Tidak Membekas, Inilah Tips Lepas Stiker di Kaca dan Bodi Mobil

14/03/2019
Melepas stiker terkadang jadi hal yang menakutkan untuk pemilik mobil. Khawatir membekas sisa stiker, ternyata ada trik dan caranya tersendiri. Berikut tips lepas stiker di kaca dan bodi mobil.

Membeli mobil bekas terkadang tidak selamanya sesuai harapan. Beberapa pemilik mobil sebelumnya suka menempel stiker pada kaca mobil atau bahkan bodi mobil. Ada beberapa alasan orang memasang stiker di kaca dan bodi mobil. Bisa karena ingin tampil beda, menujukkan identitas, sarana promosi atau melindungi cat mobil. Namun masalah muncul ketika ingin melepaskan lapisan dengan perekat ini karena cat mobil berisiko terkelupas atau meninggalkan bekas stiker.

Stiker yang menempel di kaca umumnya lebih sulit dilepas ketimbang pada bodi. Penyebabnya adalah pernis yang menjadi lapisan paling atas dari car mobil. Pernis pada cat mobil pabrikan umumnya berbahan dasar plastik sehingga membuatnya lebih licin. Berbeda dengan kaca yang memiliki kontur lebih kasar dan lapisan perekat stiker mengalami proses pemanasan lebih besar.

>>> Apakah Merawat Stiker Mobil Semudah Merawat Cat Mobil? Ini Dia Jawabannya!

Melepas stiker di kaca lebih sulit dibandingkan bodi mobil

Melepas stiker di kaca mempunyai tingkat kesulitan lebih tinggi dibandingkan dengan stiker di bodi mobil karena lebih licin

Selain itu pemasangan stiker di kaca juga menimbulkan kerusakan pada kaca film. Lapisan kaca film murah meriah dan tanpa pelindung ultraviolet membuat bagian yang  berada di bawah stiker terlihat lebih gelap setelah stiker dilepas. Hal ini lantaran bagian tak tertutup stiker dan terkena sinar matahari luntur dan memudar. Kondisi ini tidak bisa diperbaiki dan kaca film harus diganti. Lantas bagaimana cara lepas stiker di kaca dan bodi mobil yang aman?

Proses lepas stiker di kaca dan bodi mobil pada dasarnya sama saja. Langkah terpenting adalah melunakkan stiker, bisa dengan ATR (Adhesive and Tar Removal) atau gunakan bensin. Sediakan kertas kue atau plastik pembungkus dan gunting sesuai ukuran yang ingin dilepas. Agar lebih rapi, rekatkan plastik dengan selotip kertas. Selanjutnya lumuri permukaan stiker dengan cairan pelunak dan tekan bagian yang telah dilumuri dengan plastik. Karena ditutup plastik, cairan pelunak tidak bisa menguap dan proses pelunakan pun berlangsung cepat dan efisien. Tunggu sekitar 10 menit guna memastikan cairan meresap ke dalam stiker untuk lepas stiker di kaca dan bodi mobil.

>>> Sedang mencari mobil untuk dimodifikasi sesuai keinginan Anda? Cek di sini informasi selengkapnya

Anda bisa menggunakan adhesive removal untuk melepas stiker

Cairan Adhesive and Tar Removal bisa digunakan untuk membantu proses pelepas stiker

Angkat plastik pembungkus dan selotip kertas, hati-hati agar tidak timbul masalah baru saat melepas selotip. Lepas stiker di kaca dan bodi mobil dari sisi kanan atas plastik pembungkus, lalu tarik perlahan seperti gerakan wiper. Bila ukuran stiker besar, ketika proses pelepasan mencapai setengah dari tinggi stiker, bergeserlah ke kiri dan lakukan proses yang sama. Setelah itu setelah dari sisi bawah bisa ikut dilepas.

Setelah usai, bersihkan sisa lem dengan cairan pembersih. Biasanya lapisan cat atau kaca yang tadinya tertutup stiker terlihat lebih bersih dari sekitarnya. Jika tak mau repot biarkan saja, karena lambat laun perbedaan ini akan hilang. Jika Anda ingin menyamarkan belang lebih cepat, bisa gunakan kompor dan diakhiri dengan setelah lepas stiker di kaca dan bodi mobil. Demikian tips lepas stiker di kaca dan bodi mobil, cukup mudah bukan? Anda bisa lakukan di rumah saat hari libur. Selamat mencoba!

>>> Ikuti tips dan trik menarik seputar perawatan mobil hanya di Cintamobil.com

Mahmudi Restyanto

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain