. Tapi bukan berarti absen untuk rutin memanaskan mesinnya. Panaskan mesin minimal tiap 2-3 hari sekali. Nyalakan mesin selama 5-10 menit. Jika mobil terparkir di garasi dengan kondisi Parking Brake (rem tangan) aktif, maka non aktifkan juga rem tersebut. Ini untuk mencegah rem menempel pada cakram. Selain itu dengarkan suara mesin mobil, jika ada bunyi-bunyi aneh, berarti ada komponen yang harus diganti. Segeralah ganti demi mencegah kerusakan yang lebih parah. Selain itu, suku cadang mobil klasik biasanya perlu waktu lebih lama untuk menemukannya.

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas ada disini

4. Jangan Lupa Ganti Oli

oli mesin mobil

Rutin juga ganti oli

Walau mobil tidak pernah digunakan, sebaiknya tetap lakukan ganti oli, minimal 6 bulan sekali. Hal ini untuk mencegah oli mengental dan membuat kerja mesin terganggu. Sebaiknya jangan gunakan oli yang terlalu encer, karena oli encer lebih cocok untuk mesin modern. Sesuaikan spesifikasi oli dengan rekomendasi dari pabrikan mobil tersebut.

5. Periksa Karet-karet

karet kaca mobil

Kalau karet sudah mengeras, sebaiknya ganti dengan yang baru

Untuk merawat mobil klasik, sebaiknya lakukan pemeriksaan rutin terhadap komponen yang berbahan dasar karet. Misalnya karet-karet kaca, karet wiper, karet pintu, sampai karet engine mounting dan juga ban. Karena biasanya karet akan mengeras jika sudah memasuki usia tertentu walaupun mobil jarang digunakan. Jika karet sudah mengeras atau tidak lagi elastis, sebaiknya ganti dengan yang baru.

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Merawat Mobil Mesin Turbo, Sederhana Tapi Harus Serius

19/07/2019

Perawatan dan service

4 menit

Mobil bermesin turbo jadi tren, beragam merek mencoba menghadirkan model terbaiknya demi memikat lebih banyak konsumen. Lantas bagaimana merawat mobil mesin turbo yang baik?

Lihat juga

Merawat Mobil Paska Mudik? Tips dari Daihatsu: Cek Komponen-Komponen Ini!

17/06/2019

Perawatan dan service

2 menit

Kembali ke rutinitas biasa setelah bersilaturahmi bersama keluarga, perhatikan juga kondisi kendaraan setelah dibawa dalam perjalanan jauh. Untuk merawat mobil paska mudik, Daihatsu menganjurkan pemilik mobil untuk mengecek beberapa komponen berikut.

Lihat juga

Jangan Malas, Ini 3 Cara Mudah Merawat Mobil Baru

26/09/2019

Perawatan dan service

5 menit

Merawat mobil baru cenderung lebih mudah, mengingat komponen-komponen di mobil ini terbilang baru. Meski demikian jangan malas untuk melakukannya jika ingin mobil selalu prima saat digunakan.

Lihat juga

Review Mitsubishi Galant 1998

26/03/2019

Editor rate:

Pada saat era krisis moneter 1998, Mitsubishi justru melahirkan Mitsubishi Galant sebagai salah satu medium sedan Jepang yang hadir untuk penikmat kecepatan. Apakah ia layak menjadi salah satu mobil bekas sedan incaran saat ini?

Lihat juga

MINI 3-Door 2020: Harga mobil MINI 3-Door & Promo Oktober

01/10/2020

MINI

Versi paling anyarnya dirilis pada tahun 2015 lalu di Indonesia. Hingga tahun 2018 ini, MINI 3-Door adalah model yang paling diminati. Bayangkan saja, 41 persen total penjualan MINI Indonesia pada tahun 2017 disumbangkan oleh model 3-Door ini. Apa alasan di balik fenomena tersebut? Berapa harga MINI 3-Door terbaru ini?

Lihat juga