Tidak Perlu Panik, Ini Tips Saat Lampu Indikator di Panel Instrumen Mobil Menyala

21/12/2018

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
Tidak Perlu Panik, Ini Tips Saat Lampu Indikator di Panel Instrumen Mobil Menyala
Salah satu fungsi lampu indikator pada panel instrumen adalah memberi peringatan kepada pengemudi adanya masalah pada mesin. Namun tidak perlu panik, begini tips saat lampu indikator menyala.

Setiap mobil, pasti dilengkapi beragam indikator di panel instrumen yang berfungsi memberi ragam informasi pada pengemudi. Salah satu indikator yang akan kami bahas kali ini adalah indikator engine check. Belakangan ini, kami sering melihat di beberapa media sosial komunitas mobil soal pembahasan indikator engine check yang tetap menyala ketika mesin sudah berputar.

Beberapa dari mereka ada yang bingung apa yang harus dilakukan ketika hal tersebut terjadi. Terlihat dari komentarnya, ada yang menyarankan untuk mencabut accu sebentar lalu pasang kembali. Ada pula yang menyarankan untuk menggunakan OBD scanner untuk melihat sektor mana yang bermasalah. Lalu, sebenarnya apa yang harus Anda lakukan ketika mengalami hal serupa?

Tidak perlu panik saat lampu indikator engine check menyala

Bila lampu indikator engine check menyala artinya ada gejala malfungsi dan mobil masih bisa berjalan

Rupanya jika engine check menyala, artinya ECU merekam adanya gejala malfungsi. Anda tidak perlu panik ketika lampu berwarna oranye itu menyala. Justru yang perlu diperhatikan adalah bila lampu oli dan lampu gambar aki menyala, segera berhenti dan tepikan mobil Anda.

>>> Ingin menjaga mobil kesayangan Anda selalu seperti baru, bacalah artikel di link ini

Bila indikator engine check yang menyala, apalagi jika Anda tidak merasakan perubahan performa mesin tidak perlu panik. Namun secepatnya bawa ke bengkel yang bisa melihat dan mendeteksi apa yang menyebabkan lampu tersebut menyala. Hal ini untuk menghindari merembet ke komponen lain dan menjadi masalah yang serius.

Anda bisa gunakan OBD Scanner untuk pemeriksaan awal

Anda bisa gunakan OBD Scanner untuk pemeriksaan awal namun tetap harus ke bengkel untuk kepastiannya

Namun, bila Anda punya perangkat seperti OBD scanner, bisa saja lakukan scan sendiri untuk mengetahui kira-kira apa yang bermasalah. Akan tetapi, ketika selesai scan, aplikasi hanya mengeluarkan hasil berupa Diagnostic Trouble Code (DTC) seperti P0101, P0102, P0103 atau P0104. Padahal Anda harus melihat secara spesifik lagi sektor mana yang bermasalah. Karena dari kode tersebut biasanya di setiap mobil mirip walau penamaan yang berbeda.

>>> Temukan berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya di sini

Misalnya saja setelah di-scan keluar kode P0103. Artinya yang terjadi masalah ada di sekitar Mass Air Flow (MAF) sensor. Bisa saja kabel belum terkoneksi secara benar atau bahkan MAF sensor sudah tidak berfungsi. Tetapi cara yang paling benar tentu saja kunjungi bengkel resmi dari masing-masing pabrikan agar mobil Anda langsung ditangani oleh teknisi yang berpengalaman.

Share this post:

Berita lain

Beberapa Penyebab Lampu Indikator Kantong Udara Menyala

12/12/2017

Perawatan dan service

3 menit

Meskipun ada banyak keadaan lampu indikator pada dashboard menyala, jarang sekali lampu indikator kantong udara menyala. Menurut para ahli, jangan panik jika teman menemukan lampu indikator kantong udara/airbag menyala pada dashboard. Panik akan hal ini bisa mempengaruhi ketenangan teman dalam berkendara.

Lihat juga

Lampu Indikator Menyala Terus Artinya Ada yang Tak Beres dengan Mobil

10/06/2020

Perawatan dan service

3 menit

Lampu indikator mobil seharusnya segera mati saat kunci diputar ke posisi ON. Jika menyala terus hampir bisa dipastikan ada sesuatu yang tidak beres dan perlu pengecekan.

Lihat juga

Lampu Indikator Rem ABS Jeep Wrangler JK Menyala Setelah Off-Road, Kenapa?

29/06/2019

Perawatan dan service

3 menit

Lampu indikator rem ABS yang menyala memang membuat khawatir semua pemilik mobil, tak terkecuali para pemilik Jeep Wrangler JK. Jika Anda mengalami masalah tersebut, jangan panik dan simak ulasannya berikut ini

Lihat juga

Seberapa Jauh Mobil bisa Menyala Ketika Lampu Indikator Bensin Menyala?

12/12/2017

Perawatan dan service

4 menit

Apa yang terjadi jika lampu indikator bensin menyala? Berarti hanya ada sedikit bahan bakar yang tersisa di dalam mobil kita. Lalu, bagaimana jika hal ini terjadi ketika kita sedang dalam perjalanan dan tidak menemukan pom bensin maupun penjual ketengan di tepi jalan. Apakah kita harus terus berjalan? Jika iya, berapa lama kendaraan kita bisa bertahan?

Lihat juga
 
back to top