Tidak Selamanya Lancar, Inilah Jenis Masalah Pintu Geser Elektrik

Tidak Selamanya Lancar, Inilah Jenis Masalah Pintu Geser Elektrik
Mobil dengan pintu geser dan pintu bagasi elektrik menjamin kemudahan akses orang ke kabin maupun penempatan barang dibagasi. Namun, tidak selamanya bagian ini berfungsi lancar termasuk komponen motor penggeraknya. Inilah jenis masalah pintu geser elektrik.

Mobil dengan pintu geser dengan akses ke jok baris kedua atau ketiga pada dasarnya terbagi dua. Ada yang menggunakan sistem buka/tutup pintu secara manual dan ada yang sudah elektrik menggunakan motor listrik atau biasanya disebut power door. Model terakhir contohnya, sudah di aplikasi di Nissan Elgrand dan Serena, Honda Freed, Toyota Alphard Nav1 dan Vellfire serta Mazda Biante.

>>> Jangan Tunggu Error, Perhatikan 4 Hal Ini Pada Pintu Geser MPV-mu

Untuk pintu geser model elektrik, rangkaian komponennya tentu tidak serumit sistem elektrikal di mesin. Namun seiring penggunaan dan umur mobil maka komponen pintu geser ini juga kerap bermasalah. Terlebih jika Anda membuka atau menutup paksa pintu geser elektrik, maka tali sling penarik akan bermasalah. Dan ini paling seri terjadi untuk masalah pintu geser elektrik.

Jangan paksa buka pintu geser elektris

Membuka pintu geser elektrik secara baksa menjadi salah satu sumber masalah

Ada anggapan yang salah ketika orang langsung mengaitkan masalah pintu geser elektrik yang tersendat karena kondisi motor yang melemah, padahal belum tentu. Sebagai contoh pada Nissan Serena pintu geser elektrik bukan menggunakan sistem rel karena ada pengaitnya. Sehingga bila jalannya normal karena ada instruksi buka, tapi bila motor dalam keadaan diam dan ditarik paksa maka pengaitnya yang akan bergeser. Tetapi tenang, proses ini tidak akan membuat tali langsung rusak.

Selain Motor listrik, tali sling juga komponen rawan rusak pada pintu geser elektris

Komponen tali sling paling berpotensi cepat rusak dalam mekanisme pintu geser elektrik

>>> Simak juga review mobil terbaru dari Cintamobil.com, dengan kritis dan mendalam

Untuk masalah pintu geser elektrik lainnya adalah pengguna mobil wajib memperhatikan kesalahan yang tidak perlu seperti memarkir mobil di tempat yang cenderung miring. Pasalnya pada posisi ini daya kerja motror listrik termasuk tali sling semakin berat hingga efeknya menambah beban motor listrik.

Salah satu Indikasi masalah pintu geser elektrik ialah jalannya pintu geser yang agak lambat dan cenderung tidak kuat untuk menutup pintu. Mekanisme terkait pintu geser elektrik sebenarnya bisa di contoh untuk perlakuan ke pintu belakng yang juga elektrik. Namun, untungnya bagian ini cenderung lebih fleksibel karena menggunakan sistem hidraulis yang lebih aman.

>>> Tips terlengkap seputar mobil bisa ditemukan di Cintamobil

 
back to top